Informasi penting
Study abroad: Prospek Karir

STUCK DI RUMAH? IKUTAN PROGRAM MAGANG VIRTUAL GRATIS AJA!

Stuck Di Rumah? Ikutan Program Magang Virtual Gratis Aja!

Pandemi COVID-19 (virus corona) yang tengah kita hadapi tak hanya mengganggu jalannya perkuliahan, namun juga berbagai aktivitas lain yang berhubungan dengan perencanaan studi dan karirmu. Salah satu aktivitas tersebut adalah program magang, sebuah program yang seringkali memiliki beban SKS dan menjadi syarat kelulusan. Dengan adanya berbagai pembatasan sosial, banyak universitas dan perusahaan akhirnya memutuskan untuk sementara menghentikan program magang. Nah, kalau kamu termasuk salah satu mahasiswa internasional yang sedang stuck di rumah dan bingung mencari lowongan magang di masa pandemi ini, sebenarnya ada solusi menarik untukmu: program magang virtual!

 

Magang virtual adalah program di mana para peserta magang bisa memperoleh pengalaman kerja di lingkungan profesional tanpa perlu hadir secara fisik di lokasi kerja. Program ini sebenarnya bukan hal yang baru, namun jumlah peminatnya kini meningkat karena magang virtual adalah opsi yang lebih aman di tengah pandemi. Jika kamu tertarik untuk mengikuti program magang seperti ini, tim Hotcourses Indonesia akan mendukungmu dengan membahas 4 situs penyedia magang virtual yang tidak memungut biaya sepeser pun dari mahasiswa internasional.

 

1. Forage

Halaman muka Forage, situs penyedia program magang virtual - Hotcourses Indonesia

Forage adalah salah satu situs web terbaik yang menyediakan magang virtual bagi mahasiswa. Forage bekerja sama dengan berbagai perusahaan dalam daftar Fortune 500 untuk menawarkan magang virtual gratis yang bisa diikuti di mana dan kapan saja, tanpa memerlukan izin kerja atau visa pelajar. Jenis pekerjaan magang yang ditawarkan Forage cukup beragam, mulai dari akuntansi, pengembangan software, perbankan, dan consulting. Beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan Forage antara lain adalah: JPMorgan, Deloitte, Accenture, dan Microsoft.

 

Program magang virtual dari Forage memiliki keunikan tersendiri, di mana para peserta program secara teknis tidak bekerja untuk perusahaan yang mereka pilih. Para peserta akan diberikan berbagai macam tugas yang mensimulasikan pekerjaan sehari-hari di perusahaan tersebut dengan menggunakan berbagai skenario yang terjadi di dunia kerja nyata. Setelah merampungkan tugas, para peserta akan diberikan contoh-contoh hasil tugas yang ideal agar mereka bisa melakukan evaluasi mandiri. Hal ini dimaksudkan agar para peserta bisa lebih memahami jalur-jalur karir yang terbuka untuk mereka dan membangun keterampilan kerja yang dibutuhkan dalam industri-industri tertentu. Karena program magang di Forage berbasis simulasi, maka situs ini tidak menyediakan program magang berbayar. 

 

Kamu hanya perlu mendaftar dengan menggunakan alamat email untuk bisa mengikuti berbagai program magang di Forage. Setelah menyelesaikan program magang virtual ini, kamu bisa menambahkan pengalaman tersebut ke CV dan profil LinkedIn-mu. Informasi lengkap mengenai situs ini bisa kamu baca di situs web Forage.

 

2. Practicum Digital

Halaman muka Practicum Digital, situs penyedia program magang virtual - Hotcourses Indonesia

Keterampilan teknologi termasuk keterampilan yang sangat dibutuhkan di masa mendatang. Jadi karir di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics / Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) punya prospek yang cukup menjanjikan. Kalau kamu adalah mahasiswa jurusan STEM yang sedang mencari kerja magang, kamu bisa mempertimbangkan program magang virtual Practicum Digital. Program ini bekerjasama dengan para kaum profesional di Silicon Valley untuk mengadakan program magang 8 minggu (10 jam/minggu) bagi para mahasiswa yang tertarik dengan industri teknologi.

 

Practicum Digital menyediakan lowongan magang di berbagai bidang, seperti desain produk UX / UI, data dan analitik, cryptocurrency, blockchain, dan desain aplikasi iOS dan Android. Jadi kemungkinan besar kamu akan bisa menemukan kemungkinan lowongan magang ideal untukmu di situs ini.

 

Pendaftaran program ini juga cukup mudah - kamu hanya perlu membuat akun dengan menggunakan alamat email dan kemudian membuat profil pribadi. Berdasarkan keahlian yang tercantum di profilmu, kamu akan dimasukkan ke dalam sebuah grup magang yang berisi 12 peserta. Kamu dan anggota lain dalam grup tersebut akan bekerja di bawah pengawasan seorang mentor di Silicon Valley, New York atau di belahan dunia lainnya. Para peserta yang telah menyelesaikan program ini bisa mendapatkan LinkedIn Endorsements, sertifikat dari perusahaan/pemberi kerja dan diploma yang terakreditasi.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

3. Google Internships+

Halaman muka Internships+, situs program magang virtual di Google - Hotcourses Indonesia

Kalau selama ini kamu masih bingung mencari cara magang di Google, sekarang kamu bisa dengan mudah mengakses beragai program magang virtual Google melalui Intenships+. Program ini diciptakan untuk para pekerja magang yang ingin berpartisipasi dalam proyek-proyek Google yang bertujuan memajukan dunia. Para peserta bisa mengikuti program magang virtual untuk proyek-proyek di AS dan berbagai negara lainnya.


Internships+ tidak hanya membuka lowongan magang di sisi teknologi saja. Kalau kamu ingin bekerja di sisi bisnis atau pemasaran, tersedia juga lowongan di departemen sales dan SDM.  Karena Google hanya akan membuka program magang virtual di tahun 2021, ada kemungkinan kamu bisa mencoba semua lowongan magang yang kamu inginkan. Beberapa dokumen yang perlu kamu persiapkan untuk mendaftar ke program ini adalah CV/resume, transkrip nilai dari tempat kuliahmu, dan cover letter atau esai pendek.  Info lebih lanjut mengenai program ini bisa kamu akses di situs web Internships+.

 

4. Work at a Startup

Halaman muka Work at a Startup, situs penyedia program magang virtual - Hotcourses Indonesia

Kalau kamu lebih tertarik untuk magang di startup, kamu bisa menggunakan layanan situs web Work at a Startup. Situs ini diprakarsai oleh Y Combinator, salah satu inkubator startup terbaik di dunia. Di situs ini, kamu bisa menemukan lowongan-lowongan magang di berbagai perusahaan startup yang bekerjasama dengan Y Combinator.

 

Untuk mulai mencari lowongan magang, kamu hanya perlu membuat akun dan mengisi formulir pendaftaran dengan detail latar belakang dan pengalamanmu. Semua startup yang terdaftar di situs ini bisa melihat formulir pendaftaran yang masuk dan mereka akan menghubungi para kandidat yang menarik minat mereka. Kalau kamu tertarik untuk magang di startup tertentu yang terdaftar di situs ini, kamu juga bisa melamar langsung ke perusahaan tersebut. Posisi magang yang tersedia cukup beragam, mulai dari desain UI/UX hingga pemasaran dan operasional.

 

Perlu dicatat bahwa beberapa program magang virtual mengharuskan peserta berada di lokasi tertentu selama masa magang dan ada juga program yang hanya terbuka untuk mahasiswa asal negara tertentu. Jadi kamu harus membaca detail lowongan magang dengan baik sebelum melamar. Kamu juga bisa menemukan beberapa tips untuk memaksimalkan program magang virtualmu dalam video berikut dari Yahoo:

 

 

Kalau kamu masih punya pertanyaan mengenai magang, kamu dapat menelusuri berbagai panduan magang untuk mahasiswa internasional yang telah kami susun. Kamu juga bisa mengunduh brosur resmi berbagai universitas internasional ternama di sini. Jangan lupa untuk mencoba alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik berdasarkan kriteria pribadimu.

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantu mewujudkan impianmu berkuliah di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

MakeUseOf.com

Wikipedia.org

TheForage.com

Wajib dibaca

article Img

10 ALASAN MENGAPA SEMUA PELAJAR PERLU KULIAH DI LUAR NEGERI

Tahun 2020 lalu memang telah membawa banyak perubahan drastis. Berhubung kita harus banyak berdiam di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona, wajar saja jika banyak orang merasa berbagai aspek hidup mereka telah menjadi stagnan.  Kalau kamu merasa pandemi Covid-19 telah membuat perjalanan studimu seperti jalan di tempat, ada baiknya kamu mulai mengambil langkah maju dengan merencanakan studi di luar negeri.   Pandemi yang kita alami

26.1K
article Img

5 ALASAN LULUSAN LUAR NEGERI LEBIH DISUKAI PERUSAHAAN

Saat memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang kuliah, kamu mungkin bertanya-tanya "Sebenarnya perlu nggak sih kuliah di luar negeri?". Kenyataannya ,  banyak perusahaan masih menganggap mahasiswa internasional atau lulusan luar negeri punya berbagai kelebihan yang tidak dimiliki mahasiswa lokal. Hal ini sudah pasti bisa sangat membantumu dalam proses pencarian kerja.   Mau tahu kualitas apa yang membuat mahasiswa internasional terlihat

9.5K
article Img

PROSPEK PASCA-STUDI DI INGGRIS, KANADA, AUSTRALIA DAN AS

Saat mempersiapkan diri untuk kuliah di luar negeri, salah satu hal yang perlu kamu teliti adalah berbagai peluang pasca-studi yang terbuka bagi mahasiswa internasional di berbagai destinasi studi. Dengan mempelajari hal ini, kamu bisa mengetahui semua kesempatan kerja dan visa yang tersedia untuk tenaga ahli di bidang studi yang kamu minati di negara tertentu.   Untuk membantumu membuat perencanaan kuliah di luar negeri yang lebih matang, tim

417