Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

ULASAN LENGKAP PROSPEK KARIR LULUSAN TEKNIK LINGKUNGAN

ULASAN LENGKAP PROSPEK KARIR LULUSAN TEKNIK LINGKUNGAN

Insinyur lingkungan terlibat dalam mengelola dan mengurangi limbah dan meminimalkan polusi untuk melindungi, memulihkan, dan melestarikan planet ini

 

Sebagai seorang insinyur lingkungan, kamu akan merancang teknologi dan mengimplementasikan proses dan sistem untuk mencegah dan mengendalikan berbagai risiko lingkungan, dan juga untuk memulihkan dan membalikkan kerusakan lingkungan.

 

 

 

Kamu akan menggunakan latar belakang pendidikanmu di bidang sains dan teknik untuk menyediakan lingkungan yang sehat bagi populasi dunia dengan membuang limbah, menyediakan air minum yang aman, mengendalikan bahaya lingkungan, meningkatkan daur ulang, dan mengurangi polusi tanah, air, dan udara.

 

Jenis teknik lingkungan

 

Kamu diwajibkan peduli dengan masalah-masalah seperti perubahan iklim, kekeringan, pertumbuhan populasi, urbanisasi, polusi, penggundulan hutan dan krisis energi. Pekerjaanmu mungkin mencakup area tertentu, seperti:

 

  • pembuangan produk limbah seperti air dan plastik, terutama limbah industri bervolume tinggi

  • kepatuhan lingkungan - memastikan dampak lingkungan minimal dari tumpahan atau emisi

  • risiko banjir dan drainase

  • infrastruktur dan pembangunan

  • pengelolaan polutan yang dapat merusak lingkungan alam

  • pemulihan dan pembersihan lahan yang telah rusak, misalnya oleh penambangan, penimbunan atau pertanian (perbaikan lokasi)

  • pasokan air dan sanitasi.

 

 

 

Tanggung jawab Sebagai seorang insinyur lingkungan

 

  • mengumpulkan data dari berbagai sumber melalui penilaian situs, pemantauan lingkungan, dan laporan pihak ketiga

  • mengevaluasi dampak lingkungan dari proyek, bahaya atau operasi komersial

  • menulis dan mempresentasikan temuan, penetapan biaya, rencana kesehatan dan keselamatan dan rekomendasi tentang penahanan, proses pembersihan, remediasi, daur ulang dan pembuangan limbah, untuk memperbaiki masalah lingkungan

  • membuat rencana untuk melindungi dan memulihkan lingkungan dengan menghilangkan kontaminan dari air, udara dan tanah

  • mengembangkan protokol kesehatan dan keselamatan spesifik lokasi seperti rencana kontinjensi tumpahan atau metode untuk memuat dan mengangkut bahan mentah

  • memberikan nasihat tentang mencegah kesulitan di masa mendatang

  • melaksanakan, mengelola dan mengawasi tugas-tugas konstruksi dan skema remediasi sehari-hari

  • berkomunikasi dengan pemangku kepentingan yang sensitif seperti penduduk lokal untuk meminimalkan dampak proyek terhadap masyarakat

  • secara teratur berhubungan dengan klien dan otoritas lokal terkait dengan aspek perencanaan proyek

  • memberikan nasihat dan bekerja bersama profesional lainnya, seperti ilmuwan lingkungan, perencana, pekerja konstruksi, pengacara dan pemilik tanah untuk mengatasi masalah lingkungan dan mempromosikan kelestarian lingkungan

  • akrab dengan peraturan dan pedoman lingkungan saat ini.

 

 

 

Gaji Profesional Teknik Lingkungan

 

Menurut laporan Best Jobs 2019 yang dirilis oleh U.S. News & World Report, lulusan Teknik Lingkungan menempati posisi 4 dalam kategori Best Engineering Jobs.

 

Pada tahun 2017, rata-rata gaji yang didapatkan oleh tenaga lulusan Teknik Lingkungan di Amerika adalah US$86.800 atau setara Rp1,29 miliar per tahun. Bayaran tertinggi yang bisa didapatkan oleh lulusan Teknik Lingkungan di Amerika bisa mencapai angka US$110.680 atau setara Rp1,55 miliar per tahun.

 

Data lain yang dikeluarkan oleh PayScale mengungkapkan nilai gaji yang berbeda dibandingkan dengan U.S. News & World Report. Menurut data PayScale, kisaran gaji yang bisa didapatkan oleh lulusan Teknik Lingkungan di Amerika Serikat berkisar antara US$48.567 sampai US$94.834 atau setara Rp680 juta sampai Rp1,33 miliar per tahun. PayScale pun tak memasukkan Jurusan Teknik Lingkungan sebagai daftar 15 jurusan dengan gaji termahal di Amerika Serikat.

 


 

Pilihan Universitas Dengan Jurusan Teknik Lingkungan

 

Kami telah merangkum 10 universitas berdasarkan ranking yang menawarkan jurusan digital marketing atau pemasaran online. Mereka adalah:

 

  1. The University of Queensland - Australia

  2. Nanyang Technology University - Singapura

  3. The University of Sydney - Australia

  4. Massachusets Institute of Technolgy - Amerika Serikat

  5. University of New South Wales (UNSW) - Australia

  6. The University of Melbourne - Australia

  7. Universiti Putra Malaysia - Malaysia

  8. Stanford University - Amerika Serikat

  9. University of Auckland - Selandia Baru

  10. University of Alberta - Kanada

 



 

Prospek Kerja Alumni Teknik Lingkungan

 

Lulusan Teknik Lingkungan menjanjikan prospek kerja yang sangat luas. Alumni Teknik Lingkungan bisa bekerja di berbagai sektor industri. Berikut ini pilihan karier yang bisa dijalankan oleh lulusan Teknik Lingkungan:

 

1. Petugas konservasi lingkungan

Sesuai dengan judulnya, pekerjaan ini memiliki tanggung jawab dalam mengelola, melindungi, serta mengembangkan lingkungan.

 

Petugas konservasi lingkungan banyak menghabiskan waktunya di lapangan dan jam kerjanya yang bebas. Dalam menjalankan tugasnya, kamu dituntut untuk mengetahui tentang Sistem Informasi Geografis (SIG). Menariknya lagi, kebutuhan terhadap tenaga kerja ini cukup besar, dibutuhkan oleh pengelola taman nasional, instansi pemerintah, pengelola perkebunan, perusahaan properti, NGO.

 

2. Petugas pengolah limbah

Kebutuhan terhadap tenaga kerja ini juga sangat tinggi. Berbagai jenis perusahaan membutuhkan profesi ini, termasuk di antaranya adalah industri farmasi, industri makanan, industri pasta gigi, dan lain-lain.

 

Deskripsi pekerjaan yang menjadi tanggung jawab seorang petugas pengelola limbah tentu saja adalah mengelola limbah perusahaan. Pengelolaan tersebut diperlukan agar limbah tidak menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan.

 

 

 

3. Energy manager

Tanggung jawab dari seorang energy manager adalah melakukan pengawasan serta pengaturan pemakaian energi dalam sebuah perusahaan. Selanjutnya, melakukan evaluasi terhadap sistem sehingga bisa meningkatkan efisiensi pemakaian energinya.

 

Untuk bekerja sebagai seorang energy manager di Indonesia, kamu harus mendapatkan sertifikasi yang disebut dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Ketika sudah mendapatkan sertifikat ini, kamu pun bisa mendapatkan pekerjaan dengan relatif lebih mudah. Apalagi, jumlah energy manager bersertifikat yang ada di Indonesia masih sangat minim.

 

4. Environmental manager

Posisi pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk melakukan pengawasan terhadap lingkungan tempat perusahaan berada. Di waktu yang sama, kamu juga bertanggung jawab untuk menerapkan serta mengembangkan program yang bertujuan untuk membangun lingkungan positif.

 

Pekerjaan sebagai seorang manajer lingkungan dibutuhkan hampir semua jenis perusahaan. Kamu bisa menemukan posisi lowongan pekerjaan ini di instansi pemerintah, perusahaan swasta, ataupun NGO. 

 

 

 

5. Ahli ekologi

Tugas utama dari tenaga ahli ekologi adalah melakukan penelitian tentang kondisi ekosistem secara menyeluruh. Kamu pun perlu melakukan klasifikasi makhluk hidup, melakukan penelitian pengaruh bertambahnya makhluk hidup tertentu terhadap ekosistem, ataupun melakukan pencegahan sekaligus mengatasi masalah lingkungan yang ada di ekosistem.

 

Tenaga ahli ekologi biasanya bekerja untuk NGO dan pemerintah. Namun, tak menutup kemungkinan kalau kamu juga bisa menemukan perusahaan swasta yang membutuhkan tenaga seorang ahli ekologi.

 

6. Konsultan lingkungan

Kebutuhan terhadap tenaga konsultan lingkungan yang tinggi juga bisa dimanfaatkan oleh para lulusan Teknik Lingkungan. Seorang konsultan lingkungan melakukan pekerjaannya dengan meneliti tingkat kontaminasi yang ada di lingkungan air, udara, serta tanah.

 

Setelah mengumpulkan data-data tersebut, kamu harus melakukan analisis lebih lanjut. Dari hasil analisis, kamu dapat mengidentifikasi dampak yang muncul akibat adanya kontamintasi, terutama dampak negatif terhadap manusia dan lingkungan. Selanjutnya, kamu pun perlu memberikan solusi atas permasalahan lingkungan yang dihadapi.


 

7. Perencana restorasi lingkungan

Perencana restorasi lingkungan dalam melakukan pekerjaannya harus berkolaborasi dengan tim lain dalam mengawasi proyek restorasi serta pengembangan produk.

 

Kamu pun perlu mengumpulkan berbagai data yang begitu kompleks untuk selanjutnya dijadikan sebagai bahan analisis. Hasil analisis yang kamu peroleh selanjutnya bisa digunakan untuk membangun strategi terkait proyek restorasi yang tengah dilakukan.

 

 

 

8. Ahli konservasi air dan tanah

Kebutuhan terhadap air serta tanah yang bersih dan sehat begitu tinggi. Ahli konservasi air dan tanah merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab besar untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hanya saja, pekerjaan ini tak bisa ditempati oleh sembarang orang. Lulusan Teknik Lingkungan merupakan salah satu orang yang bisa mengisi posisi pekerjaan ini.

 

Alumni Teknik Lingkungan yang bekerja sebagai ahli konservasi air dan tanah, bakal melakukan perencanaan serta pengembangan dengan tujuan untuk kelestarian air dan tanah. Kamu pun harus paham metode untuk mengontrol erosi tanah ataupun meneliti penggunaan lahan oleh perusahaan.

 

Kesimpulan

 

Seiring dengan tumbuhnya kesadaran akan dampak manusia terhadap lingkungan, terdapat peningkatan permintaan akan tenaga profesional yang dapat membantu merancang dan melaksanakan metode alternatif dalam pembangunan, pengolahan limbah, transportasi air, dan aspek teknik lainnya yang akan meminimalkan efek samping yang tidak diinginkan. Akibatnya, pasar perekrutan saat ini ramah bagi mereka yang ingin memulai karir sebagai insinyur lingkungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca juga:

PROSPEK KARIR LULUSAN TEKNIK

10 NEGARA DENGAN GAJI TERTINGGI UNTUK INSINYUR TEKNIK SIPIL

5 UNIVERSITAS TERBAIK DI IRLANDIA UNTUK BIDANG STUDI TEKNIK 

 

Wajib dibaca

article Img

QS GLOBAL MBA RANKINGS: 10 INSTITUSI DENGAN PROGRAM MBA TERBAIK DI DUNIA

Sedang mencari jurusan S2 yang bisa membawa perubahan karir yang positif untukmu? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan kuliah MBA di luar negeri. Program MBA dikenal sebagai salah satu program pascasarjana terpopuler di dunia karena memberikan mahasiswanya kesempatan untuk melakukan 3 hal: naik jabatan, meningkatkan gaji, dan berganti industri. Jurusan MBA juga menyediakan akses ke jejaring alumni yang bisa meningkatkan prospek kerja dan kesempatan kolaborasi.

85.1K