Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

TIPS WAWANCARA ONLINE VIA VIDEO CALL

Tips Wawancara Online Via Video Call

Wawancara adalah salah satu proses yang mungkin harus kamu lewati saat mendaftar ke universitas di luar negeri. Namun dengan situasi pandemi Covid-19 (virus corona) saat ini, tentunya perjalanan ke luar negeri bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Maka itu, banyak universitas kini beralih ke wawancara online via video call untuk menyaring calon mahasiswa.

 

Perbedaan utama wawancara online dengan wawancara tatap muka adalah hilangnya interaksi langsung dengan panelis wawancara. Hal ini terkadang bisa membuat peserta wawancara merasa kurang nyaman. Selain itu, sesi wawancara juga bisa tersandung masalah koneksi yang berpotensi mengganggu jalannya wawancara. Dengan melihat kedua faktor ini, sudah jelas bahwa strategi khusus dibutuhkan untuk menghadapi wawancara online.

 

Nah, untuk mendukung cita-citamu berkuliah di luar negeri, kali ini tim Hotcourses Indonesia telah menyusun tips-tips yang perlu kamu ikuti untuk bisa sukses melewati proses wawancara online.


1. Persiapkan Aspek Teknologi

Persiapkan Aspek Teknologi - Tips Wawancara Online Via Video Call, Hotcourses Indonesia

Gangguan teknologi bisa terjadi saat wawancara online, tapi kamu bisa mencegah sebagian besar masalah ini dengan persiapan yang matang. Pertama-tama, kamu harus mencari tahu perangkat keras dan lunak apa saja yang akan kamu butuhkan (contoh: mikrofon atau browser internet). Jangan lupa juga untuk mengikuti standar perangkat yang disarankan oleh pihak universitas.

 

Saat ini, kebanyakan orang merasa bisa berpartisipasi dalam wawancara online hanya dengan menggunakan smartphone. Namun jika tidak disangga dengan tepat, ada kemungkinan alat tersebut bisa jatuh di tengah-tengah wawancara. Karena itu, tim kami menyarankan kamu mempersiapkan laptop/PC dengan webcam untuk mengikuti wawancara. Pastikan juga bahwa laptop/PC yang kamu gunakan terhubung ke internet via kabel LAN untuk menghindari masalah dengan koneksi WiFi.

 

2. Temukan Lokasi Ideal

Temukan Lokasi Ideal - Tips Wawancara Online Via Video Call, Hotcourses Indonesia

Agar wawancara bisa berjalan dengan lancar, kamu perlu mencari lokasi ideal di rumahmu. Coba cari tempat yang terang agar kamu bisa terlihat jelas di kamera. Selain itu, tempat tersebut harus bisa menjadi latar belakang yang tidak mengganggu perhatian panelis wawancara. Tim kami menyarankan agar kamu tidak memilih lokasi di depan dinding yang penuh poster atau jendela yang banyak dilewati orang. Dengan memilih latar belakang yang sederhana, kamu bisa mendapatkan perhatian penuh dari panelis wawancara. 

 

Pilihlah lokasi yang sepi untuk mencegah timbulnya suara-suara yang bisa mengganggu (contoh: suara televisi atau pompa air). Coba rekam suaramu di lokasi pilihanmu untuk menguji kualitas akustik lokasi tersebut dan memastikan bahwa tidak ada suara-suara dari luar yang bisa tertangkap mikrofon. Kalau koneksi dengan kabel LAN tidak memungkinkan di rumahmu, kamu harus memilih lokasi dengan sinyal WiFi yang baik.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia!

 

3. Persiapkan Pakaian Dengan Seksama

Persiapkan Pakaian Dengan Seksama - Tips Wawancara Online Via Video Call, Hotcourses Indonesia

Meskipun kamu tidak akan bertemu langsung dengan panelis wawancara, kamu tetap perlu memilih busana dengan baik. Jika pihak universitas memiliki syarat tertentu untuk pakaian saat wawancara, kamu wajib mengikutinya. Kamu juga harus memastikan bahwa pakaian tersebut nyaman dipakai agar tidak mengganggu konsentrasimu.

 

Memang kamu hanya akan terlihat dari pinggang ke atas saat wawancara online, tapi jangan tergoda untuk memakai bawahan yang kasual seperti celana pendek. Banyak hal tak terduga bisa terjadi saat wawancara dan ada kemungkinan panelis wawancara bisa melihat bawahan yang kamu pakai.

 

4. Latihan

Latihan - Tips Wawancara Online Via Video Call, Hotcourses Indonesia

Seperti wawancara tatap muka, persiapan untuk wawancara online juga membutuhkan latihan. Kamu bisa mengumpulkan berbagai jenis pertanyaan yang sering ditanyakan pihak universitas dan meminta teman/keluarga berperan sebagai pewawancara untuk membantumu berlatih. Kami menyarankan agar kamu melakukan latihan ini dengan perangkat lunak/aplikasi video call yang akan digunakan saat wawancara (contoh: Skype atau Zoom). Dengan metode ini, kamu bisa lebih memahami cara-cara menghindari kesalahan teknis dari sisimu.


Selain itu, latihan ini akan membuatmu terbiasa menjawab pertanyaan di depan kamera. Kamu juga bisa mengevaluasi gerak-gerik tubuh & ekspresi wajahmu. Berlatihlah untuk menjawab dengan ramah dan penuh senyuman, serta kurangi gestur-gestur yang bisa membuatmu nampak tidak profesional (contoh: menyilangkan tangan atau berulang kali memperbaiki tatanan rambut).


Menurut riset tim Hotcourses Indonesia, ada sebagian orang yang ternyata tidak nyaman/terganggu melihat wajah mereka sendiri di layar komputer saat wawancara. Kalau kamu merasa seperti ini, kamu bisa mengatur software/aplikasi video call agar hanya panelis wawancara saja yang tampil di layar. Kami menyarankan kamu berlatih dulu untuk memastikan metode ini sesuai untukmu.

 

Setelah berlatih, kamu akan bisa membuat catatan-catatan tentang hal-hal yang perlu kamu ingat saat wawancara. Tuliskan catatan ini di flash cards dan tempelkan di sekitar layar komputer untuk membantumu menjawab berbagai pertanyaan dari panelis.

 

5. Ingat Konsep 2 Arah Dalam Wawancara

Ingat Konsep 2 Arah - Tips Wawancara Online Via Video Call, Hotcourses Indonesia

Wawancara untuk penerimaan mahasiswa memang ditujukan agar pihak universitas lebih mengenal calon mahasiswa. Namun wawancara ini juga merupakan kesempatanmu untuk mempelajari universitas pilihanmu dari panelis wawancara. Coba lakukan riset mendalam mengenai universitas yang kamu tuju dan susun daftar pertanyaan yang ingin kamu ajukan ke pihak universitas. Hal ini akan menunjukkan ketertarikanmu pada universitas tersebut dan mendemonstrasikan keseriusanmu dalam perencanaan studi, sehingga kamu akan mendapatkan nilai tambah di mata para pewawancara.

 

Dengan mengingat konsep 2 arah ini, kamu juga perlu mencatat semua jawaban yang diberikan pihak universitas untuk pertanyaanmu. Kalau kamu merasa kurang puas dengan jawaban-jawaban yang kamu dapatkan, mungkin kamu perlu mempertimbangkan ulang untuk kuliah di universitas tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menghindari membuang uang dan waktu untuk kuliah di institusi yang tidak sesuai dengan kriteria pribadimu.


Masih butuh informasi tambahan mengenai kuliah di luar negeri di masa pandemi? Kamu bisa langsung membaca panduan yang telah kami susun. Jangan lupa juga untuk mencoba alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas luar negeri yang sesuai dengan kriteria pribadimu.

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang punya segudang informasi untuk membantumu kuliah di universitas terbaik di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

Chester.ac.uk

Case.edu

TimesHigherEducation.com

Wajib dibaca

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

367.2K

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

192.7K