Informasi penting
Jerman: Info Jurusan

5 UNIVERSITAS TOP DI JERMAN UNTUK KULIAH MBA

13.9K
5 Universitas Top di Jerman untuk Kuliah MBA

Bagi pelajar Indonesia, Jerman memang lebih populer sebagai negara untuk kuliah bidang STEM (Sains, Teknologi, Teknik & Matematika). Namun ternyata ada juga berbagai jurusan kuliah lainnya dengan kualitas pendidikan mumpuni khas Jerman.

 

Menurut tim Hotcourses Indonesia, salah satu program studi non-STEM yang patut kamu ambil di Jerman adalah MBA (Master of Business Administration). Berikut alasannya:

 

  1. Biaya kuliah MBA di Jerman jauh lebih murah, terutama jika dibandingkan dengan biaya kuliah MBA di Inggris atau Amerika Serikat.

  2. Banyak program MBA di Jerman menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Program-program ini biasanya juga menyediakan program belajar bahasa Jerman untuk membantu para mahasiswa internasional memulai karir mereka di Jerman.

  3. Jerman merupakan pusat inovasi teknologi. Jadi kurikulum program MBA di negara ini selalu mengikuti perkembangan teknologi terbaru.

  4. Para mahasiswa program MBA di Jerman berkesempatan untuk magang di berbagai perusahaan top dunia yang berbasis di sana, seperti Adidas, Bosch, Porsche dan Volkswagen.

  5. Tersedia berbagai beasiswa dari Pemerintah Jerman & Uni Eropa.

  6. Program-program MBA purnawaktu di Jerman rutin masuk dalam jajaran 150 besar dalam QS World University Rankings: Global MBA Rankings.

 

Kalau kamu tertarik kuliah MBA di Jerman, tim kami punya bocoran info untuk kamu nih! Seperti disebutkan di atas, ada beberapa institusi Jerman yang program MBA-nya tercantum dalam QS World University Rankings: Global MBA Rankings 2021.

 

Yuk, baca penjelasan mengenai tiap institusi di bawah ini!

 

5. HHL Leipzig Graduate School of Management

Peringkat 141-150
Durasi: 15 bulan (fast track) / 21 bulan (advanced track)
Biaya kuliah: EUR38.000

 

 

  • Program MBA di HHL memiliki opsi fast track berdurasi 15 bulan. Namun opsi ini hanya terbuka untuk mahasiswa yang telah mendapatkan SKS setara dengan 20 ECTS (European Credit Transfer and Accumulation System) di jenjang studi sebelumnya.

  • HHL berlokasi di Leipzig, salah satu kota pelajar termurah di Jerman. Biaya hidup per bulan di kota-kota Jerman lainnya biasanya sekitar EUR835, tapi para pelajar di Leipzig hanya mengeluarkan biaya sekitar EUR650.

  • Pada tahun 2021, sebanyak 65% mahasiswa MBA di HHL adalah perempuan. Karena hal ini, program MBA di HHL mendapatkan pengakuan sebagai program MBA dengan mahasiswa perempuan terbanyak di dunia. 

 

4. ESMT Berlin 

Peringkat 83
Durasi: 14 bulan
Biaya kuliah: EUR43.500

 

 

  • Program MBA purnawaktu di ESMT Berlin memiliki 3 jalur: Innovation & Entrepreneurship, Managerial Analytics, dan Strategic Leadership.

  • ESMT Berlin bekerjasama dengan Yale University dan MIT untuk menawarkan gelar ganda. Mahasiswa bisa memilih paduan gelar MBA dari EMST Berlin dan gelar Master of Advanced Management dari Yale atau gelar MBA dari EMST Berlin dan gelar Master of Science in Management Studies dari MIT.

  • Mayoritas lulusan program MBA di ESMT Berlin bekerja di sektor teknologi, e-commerce dan consulting.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Eropa

 

3. WHU-Otto Beisheim School of Management

Peringkat 58
Durasi: 12 bulan
Biaya kuliah: EUR40.500

 

 

  • WHU dikenal unggul dalam pendidikan kewirausahaan. Buktinya, WHU merupakan salah satu institusi pendidikan bisnis di dunia yang banyak mencetak pendiri start-up unicorn.

  • Program MBA di WHU melibatkan 3 modul internasional di AS, China, dan India. Para mahasiswa akan mengunjungi ketiga tersebut untuk mempelajari tantangan dan resiko yang harus dihadapi saat menjalankan bisnis di sana.

  • WHU memiliki program pengembangan karir yang disesuaikan untuk tiap mahasiswa. Karena keunggulan program ini, alumni program MBA di WHU rata-rata mendapatkan kenaikan gaji sekitar 106% dibanding gaji mereka terdahulu.

 

2. Frankfurt School of Finance & Management 

Peringkat 42
Durasi: 12 bulan
Biaya kuliah: EUR39.000

 

 

  • Program MBA di institusi ini adalah program akselerasi dan para mahasiswa bisa memilih 3 jalur spesialisasi: Keuangan, Manajemen, dan Teknologi.

  • Frankfurt adalah salah satu pusat bisnis Eropa. Karena itu, para mahasiswa MBA di institusi ini mendapatkan berbagai manfaat dari lokasi kampus mereka, seperti kesempatan magang di organisasi internasional dan berjejaring dengan para pelaku industri terkemuka.

  • Mayoritas lulusan program MBA di Frankfurt School of Finance & Management bekerja di sektor keuangan, teknologi / teknik, dan layanan kesehatan.

 

1. Mannheim Business School 

Peringkat 39
Durasi: 12 bulan + 3 bulan (opsional)
Biaya kuliah: EUR39.500

 

 

  • Program studi Mannheim berdurasi 12 bulan. Setelah itu, para mahasiswa bisa memilih untuk melanjutkan kuliah selama 3 bulan. Dalam waktu 3 bulan ini, mereka bisa mengambil sertifikat di bidang analisis manajemen, mendirikan start-up, mengikuti program magang, atau belajar di berbagai institusi di negara-negara lain yang menjadi mitra Mannheim.

  • Program MBA di Mannheim secara rutin mendapatkan gelar "Value for Money" dari surat kabar Financial Times.

  • Para mahasiswa MBA di Mannheim rata-rata berusia 30 tahun dan memiliki pengalaman kerja 6 tahun. Kebanyakan dari mereka berasal dari latar belakang pendidikan Ekonomi & Bisnis, Teknik & TI, dan Ilmu Pengetahuan Alam & Kedokteran.

 

Belum menemukan institusi yang tepat untukmu dari daftar di atas? Coba gunakan alat pencari jurusan kami untuk membantumu menemukan destinasi studi yang sesuai dengan semua kriteriamu.

 

 

Jangan lupa bahwa kamu bisa membaca berbagai panduan mengenai kuliah MBA yang telah kami susun. Pastikan juga kamu follow semua kanal media sosial Hotcourses Indonesia untuk mendapatkan berita pendidikan internasional terbaru dan informasi terkini mengenai program-program MBA terbaik.

 

Mau tanya-tanya soal studi MBA di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP yang selalu siap membantumu mewujudkan cita-cita kuliah di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA: 

 

 

Sumber:

hhl.de

esmt.berlin

whu.edu

frankfurt-school.de

mannheim-business-school.com

expatrio.com

 

 

Mencari jurusan

Jerman
Pascasarjana