Informasi penting
Study abroad: Before you leave

TIPS ANTI MAGER SETELAH LIBURAN

share image

Membuka buku pelajaran atau tugas kuliah sepertinya berat untuk dilakukan setelah libur panjang. Setelah berlibur untuk waktu yang lama, segala sesuatu yang berhubungan dengan rutinitas bisa sangat sulit untuk dilakukan, sepertinya tidak ingin kembali ke kenyataan, tetapi kamu tahu kamu harus melakukannya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat  membantumu untuk keluar dari kemalasan setelah libur panjang:

 

Komitmen

Bagi sebagian orang, belajar bukanlah hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan, tetapi kita semua ingin berhasil dalam studi dan lulus sesegera mungkin. Ingatlah selalu akan hal itu! Pada akhirnya, kamu berkuliah untuk menuju sesuatu yang bermanfaat di masa depan.

 

 

Sadarilah bahwa malas setelah liburan sangat normal

Liburan dapat menjadi istirahat yang menyenangkan. Kesempatan untuk memiliki ruang dan waktu untuk berpikir, bersantai dan menikmati keindahan untuk diri sendiri sangat berharga. Karena itu, penting untuk mengenali perasaan-perasaan malas sebagaimana adanya.

 

 

Memahami mengapa kita merasa lelah setelah liburan adalah langkah pertama untuk memerangi rasa malas yang dapat menemani kamu saat kembali. Tidak ada yang mau memikirkan email, tugas & tenggat waktu setelah liburan. Namun, itu tidak bisa dihindari, terutama jika kamu ingin bertahan di hari-hari pertama kembalinya kamu ke rutinitas tanpa mengalami kejenuhan. 

 

Jangan langsung kembali ke rutinitas setelah liburan selesai

Setiap orang membutuhkan waktu untuk kembali ke alur segalanya. Jika bisa, kembalilah satu atau dua hari lebih awal sebelum jadwal kuliah mu dimulai untuk bersantai dan memulihkan diri sebelum kembali kuliah. Fokus untuk memberi waktu pada pikiranmu untuk menyesuaikan diri. Jika tidak, kamu akan mengalami kelelahan yang harus dihadapi saat kembali beraktivitas.

 

 

Bawalah oleh-oleh

Oleh-oleh adalah kenang-kenangan pribadi yang luar biasa yang dapat mengingatkan kamu tentang tempat kamu berlibur. Sembuh dari kelelahan bisa sesederhana mengenang. Mengenang liburan membawa kamu pada kesenangan yang luar biasa. Ini memungkinkan semua perasaan positif kamu mengalir kembali & kemudian dapat mengubah itu menjadi energi untuk membuatmu semangat menjalani hari-hari.

 

 

Berinteraksi dengan orang lain

Meninggalkan rumah setiap hari selama 30 menit atau lebih dapat berdampak besar pada konsentrasi kamu. Selain itu, beberapa teman yang kamu temui mungkin akan bertanya tentang liburanmu. Boleh saja membicarakannya, kamu tidak perlu menahan diri karena takut terlihat seperti sedang menyombongkan diri.

 

 

Kamu juga harus memulai untuk bertanya kepada teman-temanmu tentang liburan berikutnya atau liburan sebelumnya yang mereka kenang. Kamu akan terkejut betapa banyak orang suka berbicara tentang perjalanan masa lalu mereka juga. Percakapan seperti ini membantumu membentuk ikatan dengan temanmu & akan membuatmu semakin semangat untuk kembali beraktivitas.

 

Beristirahatlah di siang hari

Berbaik hatilah kepada diri sendiri dan ingatlah bahwa kamu layak mendapatkan liburan dan waktu yang diperlukan untuk pulih darinya. Biarkan dirimu istirahat, bahkan ketika kamu mencoba untuk menjadi lebih aktif lagi. Nikmati secangkir teh, jalan-jalan, dan dengarkan musik. Istirahat pada waktu yang wajar sehingga kamu dapat memulai hari berikutnya dengan segar dan bugar. Fokus pada satu hal pada satu waktu.

 

 

Baca juga:

4 TIPS UNTUK SELALU TETAP SEHAT SEWAKTU KULIAH

JURUSAN KULIAH YANG POPULER DI KALANGAN MAHASISWA INTERNASIONAL DI AUSTRALIA

JURUSAN KULIAH DAN KARIR YANG COCOK UNTUK ORANG YANG KREATIF

Wajib dibaca