Informasi penting
Selandia Baru: Pendaftaran Universitas

SYARAT DAN BIAYA KULIAH KEDOKTERAN DI SELANDIA BARU

Syarat Dan Biaya Kuliah Kedokteran Di Selandia Baru

Prospek kerja dokter termasuk aman dan menjanjikan di masa mendatang. Dalam periode waktu 2016 - 2026, diperkirakan akan terjadi peningkatan lowongan untuk dokter sebesar 15% - jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan lowongan profesi-profesi lainnya.

 

Salah satu negara yang diproyeksikan akan membutuhkan banyak dokter di masa depan adalah Selandia Baru. Hal ini disebabkan sebagian besar populasinya yang akan segera memasuki usia lanjut. Nah, kalau kamu tertarik kuliah kedokteran di Selandia Baru untuk bisa berkarir di sana, coba baca penjelasan tim Hotcourses Indonesia berikut mengenai syarat dan biayanya.

 

Jalur Pendidikan Kedokteran Di Selandia Baru

 

Berbeda dengan Indonesia, mahasiswa di Selandia Baru tidak bisa langsung mengambil jurusan kedokteran setelah lulus SMA. Semua mahasiswa yang berminat kuliah kedokteran di sana harus terlebih dahulu mengambil program pra-kedokteran berikut: Health Sciences First Year di University of Otago atau 1 tahun awal perkuliahan di program Bachelor of Health Sciences / Bachelor of Science in Biomedical Science di University of Auckland.

 

Untuk bisa diterima di jurusan kedokteran, kamu harus mendapatkan nilai yang baik di program-program tersebut. Perlu diingat bahwa kamu perlu membuktikan bahwa kamu belum pernah menjalani perkuliahan di manapun untuk bisa mengikuti program-program di atas.


Setelah lulus dari salah satu program di atas, kamu bisa melanjutkan ke program Bachelor of Medicine and Bachelor of Surgery (MBChB) di University of Otago atau MBChB di University of Auckland. Sesudah menyelesaikan kuliah di kampus, kamu kemudian akan menjalani pendidikan profesi di sebuah RS selama 2 tahun sebagai dokter muda (serupa dengan konsep koas di Indonesia).

 

Jika program pendidikan profesi ini telah dilalui, maka kamu bisa mendaftar ke Medical Council of New Zealand (MCNZ) untuk menjalani profesi dokter di Selandia Baru. Kalau kamu ingin mengambil spesialisasi tertentu, kamu harus mengambil program  pendidikan dan pelatihan yang berdurasi antara 3 sampai 6 tahun (tergantung spesialisasi pilihanmu).

 

(Baca juga: BERKARIR SETELAH LULUS KULIAH DI SELANDIA BARU)

 

Persyaratan Nilai Untuk Masuk Program Pra-Kedokteran

 

Seperti yang telah disebutkan di atas, kamu perlu mengambil program pra-kedokteran sebelum masuk jurusan kedokteran. Berikut adalah persyaratan nilai yang dibutuhkan tiap program:

 

Health Sciences First Year di University of Otago

Pendaftar program ini wajib memiliki nilai yang baik di bidang studi Kimia dan Fisika. Nilai minimal yang dibutuhkan untuk diterima adalah setara dengan nilai 140 di ujian CIE atau 26 di diploma IB.

 

Bachelor of Health Sciences / Bachelor of Science in Biomedical Science di University of Auckland

Pendaftar program ini wajib memiliki nilai yang baik di bidang studi Biologi dan Kimia, serta bidang-bidang studi yang banyak menggunakan bahasa Inggris/English-rich (contoh: Geografi, Sejarah, Bahasa Inggris). Nilai minimal yang dibutuhkan untuk diterima di program Bachelor of Health Sciences adalah setara dengan nilai 300 di ujian CIE atau 33 di diploma IB. Sementara untuk program Bachelor of Science in Biomedical Science, nilai minimalnya setara dengan 310 di ujian CIE atau 33 di diploma IB.

 

Wisuda Mahasiswa Kedokteran di University of Otago Tahun 2019 - Hotcourses Indonesia

Wisuda mahasiswa kedokteran di University of Otago tahun 2019

(Sumber foto: Otago.ac.nz)

 

Persyaratan Kefasihan Bahasa Inggris

 

University of Otago memiliki syarat nilai minimal 6.0 untuk IELTS Academic (tanpa ada bagian yang nilainya di bawah 5.5) atau 550 untuk TOEFL PBT (tes writing minimal 4.5 ) dan 80 untuk TOEFL iBT (tes writing minimal 20). Sebagai respons terhadap Covid-19, universitas ini juga menerima nilai IELTS Indicator test dan TOEFL iBT Special Home Edition. Selain itu, University of Otago menerima hasil Duolingo English Test (DET) dengan nilai minimal 100.

 

Perlu dicatat bahwa semua mahasiswa program pra-kedokteran di University of Otago akan diminta mengikuti tes diagnostik Bahasa Inggris di semester pertama. Tes ini diperlukan untuk mengetahui mahasiswa mana saja yang membutuhkan pelajaran Bahasa Inggris tambahan agar bisa mengikuti perkuliahan dengan efektif.

 

Syarat nilai di University of Auckland adalah minimal 6.0 untuk IELTS Academic (tanpa ada bagian yang nilainya di bawah 5.5) atau 550 untuk TOEFL PBT (tes writing minimal 4.5 ) dan 80 untuk TOEFL iBT (tes writing minimal 20).

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Australasia

 

UCAT

 

Nilai yang baik di program pra-kedokteran bukan satu-satunya hal yang diperlukan untuk bisa masuk jurusan kedokteran di negara ini. Kamu juga harus mengikuti UCAT (University Clinical Aptitude Test), yaitu ujian yang digunakan untuk mengukur kelayakan pendaftar jurusan kedokteran dan kedokteran gigi di Inggris, Australia dan Selandia Baru.

 

Tes berbasis komputer ini berdurasi 2 jam dan menguji berbagai kemampuan mental yang perlu dimiliki para praktisi kedokteran dan kedokteran gigi. UCAT terdiri dari lima bagian yang berisi pertanyaan dalam format pilihan ganda. Tiap universitas di Selandia Baru memiliki batas nilai minimal UCAT tertentu yang disesuaikan tiap tahunnya

 

Nilai program pra-kedokteran memiliki bobot 67% dan nilai UCAT memiliki bobot 33% dalam sistem penerimaan mahasiswa kedokteran di University of Otago. Sementara itu, University of Auckland menerapkan bobot 60% untuk nilai program pra-kedokteran, 15% untuk nilai UCAT dan 25% untuk sesi wawancara.

 

Komunitas mahasiswa kedokteran di University of Auckland - Hotcourses Indonesia

Komunitas mahasiswa kedokteran di University of Auckland

(Sumber foto: AUMSA.org.nz)

 

Wawancara Di University Of Auckland

 

Berbeda dengan University of Otago, University of Auckland memiliki persyaratan tambahan berupa wawancara bagi para peminat jurusan kedokteran. Universitas ini menggunakan sistem Multiple Mini Interviews (MMI) untuk menilai potensi kinerja para pendaftar. Dalam sistem ini, para pendaftar akan menghadapi 6-10 panel wawancara singkat yang dilakukan di beberapa tempat berbeda. 

 

Para pewawancara akan menilai menggunakan perspektif holistik, namun ada beberapa keterampilan dan karakteristik yang memiliki nilai lebih, yaitu:

  • Komunikasi

  • Kualitas argumen

  • Berpikir kritis

  • Kreativitas

  • Tanggung jawab sosial

  • Keamanan budaya

  • Kesadaran akan masalah kesehatan

  • Penalaran moral

  • Kesadaran diri

  • Empati

  • Resolusi konflik

  • Pilihan karir

  • Kerja tim

  • Perawatan diri

Setiap panel wawancara hanya akan menilai dua hingga tiga elemen di atas, jadi kamu tidak perlu membahas/menunjukkan semuanya di tiap wawancara.

 

(Baca juga: MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK WAWANCARA MASUK UNIVERSITAS)

 

Biaya Kuliah

 

University of Otago mengenakan biaya NZD 36.272/tahun untuk program Health Sciences First Year dan NZD 80.000-91.000/tahun untuk program MBChB (biayanya akan meningkat di tahun-tahun akhir kuliah).

 

University of Auckland mengenakan biaya NZD 40.599/tahun untuk program Bachelor of Science in Biomedical Science, NZD 44.310/tahun untuk program Bachelor of Health Sciences dan NZD 77.328/tahun untuk program MBChB.

 

Kalau kamu membutuhkan beasiswa, kamu bisa menelusuri daftar lengkap semua beasiswa S1 yang tersedia di University of Otago dan semua beasiswa yang tersedia untuk jurusan kedokteran di University of Auckland.

 

Jangan lupa bahwa kamu juga bisa menggunakan alat Pencari Jurusan kami untuk menemukan jurusan kedokteran di negara-negara lain yang sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki.

 

Butuh informasi tambahan atau bantuan untuk kuliah kedokteran di Selandia Baru? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di luar negeri.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS

*biaya yang tercantum adalah biaya tahun ajaran 2020/2021

 

Sumber:

careers.govt.nz

blog.mytuition.nz

otago.ac.nz

auckland.ac.nz

Mencari jurusan

Selandia Baru
Sarjana

Wajib dibaca