Informasi penting
Kanada: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

INILAH ALASAN KENAPA KAMU HARUS KULIAH DI KANADA

Mengapa Kanada menjadi tujuan kuliah populer? Amerika terkenal dengan “American Dream”, bagaimana dengan Kanada yang berada di sebelah utara Amerika?

Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Kanada

Saat memikirkan kuliah di luar negeri, banyak pelajar masih terpaku pada Amerika Serikat karena terpikat konsep 'American Dream'. Padahal kalau kamu menggeser sedikit pandanganmu ke arah utara, ada Kanada yang tak kalah menariknya, lho!

 

Penasaran kenapa kamu harus memilih Kanada sebagai tempat kuliah? Langsung saja simak alasan-alasannya di bawah ini.

 

Pendidikan Berkaliber Tinggi

Dengan kuliah di Kanada, kamu akan mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi dan kualifikasi yang diakui di seluruh dunia. Kualifikasi dari Kanada setara dengan gelar-gelar akademis yang diperoleh di Amerika Serikat, Inggris dan negara destinasi studi populer lainnya.

 

Ada lima institusi pendidikan tinggi Kanada yang masuk dalam peringkat 100 besar universitas terbaik tahun 2022 versi Times Higher Education: University of Toronto, University of British Columbia, McGill University, McMaster University dan University of Montreal. Toronto, McGill, dan British Columbia juga masuk dalam peringkat 100 besar di QS World University Rankings 2022.

 

Semua program akademis di Kanada diperbarui secara reguler oleh tiap institusi pendidikan tinggi demi menjaga standar mutu pendidikan. Badan-badan Pemerintahan seperti AUCC (Association of Universities and Colleges of Canada / Asosiasi Universitas dan Kolese Kanada) juga selalu memastikan bahwa setiap universitas menawarkan pendidikan yang terbaik bagi para mahasiswa.

 

Biaya Hidup & Kuliah Lebih Terjangkau

Kalau melihat status Kanada sebagai negara maju dengan banyak kota besar, wajar saja bila ada yang masih berpikir biaya hidup di negara ini mahal. Padahal sebenarnya biaya hidup di Kanada bisa jauh lebih rendah dibanding biaya hidup di Amerika Serikat!

 

Contohnya, Toronto adalah kota dengan biaya hidup tertinggi di Kanada. Tapi jika kamu bandingkan dengan London, New York dan Sydney, biaya hidup di Toronto masih lebih rendah. Jadi kamu bisa hidup lebih nyaman di kota-kota modern Kanada seperti Toronto, Montreal atau Vancouver.

 

Universitas-universitas di Kanada menerima pendanaan publik, sehingga biaya kuliahnya lebih rendah jika dibandingkan dengan di AS. Tersedia juga banyak beasiswa bagi pelajar Indonesia untuk kuliah di Kanada.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Amerika Utara

 

Kualitas Hidup Yang Unggul

Dalam daftar U.S. News Best Countries Rankings terbaru, Kanada berhasil menjadi salah satu negara terbaik untuk kualitas hidup. Beberapa faktor yang menjadikan Kanada sebagai tempat tinggal ideal adalah kestabilan politik dan ekonomi, serta pelayanan kesehatan gratis.

 

Kanada juga termasuk sangat aman dan tenang sebagai tempat kuliah. Hal ini tercermin dari keberhasilan Kanada menempati posisi 10 dalam Global Peace Index 2021Faktor-faktor inilah yang membuat banyak orang tua lebih yakin mengizinkan anak-anak mereka untuk kuliah di Kanada.

 

Satu hal yang perlu dicatat adalah Kanada memiliki pemandangan alam dan tempat wisata terindah di dunia, seperti Niagara Falls, Banff National Park dan Rocky Mountains. Kamu bisa mengunjungi berbagai taman nasional dan cagar alam untuk melihat ragam margasatwa, serta menikmati pemandangan di atas bukit hingga pesisir pantai. Semuanya dijamin akan membuat kamu takjub!

 

Kalau kamu masih ragu kuliah di Kanada karena faktor iklim, negara ini tidak selalu identik dengan musim salju yang dingin, kok. Saat musim dingin, beberapa wilayah di Kanada bahkan tidak pernah bersalju dan temperaturnya bisa mencapai 30 derajat Celcius. 

 

Coba tonton video di bawah ini agar kamu tahu kota-kota mana saja di Kanada yang menawarkan kualitas hidup terbaik.

 

 

Keragaman Budaya

Sebagai negara yang banyak didatangi imigran, tak heran kalau Kanada memiliki keragaman budaya yang mengundang decak kagum masyarakat dunia. Kanada adalah negara pertama di dunia yang mengenalkan kebijakan multikulturalisme pada tahun 70an yang mengangkat nilai positif dari keragaman ras dan etnis.

 

Beberapa kelompok etnis mayoritas di Kanada adalah Skotlandia, Irlandia, Jerman, Italia, dan China. Jadi kamu bisa mengenal dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas budaya dari semua etnis tersebut. Berkat keragaman budaya ini, masyarakat Kanada dikenal sangat ramah kepada para pelajar internasional dari berbagai negara dan latar belakang budaya. 

 

 

Prospek Kerja Yang Melimpah

Saat memilih destinasi studi di luar negeri, kamu mungkin ingin mencari negara di mana kamu bisa menetap dan bekerja setelah lulus kuliah. Untungnya, Kanada memiliki program Post-Graduation Work Permit! Dengan permit ini, pelajar internasional yang telah lulus dari institusi pendidikan tinggi Kanada yang memenuhi syarat bisa bekerja di sana selama 8 bulan hingga 3 tahun.

 

Jangan takut kalau kamu akan kesulitan mendapatkan pekerjaan, karena 90% lulusan dari institusi Kanada mendapatkan pekerjaan dalam waktu 6 bulan setelah wisuda! Prospek kerja Kanada yang bagus ini adalah salah satu daya tarik yang kuat bagi para pelajar internasional.

 

Pelajar internasional di Kanada juga bisa bekerja semasa kuliah, lho. Semasa perkuliahan berlangsung, para pelajar internasional di Kanada diperbolehkan bekerja hingga 20 jam/minggu. Sementara saat liburan, mereka bisa bekerja full time. Lumayan banget kalau kamu ingin menabung atau menambah dana untuk biaya hidup.

 

***

 

Sudah yakin mau kuliah di Kanada setelah membaca artikel di atas? Coba pertimbangkan beberapa universitas berikut sebagai tempat kuliahmu:

Kamu juga bisa membaca berbagai artikel mengenai serba-serbi kuliah di Kanada yang telah kami susun untuk membantu perencanaan studimu.

 

Jika kamu ingin menemukan jurusan dan tempat kuliah terbaik di Kanada yang sesuai dengan kriteria pribadimu, coba gunakan alat Pencari Jurusan kami.

 

Pastikan kamu follow semua kanal media sosial Hotcourses Indonesia untuk mendapatkan info terkini mengenai kuliah di luar negeri dan berita terbaru dari universitas-universitas terbaik di Kanada.

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di Kanada? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP yang selalu siap membantumu mewujudkan cita-cita kuliah di Kanada.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS

 

BACA JUGA:

Wajib dibaca

article Img

CITY GUIDE: PANDUAN BERKELILING TORONTO (KANADA)

Mengenal Toronto Toronto terletak di pesisir utara Lake Ontario, dan merupakan kota terbesar di Kanda dan ibukota dari propinsi Ontario. Sebelumnya dikenal sebagai ‘York’ pada saat ditemukan oleh orang Inggris pada abad ke-18. Saat ini terdapat populasi sejumlah 6 juta jiwa yang hidup di Toronto. Jadi tidak heran, sebagai kota terbesar di Kanada  dan merupakan yang pertama mengembangkan kebijakan nasional mengenai multikulturalisme – Toronto memiliki

11.9K
article Img

10 INFO PRAKTIS SEBELUM BERANGKAT KULIAH KE KANADA

Berangkat kuliah ke luar negeri tentunya sempat bikin bingung. Misalnya apa yang perlu dibawa, apa yang harus dilakukan setelah tiba di sana, kemana harus membeli keperluan sehari-hari dan lain sebagainya. Kebingungan ini tentunya akan berkurang jika sebelumnya telah mendapat panduan dan tips dari mahasiswa yang sudah berkuliah di sana. Mekala Wickramasinghe – PACE Student Life Coordinator di University of Winnipeg menyusun 10 informasi penting ini supaya

2.9K
article Img

3 SEBAB MENGAPA MAYORITAS MAHASISWA INTERNASIONAL TETAP INGIN TINGGAL DI KANADA SETELAH LULUS KULIAH

Menurut survei terbaru oleh Canadian Bureau of International Education (CBIE), setiap tahun semakin banyak mahasiswa yang datang dari seluruh dunia untuk kuliah di Kanada. 60% dari mahasiswa internasional yang mengikuti survei menyatakan bahwa mereka berminat untuk menjadi residen permanen di Kanada setelah lulus kuliah. Survei ini dilakukan terhadap 14.000 mahasiswa internasional dari seluruh dunia yang mengambil kuliah di semua perguruan tinggi di Kanada.

602