Informasi penting
Republik Irlandia: Info Jurusan

7 UNIVERSITAS UNGGULAN DI IRLANDIA UNTUK KULIAH ILMU KOMPUTER

7 Universitas Unggulan di Irlandia Untuk Kuliah Ilmu Komputer

Berminat kuliah ilmu komputer di wilayah Eropa? Irlandia adalah destinasi studi yang tidak boleh kamu lewatkan. Negara ini adalah salah satu pusat inovasi teknologi yang penting bagi dunia lho! Buktinya, Google memilih Irlandia sebagai lokasi markasnya untuk wilayah Eropa.

 

Jika dibandingkan dengan negara-negara lain, Irlandia memang tergolong negara yang kecil. Namun ini berarti kamu akan lebih mudah berjejaring dengan para sosok penting dalam bidang ilmu komputer di Irlandia saat kuliah!

 

Selain itu, Irlandia digelari sebagai negara teramah di dunia oleh situs Lonely Planet. Negara ini juga memiliki lingkungan yang asri, sehingga memberikan suasana belajar yang tenteram. Dua hal ini pasti membuatmu merasa kerasan hidup dan kuliah di Irlandia.

 

Untuk mempermudah proses pencarian universitas ideal untukmu di Irlandia, daftar peringkat universitas internasional bisa kamu gunakan sebagai acuan. Nah, kali ini tim Hotcourses Indonesia akan membahas universitas-universitas Irlandia yang masuk peringkat teratas dalam QS World University Rankings by Subject 2021 untuk bidang studi Ilmu Komputer.

 

7. Maynooth University

 

 

  • Walaupun Maynooth baru resmi berdiri pada tahun 1997, universitas ini telah meraih prestasi sebagai universitas muda dengan perkembangan terpesat di Irlandia.

  • Maynooth memiliki 7 laboratorium perangkat lunak, 1 laboratorium perangkat keras, dan beberapa laboratorium riset khusus untuk para grup-grup riset di kampus.

  • Pendidikan Ilmu Komputer di Maynooth dirancang untuk tak hanya memberikan pemahaman mendalam mengenai berbagai prinsip dasar ilmu komputer, namun juga mengembangkan kemampuan analisis serta keterampilan kerja.

 

Telusuri semua jurusan ilmu komputer yang tersedia di direktori jurusan kuliah Maynooth University.

 

6. University of Limerick

 

 

  • Para mahasiswa S1 Ilmu Komputer di UL bisa memilih opsi untuk hanya mengambil mata kuliah umum di tahun pertama. Pada tahun kedua, mereka bisa memilih salah satu jurusan berikut: BSc Computer Systems, BSC Computer Games Development, dan BSC Mobile Communications and Security.

  • Jurusan ilmu komputer di UL mewajibkan para mahasiswanya untuk mengikuti program Cooperative Education, salah satu program penempatan kerja terbesar di Eropa.

  • UL terletak di wilayah Shannon dan Mid-West yang dikenal sebagai salah satu pusat pengembangan perangkat lunak terbaru di Irlandia. Jadi para mahasiswa dijamin akan mendapatkan manfaat dari lokasi kampus ini.

 

Semua jurusan ilmu komputer di institusi ini bisa kamu temukan dalam direktori jurusan kuliah University of Limerick.

 

Unduh brosur universitas favortimu di Irlandia!

 

5. Dublin City University

 

 

  • Jurusan S1 Ilmu Komputer di DCU adalah jurusan komputasi yang paling banyak diminati di Irlandia.

  • DCU dikenal sebagai universitas Irlandia pertama yang memiliki program penempatan kerja berbayar. Dalam program yang dinamakan INTRA ini, para mahasiswa akan bekerja selama 6 bulan untuk mengasah keterampilan kerja mereka.

  • Universitas ini berkolaborasi dengan berbagai perusahaan besar dalam pelaksanaan penelitian di bidang ilmu komputer. Beberapa di antaranya adalah Google, Microsoft, IBM, Samsung dan Xerox.

 

Mau kuliah di universitas ini? Baca dulu semua jurusam ilmu komputer yang ditawarkan di direktori jurusan kuliah Dublin City University.

 

4. National University of Ireland, Galway

 

 

  • Pada awal 2021, NUI Galway meluncurkan proyek Pandem-2 yang bertujuan merancang sistem TI kompleks untuk menanggapi pandemi secara cepat dan efektif. Jadi universitas ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang tertarik menelusuri peran ilmu komputer dalam penanganan pandemi.

  • NUI Galway adalah universitas pertama di Irlandia yang memiliki Computer Society (organisasi untuk para mahasiswa yang tertarik dengan komputer).

  • Program Studi S1 Ilmu Komputer di universitas ini memiliki kurikulum yang fleksibel. Maka itu, para mahasiswa bisa mempelajari beberapa bidang teknologi lain, seperti media digital, informatika energi, komputasi ilmiah dan bio-informatika.

 

Telusuri semua jurusan ilmu komputer yang ditawarkan dalam direktori jurusan kuliah NUI Galway.

 

3. University College Cork

 

 

  • Selain menawarkan pendidikan berkualitas tinggi, UCC juga memiliki arsitektur yang mengagumkan dan pemandangan alam yang mencengangkan. Jadi universitas ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin kuliah di kampus dengan suasana inspiratif.

  • George Boole - pencipta cabang ilmu aljabar yang menjadi dasar ilmu programming komputer - adalah dosen matematika pertama di UCC.

  • UCC bermitra dengan berbagai perusahaan untuk program penempatan kerja para mahasiswa ilmu komputer. Beberapa contohnya adalah Amazon, Cisco, Citi Goup, Deloitte, Dell EMC, Fexco, Intel, Jaguar, Janssen, Siemens, dan Zenith.

 

Info mengenai berbagai jurusan ilmu komputer di institusi ini bisa kamu temukan dalam direktori jurusan kuliah University College Cork.

 

2. University College Dublin

 

 

  • Riset adalah salah satu kegiatan inti di Fakultas Ilmu Komputer UCD. Beberapa topik riset yang menonjol di universitas ini adalah data science & pembelajaran mesin, serta perangkat lunak dan teknik perangkat lunak. 
  • Kurikulum program S1 Ilmu Komputer di UCD memberikan para mahasiswanya kesempatan untuk mengambil spesialisasi di bidang-bidang berikut: Computer Graphics, Parallel Computing, Wireless Networking, Data Mining & Artificial Intelligence, Software Engineering, dan Cybersecurity.
  • UCD memiliki komunitas Woman@CompSci untuk membantu perkembangan para mahasiswa perempuan di semua jenjang studi program Ilmu Komputer.

 

Temukan info semua jurusan ilmu komputer yang tersedia dalam direktori jurusan kuliah University College Dublin.

 

1. Trinity College Dublin, the University of Dublin

 

 

  • TCD terletak di tengah-tengah area Silicon Docks, Dublin. Area ini menampung berbagai markas perusahaan teknologi ternama di Eropa, seperti Google, Facebook, Twitter, dan LinkedIn.
  • Menurut Pitchbook University Reports, TCD adalah institusi yang paling banyak mencetak pendiri start-up di wilayah Eropa.
  • TCD memiliki program Master in Computer Science (MCS) yang terintegrasi. Dalam program ini, para mahasiswa S1 yang memenuhi syarat bisa langsung menjalani dan menyelesaikan studi jenjang S2 pada tahun kelima kuliah.

 

Jika kamu tertarik dengan institusi ini, silahkan teliti semua jurusan ilmu komputer yang bisa kamu ambil di direktori jurusan kuliah Trinity College Dublin.

 

Masih penasaran tentang kuliah di Irlandia? Kamu bisa membaca artikel-artikel kami mengenai studi di Irlandia yang menyediakan panduan lengkap untuk kuliah di sana. 

 

Kalau kamu sudah mantap untuk kuliah ilmu komputer di Irlandia, kamu tidak perlu melakukan proses pendaftaran seorang diri. lho! Kamu bisa daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap menemani tiap langkahmu ke Irlandia.

 

Kamu bisa mendapatkan pendampingan pribadi dalam proses pemilihan tempat dan jurusan kuliah, pendaftaran ke universitas, dan pengurusan visa pelajar. Selain itu, IDP juga bisa membantumu dalam berbagai hal di Irlandia - seperti mencari akomodasi dan membuka rekening bank. Impianmu untuk kuliah ilmu komputer di Irlandia pasti jadi lebih mudah untuk diraih!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA: 

 

Sumber:

educationireland.com
maynoothuniversity.ie
ulsites.ie
nuigalway.ie
dcu.ie
ucc.ie
tcd.ie
ucd.ie