Informasi penting
Study abroad: Before you leave

TIPS MEMILIH JURUSAN KULIAH AGAR TEPAT MENGAMBIL KEPUTUSAN

kumpulan tips penting dalam memilih jurusan kulah di luar negeri

Memilih jurusan bisa menjadi keputusan yang sulit. Mahasiswa saat ini didorong untuk menimbang beberapa faktor sebelum memilih area fokus untuk program gelar empat tahun. Hal-hal utama dan penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih jurusan adalah biaya program keseluruhan, ekspektasi prospek kerja dan gaji, tingkat pekerjaan untuk karyawan di lapangan dan peluang tingkat lanjut. Kami telah merangkum 5 tips memilih jurusan kuliah agar tepat dalam memilih.

 

 

Yakinlah terhadap jurusan mana yang merupakan pilihan terbaik bagi kamu secara finansial, profesional dan pribadi. Jurusan yang kamu pilih bisa dibilang merupakan keputusan paling penting yang akan kamu buat di perguruan tinggi, terutama karena hal itu dapat mempengaruhi pilihan karir kamu setelah lulus. Tahun-tahun awal kamu adalah waktu yang tepat untuk mengeksplorasi minat kamu dan mencari tahu apa yang kamu sukai. Berikut adalah kiat-kiat terbaik dalam memilih jurusan yang tepat untuk kamu.

 

Renungkan apa yang membuat kamu tertarik

Langkah pertama dalam memilih jurusan yang tepat adalah menentukan apa yang paling menarik minat kamu. Pelajari siapa kamu dan apa yang kamu sukai. Untuk membantu mengidentifikasi apa yang kamu suka, refleksikan pengalaman masa lalu kamu, pekerjaan yang telah kamu lakukan, dan subjek yang kamu sukai, untuk menentukan di mana passion kamu berada. Luangkan waktu dan pikirkan apa yang kamu kuasai. 

 

 

Tes jurusan dengan mengambil kursus pengantar

Cobalah jurusan dengan mengambil kursus pengantar. Dengan mendaftar di kursus pengantar kamu dapat mengetahui jurusan apa yang cocok untuk kamu. Sebagai contoh, jika kamu tertarik pada bisnis, daftarkan diri dalam manajemen pengantar atau kursus pemasaran. Jika itu mengganggu minat kamu, pertimbangkan untuk mengambil lebih banyak kelas bisnis. Jika tidak cocok, maka ambillah kelas-kelas lain yang menurutmu bermanfaat.

 

 

Minta bantuan dari penasihat dan mereka yang mengenal kamu dengan baik

Meskipun pada akhirnya kamu yang akan menentukan jalur akademismu, teman dan profesor kamu juga bisa menjadi masukan yang baik. Temukan guru yang menginspirasi, memotivasi, dan mendorong kamu untuk bekerja keras dan bersemangat dengan  pengalaman akademis kamu. Setelah kamu menggali sendiri, pastikan untuk mencari bantuan dari penasihat akademik dan penasihat karir. 

 

 

Periksa persyaratan gelar

Setelah kamu mempersempit fokus kamu ke beberapa jurusan, lihat persyaratan gelar, silabus, dan kursus yang relevan untuk masing-masing jurusan. Apakah kamu memiliki cukup waktu untuk menyelesaikannya bersama dengan persyaratan utama tahun junior dan senior kamu? Nilailah pikiran dan perasaan kamu saat membaca persyaratan, gunakan itu sebagai panduan yang akan mengarahkan kamu menuju atau menjauh dari bidang studi tertentu.

 

 

Ikuti Impianmu

Ketika siswa mengambil jurusan yang menarik minat mereka dan mereka bersemangat, mereka lebih suka terlibat sepenuhnya dengan materi yang mereka pelajari. Penting untuk melakukan apa yang kamu sukai. Beberapa siswa memilih untuk melamar sekolah kedokteran atau sekolah hukum atau bahkan mengejar bisnis karena orang tua mereka menganggap bahwa jurusan dan  karir akan menjamin pekerjaan setelah lulus.

 

 

Tantangannya adalah tidak peduli berapa banyak uang yang harus dihasilkan di bidang-bidang itu, jika kamu tidak dapat menyelesaikan kurikulum dengan sukses atau sengsara di kelas-kelas itu, kamu tidak akan dapat dipekerjakan atau bahagia. Bicarakan masalah ini dengan penasihat kamu, mereka akan membantu kamu menemukan peluang yang tepat.

 

 

 

Baca juga:

5 JURUSAN DENGAN TINGKATAN STRESS YANG RENDAH

JURUSAN KULIAH DAN KARIR YANG COCOK UNTUK ORANG YANG KREATIF

10 JURUSAN S1 DENGAN PROSPEK KERJA PALING BAGUS

 

Wajib dibaca