Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

PERINGKAT UNIVERSITAS DUNIA VERSI TIMES HIGHER EDUCATION 2022

Peringkat Universitas Dunia Versi Times Higher Education 2022

Inilah waktunya bagi universitas-universitas top untuk bersaing memperebutkan posisi yang didambakan di Times Higher Education World University Rankings. Pemeringkatan 2022 menandai evaluasi yang lebih ekstensif terhadap institusi pendidikan tinggi daripada 2021, dengan 1.600 universitas dari 99 negara yang ikut serta. Pemeringkatan tahun ini juga mempertimbangkan pengaruh Covid-19 terhadap kinerja dan tren di perguruan tinggi.

 


 

Universitas mana yang masuk 10 besar?

 

Sepuluh tempat teratas didominasi oleh beberapa institusi paling terkenal dan terkenal di dunia. Tempat nomor satu adalah perlombaan antara Universitas Oxford dan California Institute of Technology. Pada akhirnya, Universitas Oxford muncul sebagai pemenang untuk tahun keenam berturut-turut, sementara Institut Teknologi California naik dua peringkat dari tahun 2021.

 

10 universitas teratas didominasi oleh institusi dari Amerika Serikat, dengan delapan tempat ditempati oleh universitas Amerika, banyak di antaranya adalah anggota Ivy League. Ini mencerminkan tren yang sama dengan tahun 2021, yang juga melihat dua universitas Inggris masuk 10 besar, keduanya anggota Russell Group. Peringkat 10 besar 2022 tidak menampilkan pendatang baru dan menampilkan universitas yang sama seperti pada tahun 2021.

 

 

 

Namun, ada kenaikan dua peringkat untuk Universitas Princeton ke peringkat 7 dan penurunan satu peringkat untuk Universitas California Berkeley. Tahun 2022 juga melihat Universitas Cambridge dan Institut Teknologi Massachusetts berbagi di peringkat ke-5. Universitas Harvard berada pada peringkat tertingginya sejak 2016.

 

10 universitas teratas di dunia menurut Times Higher Education World University Rankings 2022 adalah:

 

  1. University of Oxford
  2. California Institute of Technology (=2)
  3. Harvard University (=2)
  4. Stanford University
  5. University of Cambridge (=5)
  6. Massachusetts Institute of Technology (=5)
  7. Princeton University
  8. University of California, Berkeley
  9. Yale University
  10. University of Chicago

 

Universitas mana yang masuk dalam 30 besar?

 

Ada beberapa tren menarik dalam pemeringkatan tahun 2022 ini. Ini adalah tahun pertama dua universitas asal China masuk 20 besar, yakni Tsinghua University dan Peking University. Enam institusi dari negara tersebut di 100 teratas, dan 10 di 200 teratas, menggarisbawahi pertumbuhan dan kekuatan universitas China. Ada juga penampilan yang kuat dari universitas di Hong Kong, dengan empat institusi masuk dalam 100 besar.

 

Amerika Serikat menyumbang jumlah universitas terbesar di 200 teratas, dengan 57. Inggris berada di urutan kedua dengan 28 perwakilan, diikuti oleh Jerman dengan 22 institusi. Australia dan Cina juga masuk dalam 200 besar teratas dengan masing-masing 12 dan 10 universitas.

 

Menariknya Kanada mengalami sedikit penurunan dengan hanya tujuh universitas di 200 teratas, menempatkan negara itu setara dengan Swiss. Ada lagi pendatang baru yang masuk dalam 200 besar dengan universitas pertama Arab Saudi, Universitas King Abdulaziz, berada di peringkat 190. Mari kita alihkan perhatian kita ke universitas-universitas di posisi 11 hingga 30:

 

11. Columbia University - USA

12. Imperial College London - UK

13. Johns Hopkins University (=13) - USA

14. University of Pennsylvania (=13) - USA

15. ETH Zurich – Switzerland

16. Peking University (=16) – China

17. Tsinghua University (=16) - China

18. University of Toronto (=18) - Canada

19. University College London (=18) - UK

20. University of California, Los Angeles - USA

 

 

 

21. National University of Singapore - Singapore

22. Cornell University - USA

23. Duke University - USA

24. University of Michigan-Ann Arbor (=24) - USA

25. Northwestern University (=24) - USA

26. New York University - USA

27. London School of Economics and Political Science - UK

28. Carnegie Mellon University - USA

29. University of Washington - USA

30. University of Edinburgh (=30) - UK

 

Perubahan penting dalam peringkat 30 teratas termasuk kenaikan lima peringkat untuk Universitas Nasional Singapura dan penurunan tiga peringkat untuk Universitas Duke. Universitas Columbia melihat pergerakan signifikan dari enam tempat pada tahun 2022 naik ke nomor 11, sementara Universitas Peking naik tujuh tempat ke nomor 16.

 

 

Metodologi apa yang digunakan untuk pemeringkatan 2022?

 

 

Times Higher Education World University Rankings 2022 menggunakan 13 indikator kinerja utama. Selanjutnya, analisis kinerja universitas mencakup 14,4 juta publikasi penelitian, 108 juta kutipan, dan 22.000 akademisi yang disurvei di seluruh dunia. Adapun 13 indikator kinerja yang digunakan adalah:

 

Mengajar (yang mengevaluasi lingkungan belajar) 30 persen

  • Survei reputasi (15 persen)

  • Rasio siswa dan staf (4,5 persen)

  • Rasio mahasiswa doktor dan sarjana (2,25 persen)

  • Doktor diberikan kepada staf akademik (6 persen)

  • Pendapatan institusional (2,25 persen)

 

Penelitian (30 persen)

  • Survei reputasi (18 persen)

  • Pendapatan penelitian (6 persen)

  • Produktivitas penelitian (6 persen)

 

 

Kutipan (pengaruh penelitian) 30 persen

 

Pandangan Internasional (7,5 persen)

  • Proporsi siswa internasional (2,5 persen)

  • Proporsi staf internasional (2,5 persen)

  • Kolaborasi internasional (2,5 persen)

  • Pendapatan industri (transfer pengetahuan - 2,5 persen)

 

2022 memang melihat dampak penelitian terhadap Covid-19 memengaruhi peringkat. Pekerjaan yang dilakukan untuk menemukan vaksin dan mengelola krisis telah melihat perkembangan universitas di garis depan, termasuk Universitas Oxford (1) dan Universitas Wuhan (157). Ini terutama terkait dengan kenaikan tajam dalam nilai kutipan untuk universitas yang memproduksi makalah medis terkait virus.

 

Itulah universitas-universitas dengan peringkat teratas di dunia versi Times Higher Education.

 

 

 

 

Baca juga:

INILAH 10 UNIVERSITAS TOP DI DUNIA VERSI QS WORLD UNIVERSITY RANKINGS 2022

WAJIB TAHU: PERINGKAT UNIVERSITAS INGGRIS TAHUN 2022 VERSI CUG

PERINGKAT UNIVERSITAS TERBAIK DI DUNIA TAHUN 2021 VERSI TIMES HIGHER EDUCATION

Wajib dibaca

article Img

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

194.7K
article Img

14 PERTANYAAN PENTING YANG PERLU KAMU TANYAKAN KEPADA KONSULTAN PENDIDIKAN LUAR NEGERI

Mendaftar kuliah ke luar negeri perlu banyak informasi dan waktu. Oleh karena itu tidak sedikit pelajar yang menggunakan jasa konsultan pendidikan untuk membantu pendaftaran ke universitas di luar negeri.   Baca juga: 5 kelebihan dari jasa konsultasi kuliah ke luar negeri .   Jika kamu juga berencana untuk menggunakan jasa konsultan pendidikan, berikut adalah daftar pertanyaan-pertanyaan penting yang perlu kamu tanyakan, supaya

77.9K