Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

NEGARA TUJUAN TERBAIK UNTUK KULIAH HUKUM

NEGARA TUJUAN TERBAIK UNTUK KULIAH HUKUM

Hukum merupakan salah satu jurusan terfavorit di seluruh dunia. Kebutuhan akan profesional di bidang hukum sangat tinggi, tak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Pada artikel ini kami akan membahas universitas dan negara mana yang memiliki reputasi tinggi dan memberikan petunjuk tujuan kuliah hukum di luar negeri.

 

 

Mempelajari hukum di luar negeri dapat menjadi lompatan pengetahuan yang tinggi, karena dapat membuka mahasiswa hukum terhadap perspektif baru, melengkapi pemahaman tentang bentuk hukum dan membantu membangun karir. Namun, penting untuk mempertimbangkan mempelajari hukum di luar negeri dengan hati-hati, karena jika fokus yang kamu pilih adalah regional atau nasional, terutama yang berkaitan dengan negara Indonesia, mungkin lebih baik untuk tetap tinggal di negara asal.

 

Apakah Hukum itu?

 

Hukum adalah sistem aturan, biasanya ditegakkan oleh pemerintah lokal atau nasional, yang mendikte perilaku masyarakat yang membentuk komunitas atau negara di mana pemerintah tersebut dapat mempertahankan kedaulatan dan pengaruhnya.

 

Ada banyak sekali cabang hukum, banyak di antaranya khusus untuk tempat atau orang yang mereka atur. Negara beroperasi di bawah salah satu dari tiga sistem hukum: Hukum Perdata, Hukum Publik, atau Hukum Agama.

 

Praktik hukum dapat dipahami lebih jauh dengan topik yang terkait dengan seperangkat hukum tertentu. Ini secara luas dikategorikan sebagai Hukum Publik dan Hukum Privat.

 

 

Hukum Publik lebih erat kaitannya dengan negara, seperti hukum ketatanegaraan dan administrasi, serta hukum pidana. Hukum Perdata mencakup hukum kontrak, hukum wanprestasi (perdata) dan hukum properti.

 

Topik hukum inti lainnya termasuk Hukum Internasional, Hukum Ekuitas dan Hukum Kepercayaan. Selain itu, Hukum dapat berfokus pada sejumlah topik yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari seseorang, seperti Hukum Sosial (ketenagakerjaan, hak asasi manusia, imigrasi, keluarga), Hukum Perdagangan (hukum perusahaan, komersial, kekayaan intelektual) dan Hukum Peraturan (pajak, perbankan, lingkungan).

 

Mengapa Kuliah Hukum di Luar Negeri?

 

1. Fasilitas Lengkap

 

Universitas di luar negeri memiliki student center yang berfungsi sebagai tempat mahasiswa mengasah soft skill untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti. Kegiatan yang termasuk didalamnya seperti pelatihan bahasa asing, kelas ekstrakurikuler, bantuan konseling hingga persiapan memilih karir untuk membantu mahasiswa menemukan karir yang sesuai dengan minat siswa.


 

2. Prospek Kerja yang Luas

 

Bidang hukum mencakup banyak bidang. Hal ini membuat lulusan S1 maupun S2 hukum dari luar negeri memiliki prospek karir yang begitu luas dan beragam.

 


 

3. Kesempatan Magang

Mahasiswa jurusan hukum di luar negeri diharuskan untuk magang di firma-firma hukum internasional sehingga bisa secara langsung mempraktekkan teori yang di dapat di kelas, dan mengetahui perkembangan di bidang hukum secara langsung.

 

Selain itu kamu juga bisa membangun networking yang juga akan sangat membantu saat mencari pekerjaan setelah lulus kuliah nantinya.

 

4. Karir Global

Sebagai lulusan dari universitas luar negeri, kamu memiliki kesempatan untuk berkarir di negara tempat kamu kuliah atau bahkan negara lainnya. Jika bekerja di luar negeri adalah mimpimu selama ini, maka dengan ijazah yang diakui secara internasional dan kemampuan tentu bisa melamar pekerjaan yang diminati di luar negeri.

 



 

Secara umum berikut 10 spesialisasi hukum yang bisa Anda pilih saat kuliah di jurusan hukum.

 

• Hukum Perdata

• Hukum Lingkungan dan Tata Ruang

• Hukum Ekonomi

• Hukum Internasional

• Hukum Administrasi Negara

• Hukum Tata Negara

• Hukum Pidana

• Hukum dan Perkembangan Masyarakat

• Hukum dan Teknologi

• Hukum Acara (Peradilan)



 

Hidup sebagai Mahasiswa Hukum

 

Kuliah hukum bukanlah program studi yang mudah. Ada banyak bacaan dan teori untuk dipahami dan banyak kafein untuk diminum, Kamu akan menghabiskan banyak duduk di perpustakaan, dan sayangnya, teori hukum termasuk literasi yang cukup sulit ini tidak dibaca dan dipahami, mulai dari makalah akademis, laporan kasus dan prinsip-prinsip hukum.

 


 

Dan tentu saja, tidak semuanya membosankan- banyak kasus hukum bisa jadi menarik dan dampaknya bisa menjadi motivasi yang besar. Kehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa hukum juga tidak hanya sekedar membaca dan mendiskusikan hukum. Sebagai mata pelajaran humaniora, siswa seringkali memiliki banyak kebebasan dalam menentukan jadwal mereka sendiri, yang memungkinkan waktu luang dengan teman dan juga kesenangan.

 

Universitas Hukum Terbaik

 

Sebagaimana diukur oleh The Guardian, universitas berikut adalah yang terbaik untuk gelar sarjana Hukum. Tidak ada kejutan khusus, dengan Ivy League dan Oxbridge mendominasi.

 

1. Universitas Harvard - AS

 

2. University of Cambridge - AS

 

3. University of Oxford - Inggris

 

4. Universitas Yale - AS

 

5. Universitas Stanford - AS

 

6. Universitas New York - AS

 

7. University of California, Berkeley - AS

 

8. Universitas Melbourne - Australia

 

9. London School of Economics and Political Science (LSE) - Inggris

 

10. Universitas Columbia - AS

 

 

 

Baca juga:

CERITA SARJANA HUKUM YANG KULIAH FINANCE DI INGGRIS

KIAT-KIAT MENJALANI KULIAH HUKUM DI AMERIKA SERIKAT