Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

SELUK BELUK MCAT

share image

Punya rencana untuk kuliah pendidikan dokter di luar negeri? Sudah pasti akan ada banyak persiapan yang harus kamu lakukan, seperti mencari pendanaan, memastikan kualifikasi akademismu sesuai persyaratan dan mengumpulkan semua berkas pendukung. Nah, kalau kamu ingin kuliah di Amerika Serikat, Kanada, Australia atau Kepulauan Karibia, salah satu dokumen pendukung yang wajib kamu miliki adalah hasil nilai MCAT (Medical College Admission Test/Tes Masuk Kolese Medis).

 

MCAT terbilang cukup menantang karena tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi dibanding ujian masuk universitas pada umumnya. Namun jika kamu mengerti tentang seluk beluk tes ini, pasti kamu bisa membuat persiapan sematang mungkin untuk mendapat nilai terbaik. Karena itu, tim Hotcourses Indonesia akan memberikan penjelasan mengenai tes ini untuk mendukung impianmu kuliah di luar negeri.


Apa Yang Dimaksud Dengan MCAT?

MCAT adalah tes berbasis komputer dengan format pilihan ganda yang menjadi ujian standar untuk masuk jurusan pendidikan kedokteran di Amerika Serikat, Kanada, Australia dan Kepulauan Karibia. MCAT dikembangkan dan diselenggarakan oleh AAMC (Association of American Medical Colleges/Asosiasi Kolese Medis Amerika) sebagai alat untuk menilai kualifikasi dan kesiapan peserta ujian untuk kuliah kedokteran.

 

Ketika kamu mendaftar ke jurusan kedokteran, staf penerimaan mahasiswa akan melihat hasil nilai MCAT beserta riwayat akademis dan materi pendukung lain untuk menilai apakah kamu memiliki fondasi yang kuat untuk bisa sukses merampungkan kuliah dan membangun karir di bidang medis. Dengan kata lain, mendapatkan nilai tinggi di tes ini akan berdampak positif untuk status pendaftaran kuliahmu.

 


Struktur MCAT

 

Selain mengukur pengetahuan peserta dalam bidang Kimia Umum, Kimia Organik, Biologi Umum, Biokimia, Fisika, Psikologi, dan Sosiologi, MCAT juga akan menguji keterampilan analisis dan penalaran kritis. Tiap bidang ini tidak diuji secara terpisah, namun diuji secara terintegrasi. Tiap bidang konsentrasi yang berhubungan satu sama lain akan diuji secara bersamaan dalam 4 bagian, yaitu:

  1. Chemical and Physical Foundations of Biological Systems (Landasan Kimia dan Fisika Sistem Biologis)

  2. Critical Analysis and Reasoning Skills (Analisis Kritis dan Keterampilan Bernalar)

  3. Biological and Biochemical Foundations of Living Systems (Landasan Biologis dan Biokimia Sistem Yang Hidup)

  4. Psychological, Social, and Biological Foundations of Behavior (Landasan Psikologis, Sosial dan Biologis Perilaku)


Tes ini berlangsung sekitar 7,5 jam dengan struktur sebagai berikut:

 

STRUKTUR MCAT

SECTION/BAGIAN

JUMLAH SOAL

WAKTU

Examinee Agreement

(Kontrak yang perlu disetujui peserta untuk mengikuti MCAT)

-

8 menit

Tutorial (Opsional)

-

10 menit

Chemical and Physical Foundations of Biological Systems

59

95 menit

Istirahat (Opsional)

-

10 menit

Critical Analysis and Reasoning Skills

53

90 menit

Waktu istirahat tengah ujian (Opsional)

-

30 menit

Biological and Biochemical Foundations of Living Systems

59

95 menit

Istirahat (Opsional)

-

10 menit

Psychological, Social, and Biological Foundations of Behavior

59

95 menit

Void Question

Peserta diberikan pilihan Void/kesempatan untuk membatalkan tes. Jika peserta merasa tidak mengerjakan tes dengan baik, maka ia bisa memilih 'Void' dan hasil tesnya tidak akan dinilai.

-

5 menit

Survei Kepuasan (Opsional)

-

5 menit

Jumlah waktu mengerjakan soal

230

6 jam & 15 menit

Jumlah waktu total

230

Sekitar 7,5 jam

 

Contoh-contoh soal MCAT bisa kamu lihat di sini.

 

(Baca juga: KULIAH KEDOKTERAN GRATIS DI LUAR NEGERI)

 

Standar Penilaian MCAT

 

MCAT adalah ujian berskala, yang berarti bahwa skor mentah peserta (berdasarkan jumlah jawaban yang benar) akan dikonversi menjadi nilai dengan menggunakan skala yang memperhitungkan kesulitan pertanyaan. Tiap bagian MCAT diberi nilai dari 118 hingga 132, dengan rata-rata dan median pada nilai 125. Ini berarti total nilai yang bisa dicapai berkisar antara 472 hingga 528, dengan rata-rata dan median pada angka 500. Sistem penilaian ini dirancang oleh AAMC untuk mengarahkan fokus pada bagian tengah distribusi nilai, yang merupakan nilai yang dicapai kebanyakan peserta, agar tidak ada fokus berlebih pada skala nilai tertinggi. Menurut AAMC, tabel berikut adalah gambaran korelasi awal antara nilai dan peserta ujian:

 

Persentil

Nilai Total MCAT

Top 10% dari semua peserta tes

514 - 528

Top 25% dari semua peserta tes

508 to 513

Top 50% dari semua peserta tes

500 to 507

Di bawah 50% dari semua peserta tes

499 atau di bawahnya

 

 

Lokasi Ujian MCAT

Sayangnya, saat ini MCAT masih belum diselenggarakan di Indonesia. Selain di Amerika Serikat, Kanada dan Australia, MCAT juga diselenggarakan di Hong Kong, Perancis, Jerman, Israel, Jepang, Lebanon, Qatar, Singapura, Afrika Selatan, Taiwan, Thailand dan Inggris.

 

 

Cara Mendaftar MCAT

 

  • Pertama, buatlah akun di situs AAMC. Setelah membuat akun, kamu bisa klik opsi "Start Exam Registration".

  • Isilah bagian 'Biographic Info' dengan sebaik mungkin dan sesuaikan dengan informasi yang ada di paspor karena paspormu akan digunakan sebagai bukti identifikasi pada saat hari pelaksanaan tes.

  • Setelah mengisi semua formulir dengan lengkap, kamu akan dibawa ke halaman 'Schedule'. Klik opsi "Schedule an MCAT Exam".

  • Pilihlah tanggal dan lokasi yang kamu inginkan. Kalau tidak ada kursi tersedia untuk lokasi dan tanggal pilihanmu, kamu bisa meminta pemberitahuan jika ada kursi yang lowong (perlu diingat bahwa pihak penyelenggara tidak bisa memberi jaminan akan ada kursi yang lowong).

  • Setelah memilih lokasi dan tanggal, klik "Proceed to Checkout" untuk membayar biaya registrasi.

 

Biaya yang perlu kamu bayarkan untuk mengikuti ujian ini tergantung dari tanggal tes yang kamu pilih:

 

Biaya MCAT

 

Gold Zone

Silver Zone

Bronze Zone

Deadline Pendaftaran

29 hari sebelum tanggal tes

15 hari sebelum tanggal tes

8 hari sebelum tanggal tes

Biaya Pendaftaran Tes

USD 320

USD 320

USD 375

Biaya Penggantian Tanggal/Lokasi Tes

USD 95

USD 160

-

Pengembalian Dana Karena Pembatalan

USD 160

-

-

Biaya Pendaftaran Internasional

USD 115

USD 115

USD 115

 

Untuk memeriksa tanggal pelaksanaan tes, kamu bisa langsung klik di sini.

 

Perlu diingat bahwa MCAT memiliki batasan pengambilan tes. Kamu hanya diperbolehkan mengikuti MCAT sebanyak 3 kali dalam setahun dan 4 kali dalam periode 2 tahun. Setelah mengikuti MCAT sebanyak 7 kali, kamu tidak diperbolehkan untuk mendaftar lagi.

 

Kalau kamu ingin mengetahui kebijakan dan langkah-langkah yang diambil penyelenggara MCAT mengenai COVID-19 (virus corona), langsung saja akses informasinya di situs resmi AAMC.

 

Butuh informasi atau bantuan untuk kuliah kedokteran di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu untuk mendaftar dan kuliah di berbagai universitas internasional terbaik.

 

 

Sumber:

Students-residents.aamc.org

Kaptest.com

Wajib dibaca

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

358.3K

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

189.1K