Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

10 UNIVERSITAS TERBAIK DI ASIA TENGGARA

8 AGU 2021
85
10 UNIVERSITAS TERBAIK DI ASIA TENGGARA

Tanggal 8 Agustus 2021 menandai hari lahirnya ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) 54 tahun yang lalu. Organisasi ini bertugas untuk mewadahi kerja sama 10 negara di Asia Tenggara: Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar & Kamboja. Melalui kerja sama ini, ASEAN berharap bisa mewujudkan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil dan sejahtera.

 

Untuk turut memeriahkan hari jadi ASEAN, tim Hotcourses Indonesia telah menyiapkan info mengenai 10 universitas terbaik di Asia Tenggara versi QS World University Rankings 2022. Yuk, lihat daftar peringkatnya di bawah ini.

 

1. National University of Singapore, Singapura

  • NUS adalah institusi pendidikan tinggi tertua di Singapura. Dalam beberapa daftar peringkat universitas di kawasan Asia Pasifik, NUS secara konsisten menduduki peringkat pertama.
  • Konstantin Sergeevich Novoselov, pemenang Nobel Fisika 2010, adalah bagian dari tim pengajar berkualifikasi di NUS.

  • Beberapa contoh program studi di NUS yang memiliki reputasi tinggi di tingkat global adalah Teknik Perminyakan, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Ilmu Komputer & Sistem Informasi, Kebijakan Sosial & Administrasi, dan Geografi.

 

2. Nanyang Technological University, Singapura

  • NTU adalah universitas dengan kampus terbesar di Singapura. Selain itu, NTU secara rutin menduduki posisi 15 besar dalam daftar peringkat universitas muda terbaik di dunia selama 6 tahun terakhir.
  • Universitas ini merupakan almamater Agus Harimurti Yudhoyono & Tito Karnavian.

  • Beberapa jurusan kuliah di NTU yang mendapatkan peringkat tinggi di tingkat internasional adalah Teknik Material, Teknik Elektro, Teknik Kedirgantaraan, Teknik Kimia, Kajian Komunikasi & Media, Kajian Bisnis & Manajemen, Ilmu Komputer, dan Ilmu Lingkungan.

Lihat semua jurusan di NTU di sini.

 

3. Universiti Malaya, Malaysia

  • UM menduduki peringkat 54 di QS World University Rankings 2021 untuk jurusan Teknik dan Teknologi.
  • Sekolah Bisnis UM mendapatkan 2 akreditasi internasional dari Eduniversal, Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) dan Association of MBAs (AMBA).
  • Beberapa jurusan kuliah di UM yang patut kamu pertimbangkan adalah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Teknik Elektro, dan Kajian Pembangunan.

Lihat semua jurusan di UM di sini.

 

4. Universiti Putra Malaysia, Malaysia

  • UPM adalah salah satu universitas penelitian terkemuka di Malaysia.
  • UPM menduduki peringkat 80 di QS World University Rankings 2021 untuk jurusan Pertanian dan Kehutanan.
  • Beberapa jurusan kuliah yang populer di UPM adalah Ilmu & Teknologi Pangan, serta Ilmu Pertanian.

Temukan semua jurusan di UPM di sini.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Asia - Hotcourses Indonesia

 

5. Universiti Sains Malaysia, Malaysia

  • USM dianugerahi penghargaan Most Entrepreneurial University of The Year dari Kementerian Pendidikan Malaysia pada tahun 2018.
  • Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia memberikan status ‘Universitas APEX’ untuk USM. Hal ini berarti pemerintah memberi pendanaan ekstra untuk membantu USM meningkatkan statusnya menjadi institusi kelas dunia.
  • Beberapa program studi yang banyak diminati di USM adalah Arsitektur, Arkeologi, Teknik Kimia, Teknik Sipil, dan Farmasi. 

 

6. Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia

  • UKM menempati posisi 13 di QS Top 50 Under 50 2020 (daftar peringkat 50 universitas terbaik di dunia yang didirikan dalam 5 dekade terakhir)
  • Sheikh Muszaphar Shukor, astronot pertama dari Malaysia, adalah alumnus UKM.
  • Universitas ini patut kamu pertimbangkan jika kamu mau mengambil jurusan Kedokteran, Hukum, Sosiologi, Akuntansi, Geografi dan Farmasi.

 

7. Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia

  • UTM dikenal sebagai universitas teknik dan teknologi tertua di Malaysia. Sebagian besar lulusan jurusan teknik di Malaysia adalah alumni UTM.
  • UTM berfokus pada pendidikan pascasarjana. Karena itu, sekitar 56% pelajar di UTM berstatus mahasiswa pascasarjana.
  • Jurusan-jurusan kuliah di UTM yang mendapatkan peringkat tinggi di kancah internasional antara lain adalah Teknik Sipil, Teknik Perminyakan, Teknik Kedirgantaraan, dan Arsitektur.

Lihat semua jurusan UTM di sini.

 

8. Chulalongkorn University, Thailand

  • Chulalongkorn University dikenal sebagai universitas terbaik dan tertua di Thailand. Institusi ini juga dikenal dengan standar seleksi masuknya yang sangat ketat.
  • Universitas ini masuk dalam peringkat 200 besar dalam QS Graduate Employability Rankings, sebuah daftar yang menilai kesiapan kerja lulusan dari tiap universitas internasional. 

  • Beberapa program studi di Chulalongkorn University yang mendapatkan peringkat tinggi di kancah internasional antara lain adalah Seni & Desain, Arsitektur, Ilmu Komputer,  Teknik Kimia, Teknik Perminyakan, Ekonomi, Hukum, Politik, Kimia, dan Teknik Kedirgantaraan.

 

9. Universiti Brunei Darussalam, Brunei Darussalam

  • Universiti Brunei Darussalam memiliki kurikulum paling ekstensif dan populasi mahasiswa terbesar di Brunei.

  • Tiap mahasiswa S1 di universitas ini berkesempatan mengikuti program Discovery Year pada tahun ketiga kuliah. Dalam program ini, para mahasiswa bisa memilih untuk mengikuti program studi di luar negeri, program magang, program pengabdian pada masyarakat, atau memulai program kewirausahaan mereka sendiri. 

  • Universitas ini patut kamu pertimbangkan jika kamu tertarik untuk melakukan riset di bidang Lingkungan & Keanekaragaman Hayati, Energi, Kajian Wilayah Asia, Analisis Data, dan Kajian Islam.

 

10. Universitas Gadjah Mada, Indonesia

  • Universitas Gadjah Mada adalah salah satu universitas negeri tertua dan terbesar di Indonesia. Selain itu, UGM juga menduduki posisi 3 besar di Indonesia dalam daftar peringkat UI GreenMetric.

  • Presiden Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Menlu Retno Marsudi, dan Artika Sari Devi adalah alumni UGM.

  • Beberapa jurusan favorit di UGM adalah Psikologi, Teknik Sipil, Hukum, Kedokteran, Manajeman, Ilmu Hubungan Internasional, Akuntansi, Teknologi Informasi, dan Farmasi.

 

Masih belum bisa menentukan universitas yang pas dari daftar di atas? Coba gunakan alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas mancanegara terbaik untukmu berdasarkan kriteria pribadimu.

 

Jangan lupa bahwa kami telah menyusun berbagai artikel mengenai kuliah di luar negeri. Kamu dijamin bisa menemukan berbagai info menarik dari artikel-artikel tersebut, seperti berita beasiswa, penjelasan jurusan, pengenalan destinasi studi, dan tips belajar.

 

Ikuti juga semua kanal media sosial Hotcourses Indonesia untuk mendapatkan berita pendidikan internasional terkini dan informasi terhangat mengenai universitas-universitas terbaik di Asia tenggara.

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantu mewujudkan impianmu berkuliah di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

TopUniversities.com

Wikipedia.org

Wajib dibaca

article Img

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

194.7K
article Img

14 PERTANYAAN PENTING YANG PERLU KAMU TANYAKAN KEPADA KONSULTAN PENDIDIKAN LUAR NEGERI

Mendaftar kuliah ke luar negeri perlu banyak informasi dan waktu. Oleh karena itu tidak sedikit pelajar yang menggunakan jasa konsultan pendidikan untuk membantu pendaftaran ke universitas di luar negeri.   Baca juga: 5 kelebihan dari jasa konsultasi kuliah ke luar negeri .   Jika kamu juga berencana untuk menggunakan jasa konsultan pendidikan, berikut adalah daftar pertanyaan-pertanyaan penting yang perlu kamu tanyakan, supaya

78K