Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

PERTANYAAN PENTING UNTUK DITANYAKAN KE UNIVERSITAS SEBELUM MELAMAR

PERTANYAAN PENTING UNTUK DITANYAKAN KE UNIVERSITAS SEBELUM MELAMAR

Mendaftar kuliah ke luar negeri perlu banyak informasi. Oleh karena itu sebelum kamu terjun lebih dalam sebaiknya ada beberapa poin yang harus kamu tanyakan ke universitas yang menjadi tujuan studimu.

 

Jika kamu juga berencana untuk menggunakan jasa konsultan pendidikan, pertanyaan-pertanyaan dibawah ini juga bisa kamu gunakan.

 

'Di mana saya bisa tinggal?'

Tahukah kamu akomodasi apa yang ditawarkan lembaga tersebut? Apakah akomodasi ini di dalam atau di luar kampus? Seberapa mahal akomodasi ini dan apa yang termasuk? Apakah kamu dijamin mendapat tempat di akomodasi dalam kampus di tahun pertamamu? Dukungan apa yang diberikan universitas untuk menemukan akomodasi di luar kampus?

 

 

 

'Seperti apa komposisi siswa internasional?'

Berapa banyak siswa yang saat ini terdaftar dari luar negeri? Dari negara mana para siswa ini berasal? Apakah ada banyak siswa dari Indonesia? Jika ya, apakah ada klub atau perkumpulan tertentu yang disesuaikan untuk siswa dari Indonesia?

 

 

 

'Bagaimana kuliah berjalan?'

Apakah materi diajarkan melalui satu arah, praktikum atau seminar? Berapa banyak siswa di kelas ini? Bagaimana struktur kuliah / seminar normal? Apakah kamu akan bekerja secara mandiri, atau dengan satu atau lebih siswa sebagai bagian dari kerja kelompok? Berapa jam yang biasanya siswa habiskan di kampus setiap minggu? Apakah ini termasuk waktu tatap muka dengan profesor di jam kerja mereka?

 

 

 

'Apa yang akan  dipelajari secara khusus dalam suatu kursus?'

Bisakah kamu  mendapatkan beberapa detail spesifik tentang materi yang akan  pelajari, yaitu penulis atau studi kasus tertentu? Apakah kamu bisa memilih modul yang ingin diambil? Atau apakah ada kurikulum inti yang wajib untuk semua orang?

 

 

 

'Apa yang telah dilakukan oleh lulusan sebelumnya dalam jurusan ini?'

Apakah universitas memiliki alumni terkemuka di bidangnya? Mungkin seseorang yang terkenal yang memiliki pengaruh kuat? Perusahaan atau organisasi apa tempat para alumni ini sekarang bekerja? Bisakah kamu mendapatkan pengalaman kerja dengan salah satu perusahaan ini atau bersama salah satu individu ini? 

 

 

 

'Apa yang harus saya pelajari jika saya ingin belajar di tingkat yang lebih tinggi nanti?'

Jika kamu memiliki cita-cita untuk belajar di tingkat pascasarjana atau tingkat studi lebih lanjut, apa yang harus kamu pelajari sebelumnya (yaitu di tingkat sarjana)? Kursus apa yang ditawarkan universitas yang dapat kamu pelajari yang memungkinkan naik level? Apakah ada jalur atau kursus pra-master yang tersedia?

 

 

 

"Kepastian tenggat waktu pendaftaran?"

Kapan tenggat waktu ini? Apakah ada tenggat waktu yang berbeda untuk siswa dari negara yang berbeda? Kapan batas waktu pendaftaran beasiswa untuk kursus ini? Apa yang perlu  disediakan sebelum tanggal ini?

 

 

 

'Seperti apa daerah setempat?'

Mengapa kamu harus belajar di wilayah itu? Apa saja atraksi utamanya? Apakah ada banyak kehidupan malam? Seberapa mudah berkeliling dengan transportasi umum? Apakah kota pelajar besar, atau campuran usia dan latar belakang?

 

 

 

'Bagaimana universitas dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan setelah saya menyelesaikan studi?'

Apakah universitas memiliki hubungan dengan industri atau organisasi lokal, nasional atau internasional? Apakah semua ini ada di bidang yang sama dengan yang  dipelajari? Apakah ada departemen atau layanan karier di kampus? Apakah ada kesempatan untuk menyelesaikan pengalaman kerja atau kerja praktek sebagai bagian dari kursus ?

 

 

 

 

Baca juga:

14 PERTANYAAN PENTING YANG PERLU KAMU TANYAKAN KEPADA KONSULTAN PENDIDIKAN

10 PERTANYAAN UNTUK UNIVERSITAS PILIHANMU SEHUBUNGAN VIRUS CORONA 

PERTANYAAN UMUM SAAT WAWANCARA BEASISWA

 

 

 

Wajib dibaca

article Img

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

194.7K
article Img

14 PERTANYAAN PENTING YANG PERLU KAMU TANYAKAN KEPADA KONSULTAN PENDIDIKAN LUAR NEGERI

Mendaftar kuliah ke luar negeri perlu banyak informasi dan waktu. Oleh karena itu tidak sedikit pelajar yang menggunakan jasa konsultan pendidikan untuk membantu pendaftaran ke universitas di luar negeri.   Baca juga: 5 kelebihan dari jasa konsultasi kuliah ke luar negeri .   Jika kamu juga berencana untuk menggunakan jasa konsultan pendidikan, berikut adalah daftar pertanyaan-pertanyaan penting yang perlu kamu tanyakan, supaya

78K