Informasi penting
Study abroad: Before you leave

8 TIPS SUKSES BELAJAR DI LUAR NEGERI

TIPS SUKSES BELAJAR DI LUAR NEGERI

Kesuksesan hadir karena adanya usaha pengembangan diri dan disiplin dalam menerapkan kebiasaan belajar yang efektif. 

 

Mahasiswa yang sukses saat belajar di luar negeri tahu kapan harus fokus pada mata kuliah, juga kapan harus mengambil rehat. Manajemen waktu yang rapi, dengan disiplin yang ketat pada jadwal-jadwal yang disusun sendiri. Ketika waktunya belajar, mereka akan menaruh perhatian penuh. Begitu pun dengan hal - menyenangkan seperti traveling, dan hobi lainnya.

 

 

Belajar di luar negeri adalah langkah besar, bagaimana kamu dapat memaksimalkannya? Berikut tips sukses belajar di luar negeri untuk kamu.

 

1. Ingatlah Bahwa Kamu Tidak Sendirian

 

Banyak siswa internasional dalam keadaan yang sama. Mereka juga meninggalkan rumah dan mungkin berbagi ketakutan yang sama dengan kamu. Jadi saat menjalin pertemanan baru, jangan malu untuk membuka diri. Kamu berdua akan senang untuk melakukan langkah awal yang baik secara bersama-sama.

 

 

2. Belajar dengan Sunguh-sungguh

 

Kamu hanya dapat bersantai sepenuhnya ketika kamu tahu bahwa kamu layak mendapatkannya. Dengan tetap mengutamakan belajar, kamu akan merasa percaya diri di kelas dan bebas stres dari tugas-tugas yang ada. 

 

 

3. Bergaul 

 

Carilah teman-teman dari berbagai tempat sebanyak mungkin. Pelajari tentang budaya mereka dan ceritakan budaya kamu juga. Kamu akan terkejut dengan semua persamaan dan perbedaan yang ada! Nikmati malam bersama teman-teman kamu dan pastikan untuk mengunjungi tempat-tempat menarik bersama mereka di akhir pekan. Belajar itu penting, bergaul dengan teman juga penting, buatlah semuanya seimbang. 

 

 


4. Pengalaman Apapun Adalah Pengalaman yang Baik 

 

Perlakukan setiap pengalaman (baik atau buruk) sebagai perjalanan belajar yang akan membantu kamu tumbuh dan menjadikan kamu orang yang lebih baik di masa depan. Tetap positif dan manfaatkan waktu kamu untuk belajar di luar negeri.

 

 

5. Hadiri Semua Pertemuan 

 

Menonton Netflix jauh lebih menyenangkan daripada menghadiri pertemuan. Namun, siswa yang menjadwalkan dan menghadiri pertemuan (untuk persetujuan kursus, bantuan keuangan, janji visa, pra-keberangkatan dan sejenisnya) memiliki tingkat keberhasilan yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang tidak menghadiri pertemuan apa pun..

 

6. Berkomunikasi 

 

Siswa yang sukses selalu menjawab email dan bertujuan untuk menjalin hubungan dekat dengan penasihat, keluarga atau teman sekamar di asrama, dan teman sekelas mereka. Siswa yang sukses juga selalu mendiskusikan apa saja yang ada di pikiran mereka secara terbuka.


 


 

7. Temukan Keseimbangan Antara Kuliah dan Waktu Luang Kamu

 

Alasan utama bagi siswa internasional untuk belajar di luar negeri adalah untuk mempelajari keterampilan dan mendapatkan gelar. Oleh karena itu, memiliki jadwal belajar dengan semua tanggal penting adalah ide yang bagus. Ini akan membantu kamu untuk memprioritaskan waktu belajar kamu dan tetap teratur. Namun, penting juga untuk memberi otak kamu istirahat dan melakukan sesuatu yang kamu sukai. Saran terbaik adalah memanfaatkan waktu belajar kamu sebaik mungkin, dan rencanakan waktu luang kamu secara tepat agar kamu dapat memberikan diri kamu waktu yang seimbang antara belajar dan bersantai

 

 

 

 

8. Minta Bantuan jika Kamu Mengalami Stres Saat Belajar di Luar Negeri

 

Menghadapi tantangan dan stres ketika belajar di luar negeri cukup normal. Namun, jika kamu tidak menanganinya dengan baik, maka hal ini dapat memiliki efek buruk pada kinerja kamu loh! Jika kamu membutuhkan dukungan dan bantuan positif, sebaiknya tanyakan kepada dosen atau teman kamu dan bicarakan dengan mereka tentang stres yang kamu alami. Tetap istirahat, sempatkanlah untuk berolahraga, dan habiskan waktu bersama teman-teman kamu. Kamu juga harus memeriksa apakah asuransi kesehatan kamu akan membayar untuk klaim yang berhubungan dengan penyakit mental. Siswa yang memiliki tingkat stress yang tinggi memiliki peluang yang kecil untuk sukses saat belajar di luar negeri, jadi penting untuk mengatur pikiran dan emosimu saat belajar di luar negeri.

 

 

 

 

 

Baca juga:

8 TIPS UNTUK BERBAUR DENGAN WARLOK (WARGA LOKAL) DI MALAYSIA

5 TIPS UNTUK MENGATASI STRESS SAAT UJIAN

5 JURUSAN DENGAN TINGKATAN STRESS YANG RENDAH

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

TIPS SUKSES BELAJAR DI LUAR NEGERI

Wajib dibaca