Informasi penting
Republik Irlandia: Info Jurusan

5 UNIVERSITAS IRLANDIA TERBAIK UNTUK BIDANG STUDI TEKNIK

5 UNIVERSITAS IRLANDIA TERBAIK UNTUK BIDANG STUDI TEKNIK

Bidang studi teknik adalah salah satu pilihan bidang studi yang populer bagi mahasiswa internasional. Selain memiliki prospek kerja yang stabil di berbagai belahan dunia, para lulusan jurusan teknik juga biasanya memiliki tingkat kepuasan kerja yang tinggi serta rentang gaji yang menjanjikan.

 

Kalau kamu tertarik menjalani karir internasional di industri teknik, kuliah di Irlandia adalah jalur yang perlu kamu pertimbangkan. Berkat pertumbuhan ekonominya yang pesat, Irlandia kini membutuhkan banyak insinyur. Karena itu, para lulusan jurusan teknik memiliki kans besar untuk bisa menetap dan bekerja di sana pasca kelulusan. Irlandia juga memiliki sistem pendidikan bertaraf internasional, jadi kamu tak perlu khawatir dengan kualitas pendidikan yang akan kamu dapatkan di negara tersebut.

 

Agar kamu tak bingung memulai pencarian universitas di negara ini, tim Hotcourses Indonesia telah menyusun daftar 5 universitas Irlandia terbaik untuk bidang studi teknik.


1. National University of Ireland, Galway 

Peringkat 283 - QS World University Rankings


The National University of Ireland, Galway (NUIG) adalah salah satu universitas berbasis riset terbaik di dunia untuk bidang studi teknik. Universitas yang didirikan tahun 1845 ini konon merupakan universitas pertama di dunia yang meluluskan seorang mahasiswi jurusan teknik sipil dengan predikat summa cum laude

 

Tiap mahasiswa jurusan teknik di NUIG secara otomatis akan terdaftar dalam program 5 tahun "BE + ME" yang memungkinkan mereka untuk meraih gelar S1 dan S2 secara bersamaan. Pada tahun ketiga kuliah, para mahasiswa akan diberikan pilihan untuk terus kuliah sampai tahun kelima demi meraih gelar S2 atau hanya sampai tahun keempat untuk lulus dengan gelar S1. Kedua jalur ini memiliki program penempatan kerja/magang yang disesuaikan dengan durasi kuliah pilihan mahasiswa.

 

Semua jurusan teknik di universitas ini bisa kamu lihat di sini. Kamu juga bisa mendengarkan pengalaman beberapa mahasiswa internasional di NUIG dalam video berikut.

 

 


2. Trinity College Dublin

Peringkat 101 - QS World University Rankings


Trinity College Dublin (TCG) adalah universitas tertua dan terbaik di Irlandia (berdasarkan daftar QS World University Rankings). Selain itu, TCG adalah salah satu universitas terdepan di dunia dalam bidang Nanoteknologi, Teknologi Informasi, Imunologi, Matematika, Teknik, Psikologi, Politik dan Bahasa Inggris.


Universitas ini memiliki program S2 unik, yaitu program Masters (Ind.) in Engineering. Program ini adalah program berdurasi 2 tahun (paruh waktu) yang dilaksanakan di sebuah tempat kerja dengan pengawasan dari seorang akademisi TCG. Para kandidat yang berminat mengambil jurusan ini membutuhkan persetujuan dari tempat kerja yang dituju serta seorang pembimbing akademik dari TCG. Selain itu, mereka juga harus menyiapkan proposal penelitian serta program kerja. Penilaian akhir program ini dibuat berdasarkan disertasi yang disusun para mahasiswa.

 

Kamu bisa menelusuri semua jurusan teknik di TCG di sini. Kalau kamu ingin tahu suasana kampus universitas ini, langsung saja saksikan tur virtual berikut.

 

 

 

 

(Baca juga: MENGAPA HARUS KULIAH DI IRLANDIA? BERIKUT ALASANNYA)

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Eropa

 

3. University College Cork

Peringkat 286 - QS World University Rankings

 

University College Cork (UCC), adalah universitas kelas dunia yang terkenal karena kualitas program akademiknya, keindahan kampusnya dan kehidupan mahasiswanya yang dinamis. Selain itu, UCC dikenal sebagai tempat di mana Mary Ryan menjadi profesor perempuan pertama di wilayah Irlandia dan Inggris. Para peneliti di institusi ini juga sempat beberapa kali menduduki peringkat pertama dalam daftar akademisi dengan pendapatan tertinggi.

 

Sebagian besar program S2 di UCC adalah program purnawaktu yang berdurasi 12 bulan, namun program MEngSc in Pharmaceutical and Biopharmaceutical Engineering (S2 Teknik Farmasi dan Biofarmasi)  sedikit berbeda karena berdurasi sekitar 24 bulan dan dapat diperpanjang hingga 60 bulan.


Semua jurusan teknik di UCC bisa kamu temukan di sini. Kamu juga bisa langsung menjelajahi kampus universitas ini dengan menonton tur virtual berikut.

 

 


4. University College Dublin

Peringkat 177 - QS World University Rankings

 

University College Dublin (UCD) adalah salah satu universitas terbaik di dunia di mana aktivitas penelitian para akademisinya berpengaruh besar pada proses belajar-mengajar. Jika dibandingkan dengan universitas-universitas Irlandia lainnya, bisa dikatakan bahwa Fakultas Teknik dan Arsitektur UCD adalah yang terbesar dan terlengkap di Irlandia.

 

Mahasiswa yang ingin mengambil program S2 Teknik di UCD memiliki 2 pilihan gelar: MEngSc dan MEng. Perbedaannya adalah mahasiswa program MEngSc harus mengambil 90 SKS, sementara mahasiswa program MEng cukup mengambil 60 SKS. 

 

Kamu bisa menelusuri semua jurusan teknik di UCD di sini. Tonton juga video berikut di mana Aness, seorang mahasiswa jurusan teknik di UCD, bercerita bagaimana ia merasa aman menjalani perkuliahan di tengah pandemi Covid-19 berkat protokol kesehatan dari pihak universitas.

 

 

 


(Baca juga: PROSPEK PASCA-STUDI DI IRLANDIA, BELANDA, JERMAN DAN SELANDIA BARU)

 

5. University of Limerick

Peringkat 511-520 - QS World University Rankings

 

Didirikan pada tahun 1972, University of Limerick (UL) adalah universitas termuda dalam daftar ini. UL memiliki beberapa pusat penelitian paling inovatif dan sukses di Irlandia, termasuk Nexus Innovation Center yang bertujuan membantu pertumbuhan berbagai jenis start up.

 

UL sempat meraih gelar universitas terpopuler di Irlandia, dengan tingkat kepuasan mahasiswa yang mencapai 85%. Selain itu, UL juga mendapatkan penghargaan Best Student Campus di ajang Education Ireland Awards 2019. Universitas ini merupakan pelopor program Cooperative Education di Irlandia, yaitu program pengalaman kerja nyata selama 8 bulan yang telah berhasil menempatkan lebih dari 2000 mahasiswa di berbagai tempat kerja.

 

Semua jurusan teknik di UL bisa kamu lihat di sini. Kamu juga bisa menyaksikan pengalaman seorang mahasiswi muslim yang mengambil jurusan teknik sipil di UL dalam video berikut.

 

 

 

 

Selain membaca daftar di atas, tim kami juga menganjurkan agar kamu membaca daftar keahlian teknik yang saat ini sangat diperlukan di Irlandia untuk membantumu menyusun rencana studi dan karir. Selain itu, kamu bisa menggunakan alat Pencari Jurusan kami untuk menemukan jurusan teknik yang sesuai dengan kriteria dan kualifikasi yang kamu miliki.

 

Ingin kuliah teknik di salah satu universitas di atas? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di Irlandia!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

Sumber:

newengineer.com

wikipedia.org

dbei.gov.ie