Informasi penting
Inggris: Info Jurusan

KULIAH PARIWISATA BERKELANJUTAN DI INGGRIS DAN SKOTLANDIA

share image

Dengan semakin berkembangnya internet, kehidupan manusia juga menjadi semakin mudah. Hanya dengan sekali klik, kita bisa menonton video, berbelanja, mencari informasi dan masih banyak lagi. Salah satu hal yang juga menjadi makin mudah dilakukan adalah traveling. Kalau dahulu kita harus menggunakan biro perjalanan untuk mencari informasi destinasi liburan dan membeli tiket, sekarang semuanya bisa kita lakukan sendiri dengan biaya yang terjangkau. Selain itu, tempat-tempat wisata atau bersejarah yang sebelumnya jarang dikunjungi pelancong kini makin mudah kita akses berkat arus informasi dari internet.

 

Namun sayangnya perkembangan pariwisata secara global ini membawa masalah-masalah tertentu. Pertama-tama adalah dampak negatif pada lingkungan, contohnya peningkatan emisi CO2 dari moda transportasi pariwisata dan tergerusnya spesies flora dan fauna karena pengembangan akomodasi serta atraksi wisata. Di daerah-daerah tertentu, derasnya arus turis telah mengganggu gaya hidup penduduk asli dan menghalangi sumber penghasilan komunitas lokal karena uang yang semestinya bisa mereka dapatkan dari para pelancong justru mengalir ke pihak-pihak asing atau pihak korporat.

 

Dengan melihat masalah-masalah di atas, sudah jelas bahwa industri pariwisata global membutuhkan tenaga kerja ahli dalam bidang pariwisata berkelanjutan. Definisi dari pariwisata berkelanjutan ini adalah pariwisata yang mengundang semua pihak – terutama anggota masyarakat – untuk mengelola sumber daya dengan cara yang memenuhi kebutuhan ekonomi, sosial, dan estetika sambil memastikan keberlanjutan budaya lokal, habitat alam, keanekaragaman hayati, dan sistem pendukung penting lainnya. 

 

Kalau kamu terpanggil untuk mendalami bidang ini, UK (Britania Raya) bisa menjadi negara tujuan yang tepat untuk mengambil kuliah jurusan pariwisata yang ramah lingkungan dan budaya. Industri pariwisata adalah salah satu industri terbesar di UK - buktinya, 1 orang dari tiap 12 pekerja di sana berkecimpung dalam industri yang secara langsung atau tak langsung berhubungan dengan pariwisata. Selain itu, UK juga menempati posisi 3 besar dalam indeks pariwisata berkelanjutan global. Dengan berkuliah di negara ini, kamu tak hanya akan mendapatkan kualifikasi bertaraf internasional, tapi juga kesempatan magang dan bekerja yang melimpah.

 

Nah, kalau kamu sudah mantap mau mengambil jurusan ini di Britania Raya, tim Hotcourses akan merekomendasikan 4 program studi pariwisata berkelanjutan tingkat S2 yang bisa kamu ambil.

 

 

1. MSc Management and Sustainable Tourism 
University of Glasgow, Skotlandia

Durasi: 1 Tahun

Biaya: GBP 21.920

Program studi ini dirancang untuk memberi pemahaman tentang berbagai masalah kontemporer yang berdampak pada industri pariwisata. Kurikulumnya akan mengeksplorasi dimensi budaya, lingkungan dan keberlanjutan pariwisata di situasi pedesaan dan perkotaan. Para mahasiswa akan membahas masalah-masalah utama yang dihadapi masyarakat, pelaku industri dan pemerintah, dan mempelajari cara terbaik untuk mengembangkan potensi wisata tanpa membahayakan infrastruktur dan lingkungan di sekitarnya.

 

Program ini juga akan menyediakan pengetahuan teoritis tentang manajemen layanan dan pariwisata berkelanjutan, termasuk keterampilan yang bisa dipakai di dunia kerja nyata. Para mahasiswa akan dilatih untuk memiliki pendekatan kritis dan reflektif dalam mengidentifikasi peluang potensial dalam pariwisata dan pengelolaan operasionalnya untuk meraih masa depan yang berkelanjutan. Pada akhirnya, lulusan program ini diharapkan akan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan menyebarkan penawaran wisata yang menarik secara internasional.

 

 

 

 

2. MSc Cultural Heritage Management with Tourism
Heriot-Watt University, Skotlandia


Durasi: 1 Tahun
Biaya: GBP 16.400

Program ini adalah hasil gabungan keahlian Heriot-Watt University dalam bidang bisnis dan manajemen pariwisata dengan penelitian dari Pusat Penelitian Antarbudaya milik universitas ini, khususnya di bidang studi warisan budaya global. Universitas yang berlokasi di kota Edinburgh ini akan membimbing mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan khusus di bidang warisan budaya dan manajemen sumber daya, dengan fokus pada pariwisata. Dengan kurikulum berpandangan global, program ini memanfaatkan industri warisan budaya yang berkembang pesat di Edinburgh dan berbagai hubungan budaya yang telah dijalin oleh kota tersebut dengan komunitas internasional.

 

Mahasiswa akan mempelajari cara menerapkan konsep-konsep teoritis utama dari studi warisan budaya, studi antar budaya dan manajemen bisnis ke objek warisan budaya yang penting atau menarik bagi turis. Ini bertujuan agar para lulusan bisa menerapkan strategi bisnis yang sukses untuk mendukung pengembangan warisan budaya yang berkelanjutan dan agar mereka tetap peka terhadap kode profesional terkini untuk merawat warisan budaya benda dan takbenda. 

 

 

3.  MSc Responsible Tourism Management
Leeds Beckett University, Inggris

Durasi:  1 Tahun

Biaya: GBP 13.000

Program ini bertujuan menciptakan tenaga kerja level manajerial yang mampu menerapkan strategi pariwisata yang bertanggung jawab dalam bidang pemasaran, operasional dan pengembangan produk. Para mahasiswa akan mendalami industri pariwisata domestik dan internasional, yang akan membawa pemahaman bahwa prinsip-prinsip pariwisata yang bertanggung jawab bisa berlaku di berbagai situasi dan lokasi. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar cara merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi kebijakan dan praktik pariwisata yang bertanggung jawab.

 

Program yang telah diakreditasi oleh tedQual ini akan meningkatkan kemampuan mahasiswanya beroperasi secara efektif di tingkat strategis dalam organisasi konservasi serta di sektor publik dan swasta. Setelah lulus, para alumni akan memiliki keahlian dan kepercayaan diri untuk merancang, mengimplementasikan dan mengelola program pariwisata yang bertanggung jawab.

 

(Baca juga: TEMPAT PALING PAS UNTUK KULIAH PERHOTELAN & PARIWISATA)

 

 

4. MSc Ecotourism
Edinburgh Napier University, Skotlandia

Durasi:  1 Tahun

Biaya:  GBP 16.386

Program ini disusun berdasarkan pengalaman para staf dalam industri pariwisata berbasis alam dan konservasi satwa liar untuk mengembangkan mata pencaharian berkelanjutan melalui konservasi masyarakat dan sumber daya alam. Dengan adanya konsep ecotourism/ekowisata ini, masyarakat bisa memperoleh manfaat dari aspek ekonomi dan sosial pariwisata sambil mengurangi dampak terhadap lingkungan dan satwa liar.

 

Program ini memiliki kerangka kerja sains dengan tambahan perspektif bisnis untuk memberi mahasiswanya latar belakang ekologis yang akan membantu mereka mengambil keputusan manajemen. Pemahaman tentang keanekaragaman organisme hidup dan taksonominya adalah komponen inti dari program ini, bersama dengan pengertian akan dampak manusia terhadap lingkungannya. 

 

 

Prospek Kerja

 

Profesi yang bisa dijalani lulusan jurusan ini antara lain:

Staf Kementerian Pariwisata

Konsultan Pariwisata Berkelanjutan

Manajer Produk di Biro Perjalanan Wisata

Pendidik Konservasi Lingkungan

Manajer LSM Lingkungan Hidup

Pemandu Wisata 

 

 

Sudah menemukan jurusan pariwisata yang ideal dari daftar di atas? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education mengenai pendaftaran di universitas pilihanmu.

 

*biaya yang tercantum adalah biaya untuk tahun ajaran 2020/2021

 

Sumber:

BuildAbroad.org

BritishDestinations.co.uk

TravelWeekly.co.uk

Study in the UK

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

DOWNLOAD

Mencari jurusan

Inggris
Pascasarjana

Wajib dibaca

INDUSTRI PARIWISATA DAN PERHOTELAN PADA KONDISI EKONOMI SAAT INI

Industri pariwisata dan perhotelan sepertinya sedang kembali meningkat terlepas dari prediksi bahwa kondisi ekonomi cenderung surut. Kami mewawancarai seorang pakar di industri ini mengenai kondisi saat ini sektor perhotelan.   Industri pariwisata dan perhotelan sepertinya sedang kembali meningkat terlepas dari prediksi bahwa kondisi ekonomi cenderung surut. Bukan hanya karena para wisatawan menjadi lebih mengerti akan pilihan dan permintaan

32.8K

TESOL & Applied Linguistics di London Metropolitan University (Inggris)

Mengajarkan Bahasa Inggris kepada orang lain adalah sebuah pekerjaan mulia yang memerlukan kesabaran tinggi – Anda bisa membantu orang lain untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Untuk menempati posisi ini diperlukan karakteristik yang spesial dan kualifikasi TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages). Sebenarnya para mahasiswa internasional yang lulus dari program TESOL bisa menjadi guru Bahasa Inggris yang baik.   Mereka bisa

13.9K