Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

MEMILIH UNIVERSITAS BERDASARKAN PROSPEK KERJA

805

Apa yang kamu pertimbangkan sewaktu memilih lokasi universitas? Apakah hiburan di kota tersebut, reputasi universitas, fasilitas yang tersedia, biaya hidup atau faktor lainnya?

 

Berdasarkan suatu hasil survei, 1 dari 5 mahasiswa internasional memilih berdasarkan lingkungan sekitar, misalnya banyaknya hiburan atau night life yang seru, atau kota kosmopolitan yang menyediakan segalanya.

 

Tentu saja kesukaan setiap orang berbeda, tetapi jika kamu menjadikan prospek kerja sebagai prioritas utama, disarankan untuk mencari kota dengan tingkat pengangguran terendah, di mana pekerjaan banyak tersedia. Hal ini sangat penting, walau kamu memutuskan untuk segera pulang ke tanah air setelah lulus. Banyaknya lowongan kerja yang tersedia adalah suatu kelebihan yang sangat bermanfaat. Dengan demikian, kamu memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pengalaman kerja, baik itu melalui pekerjaan sambilan maupun magang.

 

Gelar pendidikan tinggi ditambah dengan pengalaman kerja yang sesuai merupakan kunci untuk prospek kerja yang cerah di masa datang. Jika prospek kerja adalah faktor yang penting bagimu sewaktu menentukan tujuan kuliah, mungkin informasi di bawah ini bisa kamu jadikan masukan:

 

Berdasarkan data dari IMF dan CIA, Norwegia, Swiss, Denmark dan Austria adalah negara dengan tingkat pengangguran terendah di Eropa. Pasar kerja di Finlandia selalu stabil. Tingkat pengangguran di Irlandia bahkan mengalami penurunan, dari 8.4 ke 6.4%. Beberapa kota di Eropa yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan bagi mahasiswa internasional adalah: Paris, Barcelona, Dublin, Berlin, Vienna, Bucharest dan Amsterdam.

 

Seorang politisi terkenal di Jerman, Angela Merkel berkata bahwa jumlah ‘start-up’ di Berlin adalah pemicu dari perkembangan industri yang pesat. Kota ini akan menambah sekitar 100,000 lowongan kerja sebelum tahun 2010, berkat budayanya yang kolaboratif dan kaya akan informasi dan materi.

 

LIHAT PROGRAM KULIAH YANG TERSEDIA DI EROPA

 

 

 

Jika kamu tertarik untuk berkuliah di Inggris, beberapa kota di Inggris yang menawarkan pasar kerja menggiurkan adalah:

  • Aberdeen, Skotlandia – Tertarik mengambil jurusan teknik perminyakan dan gas? industri minyak dan gas di sini memberikan bayaran yang sangat menggiurkan.
  • Birmingham dan Leeds – punya gelar S2? Kamu bisa mencoba mengadu nasib di sini selain di London.
  • Bath sangat berprospek untuk tamatan arsitektur.
  • Cambridge menyediakan lowongan yang bagus bagi lulusan jurusan sains.
  • Jika kamu adalah ingin berkarir di bidang marketing, kamu bisa mempertimbangkan Peterborough
  •  Ingin kuliah jurusan ilmu lingkungan? Norwich menawarkan pasar kerja yang bagus.
  • Derby dan Warwickshire sangat terkenal dengan industri manufaktur dan teknik, sedangkan Newcastle terkenal akan teknik sipil dan mekanik.
  • Edinburgh dan Glasgow menawarkan beragam lowongan kerja, terutama untuk bidang keuangan dan hukum.
  • Keuangan, TI, dan manufaktur memiliki prospek yang bagus di Yorkshire.
  • Kawasan Barat Laut Inggris terkenal akan sektor hukum, keuangan, farmasi, pariwisata dan hiburan, terutama di Manchester.

 

LIHAT PROGRAM KULIAH YANG TERSEDIA DI INGGRIS

 

 

 

 

Di benua Amerika, Ames – Iowa adalah kota dengan tingkat pengangguran terendah, hanya 2.3%. Sangat rendah jika dibandingkan dengan California yang mencapai tingkat pengangguran 20.9%.

 

Di Kanada, Alberta adalah kota dengan tingkat pengangguran terendah, yaitu 7.9%.

 

LIHAT PROGRAM KULIAH YANG TERSEDIA DI AMERIKA DAN KANADA

 

 

 

Untuk kawasan Asia, Thailand, Singapura, Malaysia dan Hong Kong adalah beberapa negara yang boleh dipertimbangkan untuk berkarir setelah lulus kuliah.

 

LIHAT PROGRAM KULIAH YANG TERSEDIA DI ASIA

 

 

 

 

Sumber:

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

136946

Mengapa TOEFL dan IELTS penting untuk kuliah ke luar negeri?

Mungkin banyak yang bertanya, kuliah ke luar negeri kan bukan untuk belajar Bahasa Inggris, kenapa sih harus dapat nilai bagus di TOEFL atau IELTS biar bisa diterima di univesitas luar negeri?   Biasanya standar persyaratan masuk untuk diterima masuk ke universitas luar negeri adalah TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Nilai minimal yang diminta bisa lebih tinggi lagi jika Anda ingin mengambil

42938