Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Study Exchange Program, Belajar Di Dua Negara!

3609

Sebelum kuliah di luar negeri, tentunya kamu harus memilih negara tujuan yang cocok untuk kamu. Tetapi bagi kamu yang tertarik dengan berberapa negara yang berbeda, mungkin pilihan tersebut sangat sulit. Untungnya, banyak universitas di luar negeri menawarkan program “study exchange” dimana mahasiswa universitas dapat belajar di negara lainnya untuk satu periode waktu, dari satu semester hingga satu tahun. Study exchange program adalah kesempatan baik untuk mendapatkan pengalaman tinggal di dua negara dan menikmati budaya dan suasana belajar yang berbeda.

Institusi luar negeri pada umumnya memiliki hubungan dengan banyak partner universitas di negara lain. Mahasiswa akan mengikuti kelas-kelas yang ditawarkan oleh partner university dalam jurusan yang sama, dan nilai yang diraih akan dikirim kembali ke universitas utama. Hal ini akan memberi kamu kesempatan untuk kuliah dengan dua sistem belajar yang berbeda dan sistem pengajaran guru yang variatif. Tentunya, ini akan menambah wawasan dan kemampuan kamu sebagai mahasiswa universitas.

Program study exchange juga merupakan sarana efektif untuk berbagi budaya dan belajar tentang negara-negara lain. Selama periode waktu yang telah ditentukan (dari 3 bulan hingga setahun) kamu dapat bertemu dengan orang-orang dari negara lain dan berinteraksi dengan budaya baru. Selain itu, kamu juga akan menambah teman dari berbagai negara—maka dari itu pengalaman ini sangat berharga.

Selama kamu mengikuti study exchange program, kamu akan tinggal di asrama universitas atau home-stay dimana kamu akan tinggal bersama sebuah keluarga di sana. Setiap universitas menawarkan jenis akomodasi yang berbeda-beda, maka dari itu ada baiknya untuk mencari tahu tentang akomodasi untuk mahasiswa internasional terlebih dahulu. Jumlah biaya untuk mengikuti study exchange program juga akan bergantung kepada universitas yang kamu minati. Tentunya, kamu harus melakukan riset melalui situs institusi dan mempersiapkan aplikasi visa dan akomodasi yang dibutuhkan.

Program ini tidak ditawarkan kepada semua mahasiswa dalam sebuah universitas. Pada umumnya, hanya berberapa mahasiswa yang benar-benar berminat dan menunjukkan kemampuan dalam nilai mereka yang akan diperbolehkan untuk mengikuti program study exchange. Selain transcript nilai, universitas kamu juga mungkin akan meminta penjelasan tentang mengapa kamu tertarik dengan program study exchange tersebut. Proses ini mungkin akan memakan banyak waktu dalam persiapannya, namun pengalaman yang dapat kamu raih akan sangat berharga dan menyenangkan!

Robert Taruna Prakoso, mahasiswa University of Surrey di Inggris terpilih untuk mengikuti program study exchange selama satu tahun di Singapore Management University, Singapura. Robert mengatakan bahwa sebagai mahasiswa yang masih muda, pengalaman untuk melihat negara lain dan jalan-jalan sekaligus belajar sangat menarik untuknya. Selain itu, universitas lain dapat menawarkan teknik pengajaran dan kesempatan berbeda-beda. “Saya tertarik belajar di Singapura untuk melihat aplikasi pelajaran yang saya terima dari University of Surrey di negara asia yang juga maju,” ujarnya.

 

Tertarik? Ada banyak sekali universitas yang menawarkan program study exchange ini, contohnya:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

TBC

Wajib dibaca

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

131648

Mengapa TOEFL dan IELTS penting untuk kuliah ke luar negeri?

Mungkin banyak yang bertanya, kuliah ke luar negeri kan bukan untuk belajar Bahasa Inggris, kenapa sih harus dapat nilai bagus di TOEFL atau IELTS biar bisa diterima di univesitas luar negeri?   Biasanya standar persyaratan masuk untuk diterima masuk ke universitas luar negeri adalah TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Nilai minimal yang diminta bisa lebih tinggi lagi jika Anda ingin mengambil

40958