Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

PERSIAPAN KULIAH TINGKAT SARJANA DI LUAR NEGERI

2661
Kuliah ke luar negeri merupakan pengalaman yang menakjubkan. Bagi Anda yang baru memasuki umur 18 tahun, kuliah ke luar negeri merupakan salah satu proses menuju kedewasaan dimana Anda akan menghabiskan waktu selama tiga tahun atau lebih di negara lain jauh dari keluarga Anda. Persiapan apasajakah yang diperlukan sebelum menentukan destinasi kuliah?
 
Memilih jurusan dan universitas
 
Banyak pelajar yang memiliki cita-cita untuk kuliah ke luar negeri jauh sebelum menamatkan sekolah menengah mereka. Hal ini bisa saja disebabkan oleh banyak faktor, misalnya: rasa ketertarikan kepada budaya negara tertentu, atau negara asal mereka tidak memiliki fasilitas atau institusi yang memadai bagi mereka untuk mengejar pendidikan yang lebih tinggi, yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.
Jadi, kapankah waktu yang tepat untuk memulai mengadakan pencarian informasi mengenai tujuan dan arah kuliah Anda? Menurut survei, sebaiknya hal ini dilakukan paling tidak 18 bulan sebelum kuliah itu dimulai. Dengan demikian, Anda akan memiliki waktu yang cukup untuk mempertimbangkan informasi yang Anda dapatkan, membuat pilihan, serta menyediakan dokumen-dokumen yang diperlukan, dan bahkan mengambil ujian yang diperlukan (misalnya tes kemampuan berbahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS, atau tes lainnya).
 
Jika Anda memerlukan beasiswa, Anda mungkin perlu memulai pencarian informasi lebih awal lagi. Banyak universitas yang memberikan beasiswa atau dermasiswa untuk menarik calon-calon mahasiswa yang berbakat. Tetapi tentu saja ada persyaratan yang perlu dipenuhi. Oleh karena itu, mulailah lebih awal supaya Anda memiliki waktu yang cukup untuk membuat persiapan yang dibutuhkan untuk mengajukan beasiswa.
 
Hotcourses menyediakan banyak informasi mengenai kuliah keluar negeri, mulai dari artikel-artikel panduan, pengunduhan prospektus universitas secara online, hingga blog mahasiswa, yang bisa membantu Anda mendapatkan gambaran mengenai destinasi kuliah pilihan Anda.
 
Sebelum memulai pencarian informasi mengenai jurusan kuliah dan universitas, pikirkanlah terlebih dahulu beberapa hal di bawah ini:
  • Dimanakah letak kelebihan Anda?
  • Apakah minat Anda secara pribadi dan secara akademis?
  • Bidang karir seperti apa yang cocok dengan Anda?
  • Dimana Anda ingin berada tiga atau lima tahun mendatang?
 
Pilihan kuliah sangatlah banyak dan mungkin bisa membingungkan jika Anda belum menentukan arah yang ingin Anda jalani. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas bisa membantu Anda untuk menyeleksi jurusan-jurusan yang cocok dengan Anda. Sehingga membantu Anda untuk menentukan pilihan dengan lebih cepat.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

148557

Mengapa TOEFL dan IELTS penting untuk kuliah ke luar negeri?

Mungkin banyak yang bertanya, kuliah ke luar negeri kan bukan untuk belajar Bahasa Inggris, kenapa sih harus dapat nilai bagus di TOEFL atau IELTS biar bisa diterima di univesitas luar negeri?   Biasanya standar persyaratan masuk untuk diterima masuk ke universitas luar negeri adalah TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Nilai minimal yang diminta bisa lebih tinggi lagi jika Anda ingin mengambil

46579