Informasi penting
Australia: Pendaftaran Universitas

KULIAH DI AUSTRALIA TANPA TES IELTS

954

IELTS adalah ujian bahasa Inggris yang diakui secara global. Pada umumnya universitas-universitas di Australia mensyaratkan nilai IELTS minimal 5.5 atau 6.5, dan bahkan lebih tinggi, tergantung jurusan dan jenjang perkuliahan yang ingin kamu ikutil.

 

Tetapi, sebenarnya tidak semua universitas Australia mengharuskan IELTS lho. Berikut adalah beberapa pilihan jika kamu ingin kuliah di Australia tanpa ujian IELTS:

 

International Baccalaureate Programme:

Jika kamu telah menyelesaikan International Baccalaureate Programme, kamu bisa langsung mendaftar tanpa IELTS.

 

Program persiapan bahasa Inggris yang diakui:

Universitas-universitas ternama seperti Swinburne University of Technology, Macquarie University dan University of Melbourne memiliki kelas persiapan bahasa Inggris tersendiri yang dapat diikuti mahasiswa internasional yang belum memenuhi persyaratan masuk berbahasa Inggris. Setelah menamatkan program tersebut dengan baik, mahasiswa internasional dapat langsung diterima masuk ke program kuliah di universitas-universitas Australia tanpa menyertakan nilai IELTS.

 

Sebenarnya ini adalah cara yang bagus untuk memantapkan bahasa Inggris sekaligus menyesuaikan diri dengan kebiasaan dan tuntutan belajar mengajar di universitas Australia. Jadi mahasiswa internasional dapat pelan-pelan menyesuaikan diri, baik dengan bahasa, tuntutan belajar, budaya di lingkungan sekitar, dan mereka akan dipersiapkan dengan baik dari segi kelancaran berbahasa Inggris dan skill yang dibutuhkan untuk sukses mengikuti perkuliahan, misalnya, mencatat cepat di dalam kelas, melakukan riset untuk menyusun makalah, menuliskan argument yang baik, cara presentasi di depan kelas, cara menyampaikan pendapat di saat bekerja kelompok dan lain sebagainya. Skill-skill tersebut tidak akan mereka dapatkan di kelas persiapan IELTS. Dengan demikian, mahasiswa akan semakin mantap dan percaya diri untuk mengikuti perkuliahan, yang tentunya juga akan meningkatkan prestasi mereka.

 

Pengalaman Kerja:

University of Queensland tidak mensyaratkan IELTS bagi pendaftar yang pernah bekerja setidaknya 5 tahun di organisasi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

 

Selain IELTS:

Sebenarnya selain IELTS juga ada banyak tes bahasa Inggris lainnya yang diakui, walau tidak sepopuler IELTS. Mereka adalah TOEFL, Pearson Test of English (PTE) dan Cambridge English Advanced Exam (CAE) yang juga banyak diterima oleh universitas-universitas di Australia.

 

Program Jalur/Pathway:

University of Southern Queensland menawarkan sejumlah program Pathway yang membantu mahasiswa internasional meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Sama seperti program persiapan bahasa Inggris universitas, program pathway adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin memantapkan bahasa Inggris sekaligus menyesuaikan diri dengan budaya akademik Australia. Bedanya dengan kelas persiapan bahasa Inggris universitas adalah, program pathway mengajarkan pelajaran yang lebih spesifik. Misalnya kamu ingin mengikuti perkuliahan S1 jurusan desain, maka selain belajar bahasa Inggris yang berhubungan dengan desain (missal kosakata khusus), kamu juga akan belajar tentang dasar-dasar yang berhubungan dengan desain, misalnya sketsa, perpaduan warna, dan lain sebagainya. Setelah lulus dari pathway, kamu bisa langsung melanjutkan ke program S1 pilihanmu.

 

Berikut adalah universitas-universitas ternama di Australia yang tidak mewajibkan IELTS:

 

 

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS