Informasi penting
Australia: Info Negara Tujuan

Panduan Kota Perth

share image
609

Terkenal akan cuaca yang bersahabat, pemandangan yang indah dan pendidikan ternama di dunia, tidak heran Australia menarik lebih dari 8,8 juta pengunjung internasional setiap tahun. Memiliki tiga dari 15 kota yang paling nyaman untuk dihuni di dunia, Australia menawarkan banyak kelebihan untuk siapa saja yang ingin kuliah ke luar negeri. Walau Melbourne dan Sydney adalah kota Australia yang paling banyak digemari, hari ini kita akan membahas tentang Perth.

 

 

Universitas apa saja yang ada di Perth?

Perth memiliki beberapa institusi terbaik Australia yang dikenal di dunia. Beberapa di antaranya bahkan masuk dalam 100 besar universitas terbaik di dunia! Lima universitas utama di Australia Barat adalah:

 

Setiap universitas ini menawarkan pendidikan kelas dunia untuk mahasiswa domestik dan internasional. Menurut data, sekitar 59,000 mahasiswa internasional datang ke Perth untuk kuliah setiap tahun. Bukan hanya terkenal akan sistem pendidikan ternama di dunia, Perth juga memiliki perkembangan ekonomi yang bagus dan tingkat pengangguran yang rendah. Setiap universitas memiliki kualitas yang tidak tertandingi. Cari juga informasi program-program kuliah yang ditawarkan di berbagai institusi di Australia.

 

 

 

Jurusan populer di Perth

Australia memiliki perekonomian yang kuat, tidak terkecuali Perth. Berikut adalah lima industri utama di Australia Barat:

  • Proses dan pengilangan mineral
  • Manufaktur kimia
  • Pertambangan
  • Kelautan
  • Bisnis dan pemerintah

 

Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman kerja sewaktu kuliah, Perth adalah pilihan terbaik untuk mengembangkan keahlian dalam salah satu bidang di atas. Edith Cowan University misalnya menawarkan layanan karir dan ketenagakerjaan dimana kamu dapat terhubung dengan pemberi kerja dan perusahaan sewaktu dan setelah lulus kuliah.  

 

Setelah lulus, kamu mungkin tetap dapat tinggal di Australia selama hingga 18 bulan untuk mendapatkan pengalaman kerja, selama kamu telah menyelesaikan setidaknya 2 tahun pendidikan tinggi. Akan tetapi, sebelumnya kamu perlu memeriksa persyaratan visa pelajar kamu.

 

Walau Australia memiliki peraturan imigrasi yang ketat, Australia Barat telah mengumumkan serangkaian keahlian migrasi. Hal ini akan memungkinkan lebih banyak mahasiswa internasional untuk tinggal di Australia setelah lulus

 

 

Seperti apa Kota Perth?

 

Terletak di antara Samudera India dan daerah pedalaman yang luas, Perth berlokasi di pesisir barat yang cerah di Australia. Para warga Perth juga dikenal dengan sebutan “perthites”. Mereka dapat menikmati lebih banyak jam cerah daripada kota lain di Australia. Walau Perth memiliki populasi sebanyak 2,4 juta jiwa, kota ini tetap sangat lapang dan bernuansa metropolis. Perth terkenal akan masyarakatnya yang multibudaya dan warga lokal yang ramah, sehingga merupakan pilihan yang baik untuk mahasiswa internasional.

 

Sebagai salah satu kota paling terjangkau di Australia, kamu dapat memanfaatkan segala sesuatu yang ditawarkan disini, baik itu pantai, kota, atau pedesaan, Perth memiliki segalanya.

 

Salah satu kelebihan utama dari tinggal dan kuliah di Perth adalah kamu dapat berpergian ke negara-negara sekitar dengan mudah. Perth adalah salah satu kota yang paling dekat dengan Aisa Tenggara.  Jadi, mengapa tidak memanfaatkan waktu luangmu untuk terbang ke Bali, Bangkok atau Singapura? Jika kamu belum tertarik untuk mengunjungi negara lain, juga ada banyak yang bisa kamu lihat dan lakukan di Perth.

 

 

 

Apa yang bisa kamu lakukan di Perth?

 

Perth dikelilingi oleh banyak pemandangan alam yang indah seperti Yanchep National Park, yang hanya berjarak 40 menit mengemudi dari kota. Taman ini menaungi banyak satwa liar seperti kangguru dan koala. Kamu juga dapat mempelajari tentang  sejarah aborigin di situ.

 

Tentu saja, kamu akan dituntut untuk bekerja keras di universitas. Apalagi yang bisa membuat rileks daripada menikmati sunset di pantai Cottesloe setelah capek dengan rutinitas harian? Pantai ini hanya berjarak 20 menit dengan perjalanan kereta dari pusat kota Perth, dan pantai sepanjang 1 km ini adalah tempat yang populer bagi warga lokal dan turis.

 

Jika kamu menyukai pasir dan pemandangan, kamu bisa mengunjungi  pulau Rottnest yang terkenal dengan naik feri. Pulau ini adalah tempat yang populer untuk snorkeling, berenang dan surfing. Pulau ini juga merupakan rumah dari quokkas, yang disebut sebagai hewan paling bahagia di dunia!

 

Daya tarik lain dari Perth adalah sejumlah kawasan hijau di dalam kota, seperti Kings park; salah satu dari taman botani dalam kota terbesar di dunia, sangat sempurna untuk istirahat makan siang. Tentu saja, seperti kebanyakan kota lain, Perth juga memiliki beragam jenis restoran dan kafe. Perhotelan juga merupakan industri yang berprospek sebagai tempat kerja selama kuliah untuk mendapatkan pendapatan tambahan karena jam kerjanya lebih fleksibel. Ingin mengetahui lebih banyak tentang bekerja sambilan sambil kuliah?  

 

 

Selain pemandangan alam yang indah, Perth juga memiliki nuansa seni dan budaya yang hidup. Misalnya Fremantle port city yang terkenal di kalangan komunitas seniman, yang berjarak hanya 30 menit di luar pusat kota. Atau, kamu juga dapat berkeliling di Perth Cultural Centre yang memiliki banyak galeri seni, tempat pameran, musik dan makanan. 

 

 

Perjalanan

 

Sangat mudah untuk berpergian di Perth karena ada banyak pilihan transportasi. Pastikan kamu telah memiliki SmartRider card yang bisa kamu isi saldonya. Dengan kartu ini kamu bisa naik bis, kereta dan feri. Kamu juga dapat berpergian secara gratis dengan bis-bis di Central Business District (CBD), yang merupakan pilihan paling ekonomis untuk menjelajahi kota! Walau Perth sering disebut sebagai kota terisolasi karena lokasinya, kamu dapat dengan mudah mengunjungi kota lainnya di Australia dengan menggunakan pesawat.

 

 

Keamanan mahasiswa di Perth

 

Dengan tingkat kriminal rendah dan komunitas yang ramah, Perth adalah kota yang aman untuk mahasiswa. Setiap institusi di Perth memiliki keamanan 24/7 di kampus.

 

Jika kamu tertarik untuk kuliah di Perth, mulai perjalanan kuliah di luar negeri kamu dengan mencari program-program kuliah disini!

 

Study in Australia

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis

DOWNLOAD

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image