Informasi penting
Study abroad: Before you leave

8 TIPS MEMBUAT CV MENARIK

share image

CV atau curriculum vitae adalah dokumen pemasaran pribadi yang digunakan untuk melamar pekerjaan kepada calon pemberi kerja. Tidak ada cara yang benar atau salah dalam membuat  CV tetapi ada beberapa bagian umum yang tidak boleh kamu lupakan. Bagaimana cara membuat CV yang menarik? Berikut tipsnya untuk kamu.

 

 

Meskipun struktur CV fleksibel & bergantung pada keahlian dan pengalaman unik kamu, ada bagian-bagian tertentu yang diharapkan perekrut untuk dapat dilihat pada CV kamu. Ini termasuk: informasi pribadi dan kontak, pendidikan dan kualifikasi, riwayat kerja atau pengalaman, keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar, minat, prestasi, serta hobi. Sertakan juga profil LinkedIn kamu atau situs blog di mana perekrut dapat mengetahui lebih banyak tentang kamu.

 

Tampilan

 

CV yang menarik selalu disajikan dengan cermat dan jelas. Tata letak harus selalu bersih dan terstruktur dengan baik. Pilihan font dan tata letak kamu adalah kunci untuk memastikan perekrut tetap membaca CV kamu.  Gunakan format yang simple dan sederhana agar CV kamu mudah dibaca.

 

 

Keterampilan

 

Buatlah catatan dan buat poin-poin penting, sorot semua yang kamu kuasai. Isi CV kamu dan sesuaikan dengan keterampilan yang kamu miliki. Jangan lupa menyebutkan keterampilan utama yang dapat membantu kamu menonjol dari pelamar yang lain. Ini dapat mencakup: keterampilan komunikasi, keahlian komputer, kerja tim, pemecahan masalah atau bahkan berbicara bahasa asing.

 

 

Manfaatkan pengalaman sebaik-baiknya

 

CV kamu harus menunjukkan perpaduan unik antara keterampilan dan pengalaman. Pastikan kamu menyertakan contoh kesuksesan komersial, penyelesaian masalah atau pencapaian manajemen. Gunakan bahasa yang tegas dan positif pada bagian riwayat pekerjaan dan pengalaman, seperti menggunakan kata "terorganisir" atau "tercapai".

 

Cobalah untuk menghubungkan keterampilan yang telah kamu pelajari dengan peran pekerjaan yang kamu lamar. Benar-benar memahami pengalaman berharga yang kamu peroleh dari posisi kerja sebelumnya akan sangat bermanfaat dalam pembuatan CV yang menarik. 

 

 

 

Objektif 

Dalam 1 atau 2 kalimat, rangkumlah dan tekankan alasan utama mengapa perekrut harus mempekerjakan kamu dan tulis jalur karier masa depan yang kamu inginkan. Kata-kata kamu harus mengalir dengan lancar & hindari kalimat yang berlebihan.

 


 

Referensi

Referensi harus datang dari seseorang yang telah mempekerjakan kamu sebelumnya dan dapat menjamin keterampilan dan pengalaman kamu. Jika kamu belum pernah bekerja sebelumnya, kamu boleh menggunakan guru atau tutor. Sertakan alamat email dan nomor telepon mereka yang dapat dihubungi oleh perekrut untuk referensi.

 

Prestasi 

Cantumkan prestasi akademik / profesional kamu untuk membedakan & membuat diri kamu lebih menonjol dari kandidat lain.

 

 

Minat

Sertakan minat kamu jika relevan dengan soft skill yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang kamu lamar.

 

 

Selalu perbarui CV kamu

Sangat penting untuk meninjau CV kamu secara teratur dan menambahkan keterampilan atau pengalaman baru yang belum kamu cantumkan. Misalnya, jika kamu baru saja melakukan pekerjaan sukarela atau mengerjakan proyek baru, pastikan pengalaman mu ada di sana.

 
 

 

 

Baca juga:

5 TIPS UNTUK PRESENTASI YANG LANCAR DI KAMPUS

4 TIPS UNTUK SELALU TETAP SEHAT SEWAKTU KULIAH

TIPS UNTUK MERENCANAKAN KARIR SEBELUM LULUS KULIAH

Wajib dibaca