Informasi penting
Study abroad: Before you leave

6 ALASAN MENGAPA KAMU HARUS BELAJAR DI LUAR NEGERI

share image

Belajar di luar negeri adalah cita-cita yang sedang naik daun, ratusan ribu siswa melintasi negara, benua, dan lautan untuk mendapatkan pendidikan terbaik. Tetapi mengapa memilih tujuan universitas di negara lain?

 

Belajar di luar negeri memiliki banyak manfaat luar biasa, dari membantumu menemukan pekerjaan yang baik hingga meningkatkan kehidupan sosial. Masih tidak yakin? Maka di sini adalah 8 alasan utama mengapa Anda harus belajar di luar negeri.

 

Sebuah tantangan

 

Mungkin ini merupakan alasan awal yang terlalu ekstrem, tetapi harus diakui bahwa belajar di luar negeri tidak selalu mudah. Ada tantangan unik yang datang dengan pergi ke luar negeri untuk belajar, tetapi itu semua adalah bagian dari kesenangan dan pengalaman.

 

 

Kamu mungkin memiliki ketakutan sebelum meninggalkan Indonesia, tetapi jangan khawatir: itu benar-benar alami. Melangkah keluar dari zona nyamanmu adalah salah satu hal yang membuat seluruh pengalaman begitu berharga dan berharga. Lagi pula, jika kamu dapat bepergian ke luar negeri untuk belajar, maka kamu dapat melakukan apa saja.


 

Merasakan budaya yang berbeda

 

Salah satu keuntungan terbesar belajar di luar negeri bagi banyak siswa internasional adalah kesempatan untuk masuk dalam lingkungan yang berbeda. Pengalaman yang memperkaya ini akan memungkinkan kamu untuk melihat dan melakukan hal-hal yang tidak kamu pikirkan sebelumnya, dan bertemu orang-orang yang berasal dari budaya yang berbeda.

 

 

Misalnya, ketika tinggal di luar negeri kamu akan dapat mencoba makanan baru, mendengar musik tradisional, melakukan kegiatan lokal, dan menjelajahi segala hal lain yang ditawarkan budaya negara tujuanmu. Menarik untuk belajar melihat budaya Anda sendiri melalui mata orang lain - kamu bisa belajar banyak tentang dirimu dan negara asalmu dengan cara ini!


 

Pendidikan berkualitas tinggi

 

Tentu saja, di mana pun kamu belajar, tujuanmu akan selalu untuk mendapatkan kualitas pendidikan setinggi mungkin. Menjadi siswa internasional dapat sangat memperluas pilihan studimu.

 

 

 

Seringkali, pilihan terbaik bagi Anda adalah belajar di universitas asing. Misalnya, Inggris, AS, dan Australia semuanya sangat menghargai sistem pendidikan tinggi, dan sebagian besar universitas berperingkat tertinggi dunia ada di beberapa negara ini.

 

 

Belajar bahasa baru

 

Satu manfaat besar belajar di luar negeri adalah kesempatan untuk belajar bahasa baru. Belajar bahasa bisa menjadi tantangan, tetapi tidak ada tempat untuk belajar bahasa selain di mana bahasa itu digunakan sehari hari.

 

Karena bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan secara universal, akan sangat menguntungkan untuk belajar di negara seperti Amerika Serikat atau Inggris. Anda akan dapat belajar dalam bahasa Inggris, berbicara dengan penduduk setempat dan benar-benar mengembangkan keterampilan bahasa kamu.


 

Kesempatan berkarir

 

Alasan utama untuk mendapatkan gelar sejak awal adalah untuk meningkatkan prospek karir. Dalam dunia yang terglobalisasi dan terhubung dengan baik, perusahaan semakin menghargai lulusan dengan pengalaman dan pendidikan internasional.

 

 

Belajar di luar negeri membantumu mempelajari bahasa baru, menghargai budaya lain, mengatasi tantangan hidup di negara lain dan mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang dunia. Ini semua adalah hal-hal yang dicari oleh bisnis modern ketika mempekerjakan, dan sifat-sifat seperti itu hanya akan menjadi lebih penting di masa depan.


 

Mendapatkan teman baru

 

Ke mana pun dirimu pergi, pasti akan bertemu banyak orang baru dan mendapatkan teman baru yang semuanya berada di posisi yang sama denganmu. Ketika belajar di luar negeri, kamu memiliki kesempatan unik untuk berteman dengan orang-orang dari semua jenis budaya yang berbeda, dan belajar tentang negara dan kebiasaan lain.

 

 

Banyak persahabatan seumur hidup dimulai di universitas, dan kamu akan bisa hidup, belajar, dan bepergian bersama selama studi. Juga sangat bermanfaat untuk mengenal orang-orang di berbagai negara di dunia - terutama setelah lulus!

 

 

 

Baca juga:

8 TIPS SUKSES BELAJAR DI LUAR NEGERI 

MEMAHAMI SISTEM PENDIDIKAN DI INGGRIS - CERITA DARI ANINDYA KUSUMA PUTRI

5 PROSPEK KARIR UNTUK LULUSAN JURUSAN PARIWISATA

 
 

Wajib dibaca