Informasi penting
Study abroad: Before you leave

Tips Mengelola Keuangan Saat Belajar di Eropa

share image

Belajar di Eropa dapat menjadi petualangan yang mengubah hidup nyata bagi siswa asal Indonesia. Kamu tidak hanya akan menemukan budaya yang berbeda, tetapi kamu harus mengambil semua tanggung jawab hidup mandiri. Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi siswa Indonesia ketika belajar di Eropa adalah keuangan. Mungkin tidak tampak seperti masalah besar sebelum kamu pergi, tetapi begitu kamu berada di sana, kamu akan menyadari betapa mudahnya uangmu habis dengan hal-hal yang tidak kamu perlukan.

 

 

Itulah mengapa penting untuk memiliki rencana keuangan yang baik dan menemukan cara untuk menghemat saat kamu belajar di Eropa. Dengan cara ini, kamu tidak hanya akan mendapatkan pengalaman belajar di negara asing, tetapi juga mempelajari keterampilan menghemat uang dan tanggung jawab keuangan! 

 

Rencanakan Anggaranmu

 

Mungkin cukup sulit untuk merencanakan anggaran bahkan sebelum kamu tiba di tujuan, tetapi ini merupakan langkah yang berguna dalam memperkirakan pengeluaranmu dan mengendalikan keuangan mu saat di Eropa. Menyiapkan tabungan sebelum kamu belajar di Eropa adalah suatu keharusan yang dapat menyelamatkanmu dari sikap boros.

 

 

Akomodasi 

 

Bagian terbesar dari anggaranmu akan digunakan untuk membayar sewa akomodasi. Tergantung di mana kamu belajar di Eropa, harga sewa dapat berkisar dari yang murah hingga yang mahal. Wilayah Eropa Tengah memiliki biaya hidup yang lebih rendah, jadi menyisihkan uang untuk menyewa akomodasi di wilayah tersebut seharusnya tidak menjadi masalah besar.

 

 

Namun jika kamu belajar di kota-kota besar seperti London atau Paris kamu harus berusaha mengelola uang dengan sangat hati-hati. Temukan situs web paling populer untuk daftar akomodasi yang nyaman dan murah di tempat yang kamu tuju di Eropa agar kamu bisa menghemat. 

 

Masak Sendiri 

 

Memilih untuk makan di restoran akan membuat uangmu cepat habis. Sebaiknya beli bahan makanan dari toko lokal atau supermarket dan siapkan makananmu sendiri, kamu dapat menghemat banyak uang. Menurut Forbes, kamu bisa menghemat hingga 90% dengan memasak sendiri. Memasak sendiri tidak hanya baik untuk anggaranmu, tetapi juga lebih baik untuk kesehatan. 

 

 

Perhatikan Jebakan Turis

 

Saat berada di kota baru, semuanya tampak menarik. Kamu tidak ingin membuang waktu dan kehilangan peluang berharga. Kamu mungkin ingin membeli beberapa oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman mu di rumah, dan mungkin menghabiskan sebagian besar anggaranmu untuk ini.

 

 

Waspadai tempat-tempat yang memberi harga terlalu tinggi kepada pengunjung seperti restoran, kafe, bar, dan toko. Pergilah ke tempat-tempat di mana penduduk setempat pergi dan harganya wajar. Cobalah untuk menunda belanja sampai beberapa minggu terakhir dalam petualanganmu belajar di Eropa. Pada saat itu kamu sudah tahu di mana dapat menemukan barang-barang paling keren dengan harga yang pantas.

 

Gunakan Diskon Siswa Setiap Saat 

 

Siswa di Eropa dapat memanfaatkan banyak diskon yang memungkinkan mereka menghemat uang untuk semua jenis kegiatan dan produk. Banyak toko menawarkan diskon untuk siswa, jadi carilah toko mana yang menawarkan diskon dan belanjalah di sana. Kamu juga bisa mendapatkan diskon siswa untuk biaya masuk klub, tiket teater, film, pameran, dan banyak lagi. Dengan menggunakan diskon ini, kamu dapat berbaur dalam kehidupan sosial dan budaya yang ada disana.

 

 

Memiliki rencana, dan mencatat beberapa tips ini akan membantumu untuk tidak terlalu panik saat berpikir tentang keuangan sehingga kamu dapat fokus menikmati setiap detik dari pengalaman luar biasa mu di Eropa.

 

 

 

Baca juga:

5 UNIVERSITAS SWEDIA TERBAIK UNTUK JURUSAN TEKNIK

KULIAH PARIWISATA BERKELANJUTAN DI INGGRIS DAN SKOTLANDIA

5 SEKOLAH MUSIK TERBAIK DI INGGRIS

Wajib dibaca