Informasi penting
Inggris: Info Jurusan

Program Foundation di Inggris – Langkah Menuju Gelar yang Sempurna

share image
2032

Studi tingkat Foundation menciptakan suatu bagian antara kualifikasi-kualifikasi yang kamu miliki dan kualifikasi-kualifikasi yang kamu perlukan untuk mendaftar jurusan di tingkat sarjana (penuh waktu) di Inggris. Kualifikasi-kualifikasi tersebut sangat membantu bila kamu tidak bisa memenuhi persyaratan-persyaratan masuk langsung ke universitas yang kamu minati, namun masih menjadi impian kamu.

 

Gelar foundation memberikan kamu kualifikasi dasar serta pemahaman yang diperlukan untuk diterima di jurusan tingkat sarjana.

 

Terdapat ratusan jurusan-jurusan untuk gelar Foundation yang tersedia di seluruh penjuru dunia dan jurusan-jurusan tersebut mencakup jajaran besar subyek – dari teknik dan e-commerce, dari kesehatan sampai kepedulian social, atau keperawatan hewan.

 

Mengapa Kuliah Program Foundation di Inggris?

Kuliah jurusan foundation di Inggris sangat bagus karena di negara tersebut, terdapat banyak sekali penyedia program yang unggul yang bisa menawarkan program tersebut. Namun, berikut ini adalah beberapa alasan-alasan utama mengapa kamu harus mempertimbangkan program foundation:

  1. Program ini memberi kamu rute penerimaan ke dalam jurusan bergelar di institusi-institusi kelas dunia – sehingga kamu bisa menghindari pengulangan studi tingkat lanjut seperti A Level.
  2. Ideal untuk mahasiswa internasional yang memiliki kesulitan-kesulitan Bahasa, karena kamu bisa memperbaiki Bahasa Inggris kamu sebelum terjun ke dalam penulisan esai dan teknik-teknik pembelajaran pengujian lainnya.
  3. Adaptasi tinggal di area kuliah akan jauh lebih mudah. Karena program foundation memberimu satu tahun untuk tinggal di kota yang kamu inginkan sebelum pindah ke jurusan sarjana, kamu akan memiliki 12 bulan penuh untuk tinggal di kota tersebut, bertemu teman-teman baru dan memahami budaya sehingga kamu memiliki transisi yang lancar untuk studi selanjutnya.

 

Bagaimana cara kerjanya?

Baik mahasiswa Inggris dan internasional bisa menjalani gelar ini – di mana berlangsung selama tiga semester (satu tahun penuh) untuk durasinya (walaupun beberapa universitas menawarkan program foundation yang hanya membutuhkan dua semester). Penilaian biasanya dilakukan sepanjang program tersebut melalui esai-esai, presentasi, kerja kelompok, dll. Dan terkadang dengan ujian akhir semester.

 

Pada akhir tahun, kamu akan menerima hasil akhirmu. Ujian dan penilaian sama dengan A-level dalam bentuk kredit atau 4 tingkat – ini artinya bahwa hanya dengan kehadiran, program foundation tidak akan memberikan tempat di jurusan gelar sarjana; kamu juga harus lulus.

 

Lihat Daftar Lengkap Semua Jurusan Pathway

 

 

 

Persyaratan Masuk

Kualifikasi-kualifikasi masuk untuk jurusan foundation dan pathway sangat bervariasi di seluruh negara Inggris. Biasanya, mahasiswa internasional diharapkan untuk telah menyelesaikan paling tidak 12 tahun pendidikan tingkat sekolah di negara asal mereka sebelumnya. Beberap institusi mensyaratkan mahasiswa-mahasiswa tersebut untuk telah mencakup silabus dasar dari sekolah menengah atas (contonya; bila memiliki Science Foundation Year, mahasiswa bersangkutan harus telah mengambil studi sains sebelumnya).

 

Program-program Foundation membutuhkan skor IELTS 4.5 sampai 6.0. Lihat di tautan ini untuk info rinci mengenai kapan dan di mana ujian IELTS dilaksanakan. Kemampuan Bahasa Inggris bisa diperbaiki dengan cara menghandiri sekolah musim panas atau kursus Bahasa Inggris sebelum program foundation mulai.

 

Terus memantau hukum-hukum imigrasi terbaru sangatlah penting, karena kamu tidak diperbolehkan untuk memperpanjang izin tinggal di Inggris untuk lebih dari dua tahun dalam kursus-kursus yang ada di bawah tingkat gelar dan yang berdurasi kurang dari satu tahun. Pastikan untuk memeriksanya dengan institusi yang bersangkutan.

 

Cara Mendaftar

Cara ideal untuk mendaftar program foundation adalah melalui UCAS setelah menyeleksi jurusan dan memastikan untuk menyelesaikan formulir pendaftaran sebelum tanggal penutupan, pada umumnya bulan Juni untuk awal kuliah September.  

Prosedur langsung lainnya untuk mendaftar adalah melalui Hotcourses, hanya dengan 2 langkah berikut:

 

Baca artikel berikut ini bila kamu perlu panduan untuk memilih jurusan kuliah di luar negeri dengan Hotcourses Indonesia.

 

Ada beberapa proses Clearing yang dilaksanakan melalui UCAS di bulan Agustus dan September di mana universitas-universitas memiliki beberapa tempat yang belum terisi, sehingga mereka bisa menawarkannya kepada mahasiswa-mahasiswa yang sebelumnya belum mendaftar. Clearing juga berguna bila kamu masih belum yakin tentang universitas yang menjadi pilihan utama – untuk itu, penting untuk kamu lihat sebagai pilihan.

 

Sudah yakin tentang gelar foundation? Yuk, mulai melihat-lihat prospek melalui pilihan-pilihan berikut ini!

Study in the UK

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

DOWNLOAD

Mencari jurusan

Inggris
Sarjana
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

INDUSTRI PARIWISATA DAN PERHOTELAN PADA KONDISI EKONOMI SAAT INI

Industri pariwisata dan perhotelan sepertinya sedang kembali meningkat terlepas dari prediksi bahwa kondisi ekonomi cenderung surut. Kami mewawancarai seorang pakar di industri ini mengenai kondisi saat ini sektor perhotelan.   Industri pariwisata dan perhotelan sepertinya sedang kembali meningkat terlepas dari prediksi bahwa kondisi ekonomi cenderung surut. Bukan hanya karena para wisatawan menjadi lebih mengerti akan pilihan dan permintaan

31315

TESOL & Applied Linguistics di London Metropolitan University (Inggris)

Mengajarkan Bahasa Inggris kepada orang lain adalah sebuah pekerjaan mulia yang memerlukan kesabaran tinggi – Anda bisa membantu orang lain untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Untuk menempati posisi ini diperlukan karakteristik yang spesial dan kualifikasi TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages). Sebenarnya para mahasiswa internasional yang lulus dari program TESOL bisa menjadi guru Bahasa Inggris yang baik.   Mereka bisa

13601