Informasi penting
Study abroad: Before you leave

PERINGKAT UNIVERSITAS TERBAIK DI DUNIA TAHUN 2021 VERSI TIMES HIGHER EDUCATION

Peringkat Universitas Terbaik Di Dunia Tahun 2021 versi Times Higher Education

Salah satu sumber informasi yang bisa kita gunakan saat mencari destinasi studi adalah peringkat universitas terbaik di dunia. Kali ini, kita akan membahas daftar peringkat yang banyak dinanti-nanti: Times Higher Education (THE) World University rankings 2021. Edisi 2021 ini merupakan daftar peringkat yang paling ekstensif dan inklusif, karena melibatkan lebih dari 1.500 universitas di 93 negara. Nah, kalau kamu memerlukan kisi-kisi tentang daftar ini, tim Hotcourses Indonesia akan memberikan informasi berupa analisis universitas-universitas yang ada di peringkat atas, nama-nama institusi yang layak kamu pertimbangkan dan bocoran mengenai cara daftar ini disusun.


Peringkat 10 Besar di daftar universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education

1. University of Oxford (Inggris)

2. Stanford University (AS)

3. Harvard University (AS) 

4. California Institute of Technology (AS)

5. Massachusetts Institute of Technology (AS)

6. University of Cambridge (Inggris)

7. University of California Berkeley (AS)

8. Yale University (AS)

9. Princeton University (AS)

10. University of Chicago (AS)

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringkat 10 besar kembali diisi oleh universitas-universitas dari Inggris dan AS. Ini adalah tahun kelima berturut-turut di mana universitas Inggris memimpin, namun kali ini Stanford University naik 2 peringkat dari tahun sebelumnya dan menggeser posisi California Institute of Technology. Posisi ketiga ditempati oleh Harvard University yang melejit dari posisi 7 di tahun sebelumnya.

 

Kehadiran 8 universitas AS di daftar 10 besar memperlihatkan kinerja yang baik di sistem pendidikan tinggi di AS. Salah satu lompatan terbesar dalam daftar ini adalah University of California Berkeley yang naik ke peringkat 7 dari peringkat 15 di tahun sebelumnya. Inggris juga memperlihatkan kinerja yang baik dengan adanya 4 universitas dari negara tersebut dalam daftar 20 besar.

 

Peringkat 11-50 di daftar universitas terbaik di dunia versi Times Higher Educatio

11. Imperial College London (Inggris)

12. Johns Hopkins University (AS)

13. University of Pennsylvania (AS)

14. ETH Zurich (Swiss)

15. University of California, Los Angeles (AS)

16. UCL (Inggris)

17. Columbia University (AS)

18. University of Toronto (Kanada)

19. Cornell University (AS)

20. Tsinghua University (China) 

21. Duke University (AS)

22. University of Michigan-Ann Arbor (AS)

23. Peking University (China)

24. Northwestern University (AS)

25. National University of Singapore (Singapura)

 

Kini kita beralih ke universitas-universitas di peringkat 11 - 25. Daftar ini menampilkan 8 universitas AS, 2 universitas Inggris dan 1 universitas Swiss. Kita juga melihat 3 universitas dari Asia yang berhasil mempertahankan posisinya dalam peringkat 25 besar: Tsinghua University, Peking University dan National University of Singapore. Tsinghua University naik ke posisi 20 dari posisi 23 di tahun sebelumnya, sementara peringkat Peking University naik 1 tingkat.

 

Universitas-universitas lain yang menonjol dari daftar di atas adalah Imperial College London yang turun satu peringkat ke poisisi 11 dan University of California, Los Angeles yang naik dari posisi 17 ke posisi 15.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

Sementara itu daftar universitas-universitas di peringkat 26 - 50 menunjukkan lebih banyak keragaman negara. Walaupun masih didominasi oleh kehadiran universitas AS, kita bisa melihat universitas dari Inggris, Jerman, Australia, Kanada, Swedia, Belgia, Jepang, Perancis, Swiss dan Singapura.

 

26. New York University (AS)

27. London School of Economics and Political Science (Inggris)

28. Carnegie Melon University (AS)

29. University of Washington (AS)

30. University of Edinburgh (Inggris)

31. University of Melbourne (Australia)

32. LMU Munich (Jerman)

33. University of California, San Diego (AS)

34. University of British Columbia (Kanada)

35. King’s College London (Inggris)

36. Karolinska Institute (Swedia)

37. The University of Tokyo (Jepang)

38. Georgia Institute of Technology (AS)

39. University of Hong Kong (Hong Kong)

40. McGill University (Kanada)

41. Technical University Munich (Jerman)

42. Heidelberg University (Jerman)

43. École Polytechnique Fédérale de Lausanne (Perancis)

44. University of Texas, Austin (AS)

45. KU Leuven (Belgia)

46. Paris Sciences et Lettres - PSL Research University Paris (Perancis)

47. Nanyang Technological University (Singapura)

48. University of Illinois at Urbana-Champaign (AS)

49. University of Wisconsin, Madison (AS)

50. Washington University in St Louis (AS)

 

Dalam daftar peringkat tahun ini, New York University naik 3 peringkat ke posisi 26, sementara Hong Kong University of Technology dan Australia National University sayangnya harus tergeser dari peringkat 50 besar.


Sistem Penilaian Peringkat

 

Peringkat universitas versi THE menggunakan 13 indikator untuk menilai dan mengevaluasi sebuah universitas. Semua indikator ini dirancang untuk menyelidiki kinerja universitas di bidang pengajaran, penelitian, internasionalisasi dan transfer pengetahuan. Proses penyusunan daftar ini juga melibatkan wawancara ekstensif dengan lebih dari 22.000 mahasiswa di seluruh dunia dan penelusuran berapa seringnya hasil riset sebuah universitas dikutip.

 

Indikator yang digunakan oleh THE dibagi dalam beberapa kategori yang masing-masing memiliki bobot dengan persentase sebagai berikut:

 

  • Pengajaran (Lingkungan belajar-mengajar) 30%

  1. Survei reputasi universitas (15%)

  2. Rasio mahasiswa dibanding dengan staf pengajar (4,5%)

  3. Rasio mahasiswa doktor dibanding dengan mahasiswa sarjana (2,25%)

  4. Jumlah gelar doktor diberikan kepada staf akademik (6%)

  5. Pendapatan institusi (2,25%)

 

  • Penelitian (30%)

  1. Survei reputasi (18%)

  2. Pendapatan penelitian (6%)

  3. Produktivitas penelitian (6%)

 

  • Kutipan (Pengaruh Hasil Penelitian) 30%

 

  • Pandangan Internasional (7,5%)

  1. Jumlah mahasiswa internasional (2,5%)

  2. Jumlah staf internasional (2,5%)

  3. Kolaborasi internasional (2,5%)

  • Pendapatan industri (transfer pengetahuan) 2,5%

 

Melihat dari 3 institusi teratas dalam daftar ini, kita bisa menyimpulkan betapa pentingnya kemampuan untuk mempertahankan standar dan reputasi akademis yang baik. Universitas yang memiliki kinerja baik biasanya adalah universitas yang bisa menciptakan keseimbangan antara pengajaran dan penelitian tingkat global yang berkualitas. Selain itu, pihak universitas tersebut biasanya juga memiliki kurikulum yang berfokus pada mahasiswa.


Salah satu fakta menarik di tahun ini adalah University of Oxford yang mendapat nilai sangat tinggi dalam indikator pandangan internasional. Nilai yang serupa juga didapatkan oleh Imperial College London dan University of Cambridge. Selain itu, tujuh dari sepuluh universitas teratas memiliki rasio perbandingan mahasiswa dan staf di bawah 10: 1 - hal ini menunjukkan besarnya tingkat perhatian individual yang diterima para mahasiswa di universitas-universitas ini.


Setelah membaca penjelasan di atas, kami harap kamu mendapatkan informasi yang kamu butuhkan untuk perencanaan studimu di luar negeri. Kalau kamu ingin melihat peringkat-peringkat lain, kamu bisa membaca daftar QS World University Rankings, WhatUni Student Choice Awards, Complete University Guide League Tables dan U21 Higher Education System Rankings.

 

Jangan lupa juga untuk membaca panduan menggunakan daftar peringkat universitas dan ulasan mahasiswa untuk perencanaan kuliah serta cara meriset universitas secara online. Kalau kamu ingin langsung mencari jurusan kuliah dan universitas yang sesuai dengan kualifikasi dan kriteriamu, kamu bisa mencoba alat Pencari Jurusan kami.


Ingin kuliah di universitas terbaik di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu untuk mendaftar dan kuliah di universitas-universitas unggulan internasional!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

Wajib dibaca