Informasi penting
Study abroad: Before you leave

MEMULAI KULIAH DI LUAR NEGERI DARI KAMPUS INDONESIA

MEMULAI KULIAH DI LUAR NEGERI DARI KAMPUS INDONESIA

Bila kamu tengah membuat rencana studi ke luar negeri, istilah 'program pathway' pasti sudah tak asing lagi. Pada intinya, program pathway adalah program yang membantu mahasiswa internasional untuk menjembatani celah antara kualifikasi yang mereka miliki (dari pendidikan terakhir) dengan persyaratan masuk yang diminta universitas di luar negeri.

 

Dalam program ini, para mahasiswa akan mempelajari segala landasan yang dibutuhkan untuk jurusan yang akan mereka ambil, serta dibekali dengan keterampilan yang diperlukan untuk kuliah dan menyesuaikan diri dengan situasi di luar negeri. Beberapa program pathway bahkan memungkinkan mahasiswanya untuk melompati tahun awal perkuliahan dan langsung mulai kuliah di tahun kedua atau ketiga jurusan pilihan mereka.


Kebanyakan program pathway memang tersedia di luar negeri, tapi sebenarnya ada beberapa institusi pendidikan di Indonesia yang juga menawarkan program ini, lho! Kamu bisa langsung membaca daftar di bawah ini untuk informasinya.

 

International Design School

 

International Design School (IDS) adalah institusi pendidikan di bidang komunikasi visual (desain grafis, animasi, & film) dan juga digital & teknologi (pemasaran digital, UI/UX). Institusi ini bekerjasama dengan Griffith University dan JMC Academy di Australia untuk program pathway-nya.

 

Di institusi ini, mahasiswa bisa belajar selama 20 bulan di IDS dan kemudian melanjutkan kuliah ke Australia selama 12-18 bulan (tergantung jurusan yang dipilih). Setelah lulus, para mahasiswa akan mendapatkan gelar dari institusi Australia pilihan mereka.

 

Jurusan kuliah yang bisa kamu ambil dengan program pathway IDS antara lain:

  • Animasi 3D

  • Produksi Film & Televisi

  • Film & Television Production

  • Desain 3 Dimensi

  • Desain digital

  • Photo Media

  • Seni murni

  • Desain grafis

 

Raffles College


Raffles College merupakan bagian dari The Raffles Christian Group of School yang membuka akses pendidikan internasional bagi mahasiswa tanpa harus meninggalkan negara asalnya. Di Raffles College, mahasiswa akan menjalani pendidikan dengan kurikulum internasional berbahasa Inggris dan standar pengajaran internasional.

 

Pada saat ini, Raffles College memiliki program pathway yang memungkinkan mahasiswa untuk meneruskan kuliah di universitas-universitas berikut: 

 

Australia

Inggris

University of Hertfordshire

Singapura

China

Malaysia

UCSI University

Irlandia

University of Limerick

 

Program kuliah yang bisa diambil dengan program pathway Raffles College antara lain:

  • UKI - UOW Double Degree Program

  • Business Studies Program

  • Advanced Diploma in Visual Communications (Graphic Design)

  • Advanced Diploma in Visual Communications (Multimedia)

  • Double Diploma in Graphic & Multimedia Design

  • Bachelor of Arts (Hons) in Business Administration - Final Year with University of Hertfordshire

  • Bachelor of Arts (Hons) in Graphic Design - Final Year with University of Hertfordshire

  • Pre-University Program

 

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

Sampoerna University

 

Sampoerna University adalah insitusi pendidikan di bawah naungan Putera Sampoerna Foundation. Universitas ini bekerjasama dengan Broward College untuk mengadakan program Pathway To The World. Dalam program ini, para mahasiswa akan menjalani kuliah selama 2 tahun di Jakarta. Setelah itu, mereka bisa melanjutkan kuliah di jurusan pilihan mereka di universitas AS manapun. Mereka juga bisa mentransfer SKS mereka ke universitas-universitas di Kanada, Australia dan Inggris. 


Berikut adalah daftar universitas di AS yang telah menjalin kerjasama transfer kuliah dengan Sampoerna University:

 

 

 

Jakarta International College

 

Jakarta International College (JIC) adalah salah satu penyedia program pathway di Indonesia yang memiliki kampus di Jakarta dan Surabaya. Saat ini, JIC memiliki program pathway ke AS, Inggris dan Australia. Dalam program JIC, mahasiswa bisa menjalani kuliah di Indonesia selama 8 - 16 bulan dan kemudian melanjutkan kuliah di jurusan yang mereka inginkan di luar negeri. 

 

Berikut adalah daftar universitas luar negeri yang telah menjalin kerjasama dengan program pathway JIC:

 

Australia

Inggris

Amerika Serikat

 

 

UIC College

 

UIC College adalah institusi pendidikan yang berada di bawah naungan UniSadhuGuna. Dalam program pathway yang ditawarkan UIC, mahasiswa akan mengikuti program di Jakarta selama 2 tahun untuk mendapatkan sertifikat Higher Diploma BTEC HND dari Edexcel UK. Dengan sertifikat HND tersebut, para mahasiswa UIC College dapat melanjutkan kuliah mereka ke universitas di luar negeri untuk mendapatkan gelar Bachelor.

 

Beberapa universitas yang bisa dituju mahasiswa pathway UIC College adalah:

 

Australia

Inggris

Amerika Serikat

Eropa

Singapura

 

Selain institusi-institusi di atas, UIC College juga menjalin kerjasama dengan berbagai universitas di Malaysia, Jepang dan negara-negara lainnya.

 

Berikut adalah beberapa program pathway yang tersedia di UIC College:

  • UIC Business

  • UIC Design

  • UIC Sound Design

  • UIC Fashion

  • Pathway to UTS Insearch, Australia

  • Pathway to American Degree Program

 

 

Masih bingung memilih program pathway dari daftar di atas? Kamu bisa langsung daftar untuk konsultasi GRATIS tentang program-program tersebut dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu meraih cita-cita kuliah di luar negeri!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

raffles-college.org

jic.ac.id

sampoernauniversity.ac.id

uic-usg.com

idseducation.com

Mencari jurusan

Pilih negara
Sarjana

Wajib dibaca