Informasi penting
Kanada: Visa - Wajib dibaca

Visa setelah lulus kuliah di Kanada

Sewaktu kuliah mahasiswa internasional dapat tinggal di Kanada karena visa pelajar. Bagaimana jika sudah lulus kuliah? Bagaimana cara untuk mendapatkan ijin kerja supaya dapat bekerja di Kanada? Simak beberapa pilihan di bawah ini... Anda dapat

share image
3479

Bisakah saya bekerja di Kanada setelah lulus kuliah?

Kamu bisa mengajukan PGWP (Post - Graduation Work Permit) jika memenuhi persyaratan di bawah ini:

  • Telah menyelesaikan program purna waktu berdurasi minimal 8 bulan
  • Telah menyelesaikan perkuliahan di salah satu institusi di bawah ini: Institusi pasca-sekunder negeri, misalnya: college, trade/technical school (fakultas perdagangan/teknik); universitas atau CEGEP (untuk Quebec); Institusi pasca-sekunder swasta yang memiliki kebijakan seperti institusi yang disebutkan di atas

Lihat daftar institusi-institusi yang memenuhi syarat di situs CIC.

  • Telah menyelesaikan dan lulus kuliah, memiliki notifikasi resmi dari institusi yang menyatakan lulus
  • Memiliki visa pelajar yang masih berlaku sewaktu mengajukan permohonan PGWP

 

Bagaimana Cara Mengajukan Permohonan PGWP?

Kamu dapat mendaftar via situs CIC seperti yang kamu lakukan untuk visa pelajar. Untuk ini kamu memerlukan passcode yang digunakan sewaktu mendaftar untuk visa pelajar, dan juga memerlukan akun MyCIC Anda.

Prosesnya cukup praktis, kamu hanya perlu memasukkan passcode, mengisi formulir pendaftaran, mengunduh dokumen-dokumen dan melunasi biaya yang diminta sebelum mengirimkan pendaftaran.

 

 

Kapan Sebaiknya Mengajukan Permohonan PGWP?

Kamu harus mulai mengurus PGWP dalam 90 hari menjelang kelulusan dan tidak perlu mendapatkan penawaran kerja sebelumnya. Ketika kamu sudah mengetahui jadwal kelulusan, mulailah mendaftar untuk PGWP.

 

Masa Berlaku PGWP

Masa berlaku PGWP sesuai dengan durasi perkuliahanmu, dan berlaku hingga maksimal 3 tahun. Jika kamu telah kuliah di Kanada lebih dari 2 tahun, maka secara otomatis kamu berhak mendapatkan PGWP yang berlaku selama 3 tahun. Walaupun kamu berkuliah selama 4 tahun, kamu tetap hanya akan mendapatkan PGWP yang berlaku selama 3 tahun. Minimal persyaratan pendaftaran PGWP adalah 8 bulan kuliah.

 

Apa kegunaan PGWP?

Kamu dapat langsung bekerja di Kanada dengan PGWP, dan merupakan permulaan yang baik jika kamu memang berencana untuk mengajukan Permanent Residence di Kanada (yang berarti kamu dapat tinggal di Kanada sebagai residen di sana). Walaupun belum menemukan karir yang pasti, dengan memiliki PGWP kamu memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja yang berharga.

 

 

Yang Perlu Diperhatikan Setelah Mendapatkan PGWP

Ingatlah untuk melakukan hal-hal berikut:

  • Memperpanjang asuransi kesehatan
  • Memperpanjang Social Insurance Number (Nomor Asuransi Sosial) Anda
  • Mengajukan Temporary Resident Visa – dengan demikian Anda dapat memasuki negara perbatasan (yang tidak bisa dilakukan dengan Study atau Work yang hanya mengijinkan Anda untuk tinggal di Kanada), Jadi Anda akan memerlukan Temporary Resident Visa jika Anda perlu ke negara perbatasan atau memasuki Kanada dari sana. Di setiap kali Anda meninggalkan atau memasuki Kanada, bersiaplah untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan pihak imigrasi, dan buktikan Anda memiliki status imigrasi yang resmi untuk dapat tinggal di Kanada. 

Mencari jurusan

Kanada
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Misi kami adalah untuk membantu pelajar Indonesia meraih mimpi kuliah ke luar negeri melalui artikel-artikel informatif dan layanan konsultasi gratis dari IDP. Come say hi to our social media!