Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

PROSPEK KARIR KULIAH JURUSAN ROBOTIK DAN MEKATRONIK DI LUAR NEGERI

PROSPEK KARIR ROBOTIK DAN MEKATRONIK

Jurusan Desain Robotika Industrial mempelajari bagaimana membangun keberlanjutan industri dengan sistem produksi yang berbasis robot dan kecerdasan buatan. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari konsep dasar robotika, perancangan robot,dan aplikasinya di dunia industri. 

 

Daya saing dan keberlanjutan industri sangat ditentukan oleh produktivitas, kualitas produk, efektivitas dan efisiensi. Jurusan mekatronika ini mempelajari pengetahuan dan keterampilan untuk merancang robot untuk aplikasi industri. Contohnya adalah otomasi proses produksi pada manufaktur mobil, kemasan makanan dan minuman, industri kosmetik dan farmasi, tekstil, dan lainnya. 

 

 

Tentang Teknik Mekatronika

 

Teknik Mekatronika adalah cabang dari Teknik. Istilah, mekatronik, adalah kombinasi dari mekanis serta elektronik teknik. Seorang insinyur dari Jepang bernama Ko Kikuchi menemukan bidang ini pada tahun 1969 sebagai gabungan dari dua bidang teknik. Mekatronika adalah bidang teknik multidisiplin yang berfokus pada perancangan, pembuatan dan pemeliharaan produk dengan komponen mekanis dan elektronik.

 

Insinyur Mekatronika merancang, membuat, dan memelihara produk yang memiliki komponen mekanik dan elektronik. Selain itu, produk dan sistem yang dikembangkan oleh para insinyur mekatronika ini ekonomis, andal, dan serbaguna. Contoh dari produk dan sistem ini adalah robot, sistem kantong udara, dan kendali jelajah pesawat.

 

Mengapa Belajar Mekatronik?

 

Tren pekerjaan saat ini adalah, perusahaan semakin mencari lulusan dengan pengetahuan multidisiplin. Bisnis dan organisasi percaya bahwa orang-orang dengan keahlian multidisiplin dan beragam minat cenderung memberikan dampak yang positif bagi bisnis dan industri. 


 

Hampir setiap perusahaan besar  membutuhkan insinyur mekatronika untuk riset, desain, pengembangan, penjualan, manajemen produksi, keselamatan, dan kualitas produk mereka. Oleh karena itu, lulusan dengan gelar mekatronik dapat memperoleh pekerjaan di industri apa pun di dunia.

 

 

 

Namun, pekerjaan teknik mekatronik untuk lulusan mekatronik sebagian besar di industri seperti:

 

  • Robotika

  • Nanoteknologi

  • Otomatisasi

  • Pesawat terbang Teknik

  • Minyak dan Gas

  • Biomedis sistem


 

Untuk mendapatkan pekerjaan teknik mekatronika, kamu harus memiliki setidaknya satu sarjana (B. Tech) gelar dalam teknik mekatronik atau disiplin ilmu teknik terkait lainnya seperti Teknik Mesin, dan Teknik Listrik. Gelar ini sangat diperlukan jika pelamar ingin memperoleh a postgraduate (M. Tech).

 

 

Berikut adalah daftar pekerjaan yang tersedia untuk kamu jika memiliki gelar teknik mekatronik:


 

Teknisi Tenaga Surya

Tenaga terbarukan adalah industri lain yang sedang booming yang menerima banyak lulusan teknik mekatronika.

 

Insinyur Tenaga Angin

Ini adalah cabang lain dari energi terbarukan yang membutuhkan keahlian insinyur mekatronika. Lulusan dengan gelar insinyur mekatronika dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan sebagai insinyur tenaga angin.

 


 

Insinyur Otomasi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menyebabkan banyak perusahaan di berbagai industri pindah ke otomatisasi. Otomasi melibatkan penggunaan berbagai sistem kontrol untuk mengoperasikan peralatan seperti mesin.

 

Perusahaan yang sangat otomatis membutuhkan personel yang memenuhi syarat untuk mengelola mesin ini. Siapa yang paling memenuhi syarat untuk posisi pekerjaan ini jika bukan insinyur mekatronik?

 

Insinyur otomatisasi dengan gelar teknik mekatronika bertugas menciptakan alur kerja produksi yang efektif dalam organisasi.

 


 

Controls Engineer

Pekerjaan teknik mekatronik ini lebih menarik untuk komponen listrik dan elektronik dari disiplin. Insinyur kontrol diperlukan di perusahaan-perusahaan teknik untuk merancang, mengembangkan, menguji, dan mengawasi pembuatan peralatan listrik.

 

Insinyur kontrol juga diperlukan dalam industri otomotif untuk merancang mobil, serta dalam industri telekomunikasi untuk mengembangkan sistem penyiaran dan telekomunikasi.



 

Teknisi Telekomunikasi

Telekomunikasi dan layanan informasi adalah industri yang penuh dengan pekerjaan teknik mekatronik. Lulusan mekatronika dapat memperoleh pekerjaan di industri ini sebagai insinyur tegangan tinggi, teknisi lapangan atau kabel, atau teknisi jaringan.

 

Teknisi telekomunikasi bertanggung jawab untuk memasang, memelihara, dan memperbaiki peralatan telekomunikasi.



 

Teknisi Teknik Biomedis

Lebih Lagi medis peralatan digunakan untuk meningkatkan kehidupan. Dengan demikian, insinyur mekatronik bertanggung jawab untuk membangun mesin dan perangkat yang terinspirasi bio yang meniru perilaku manusia, hewan, dan tumbuhan.

 

biomedis insinyur dengan tingkat mekatronik menganalisis dan merancang solusi untuk masalah dalam biologi dan kedokteran sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.

 



 

Teknisi Logistik

Gelar teknik mekatronika mendapatkan pemegang gelar pekerjaan yang siap dalam industri transportasi dan logistik. Dunia telah begitu terhubung sehingga pengiriman global adalah bagian penting dari bisnis yang tidak dapat diabaikan.


 

 

Oleh karena itu lulusan tingkat Mekatronik diperlukan untuk keahlian mereka yang luas dalam transportasi dan logistik industri.


 

Teknisi Pertanian

Menariknya, gelar teknik mekatronika bisa mendapatkan pemegang gelar pekerjaan bergaji baik di industri pertanian, makanan, dan kehutanan.

 

Pesatnya pertumbuhan dan ekspansi di pertanian industri membuat kebutuhan akan insinyur mekatronik sangat penting.

 

Lulusan sarjana mekatronik yang telah membaca dan berpengalaman dapat terus membangun rumah kaca untuk perusahaan pertanian untuk meningkatkan produksi pangan.

 


 

Teknisi Robotika

Industri manufaktur dan robotika mungkin adalah pemberhentian pertama lulusan teknik mekatronika untuk suatu pekerjaan. Ini karena, selama bertahun-tahun, mekatronika telah diartikan sebagai robotika.

 

Benar-benar, industri manufaktur dan robotika masih menjadi pusat untuk pekerjaan gelar teknik mekatronika. Di sini, insinyur mekatronika memiliki kesempatan untuk bekerja dengan robot untuk bidang medis, untuk militer, atau dalam manufaktur tingkat lanjut.

 

 

 

Baca juga:

8 KESALAHAN YANG SERING TERJADI SAAT MENDAFTAR KE UNIVERSITAS DI AS

MEMULAI KULIAH DI LUAR NEGERI DARI KAMPUS INDONESIA

5 UNIVERSITAS IRLANDIA TERBAIK UNTUK BIDANG STUDI TEKNIK

 

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

81K