Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas

SYARAT KULIAH DI KAMPUSNYA GITA GUTAWA (LSE)

SYARAT KULIAH DI KAMPUSNYA GITA GUTAWA (LSE)

Siapa tidak kenal Gita Gutawa, penyanyi yang sejak remaja telah berhasil memiliki karir yang sukses. Keberhasilan sejak muda ini tidak membuat Gita meninggalkan pendidikan. Bahkan di saat popularitasnya sedang naik, Gita memilih untuk kuliah ke luar negeri. Gita juga berhasil lulus dengan nilai bagus, dan dapat beasiswa LPDP untuk melanjutkan S2.

 

 

 

Tidak cukup menyandang gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 2011, Gita masih melanjutkan ke gelar S2 di London School of Economics and Political Science (LSE), Inggris.

 

 

Cara masuk ke London School of Economics (LSE)

 

London School of Economics, atau London School of Economics and Political Science, atau LSE, didirikan pada tahun 1895 oleh empat anggota Fabian Society termasuk George Bernard Shaw, berlokasi di Westminster, pusat kota London.

 

LSE adalah universitas riset publik yang bergabung dengan Universitas federal London pada tahun 1900. LSE mulai memberikan gelar dengan nama universitas pada tahun 1901 tetapi beralih ke pemberian gelar dengan namanya sendiri pada tahun 2008.

 

 

 

LSE adalah salah satu universitas terbaik di dunia dan menarik mahasiswa dan profesor dari seluruh dunia. Hampir 70 persen siswa LSE berasal dari luar Inggris dan berasal dari 155 negara. Pada 2017-18, dari hampir 12.000 siswa, lebih dari 8.000 berasal dari luar Inggris.

 

Untuk dapat kuliah di LSE, cukup sulit. Pada tahun 2017, LSE menerima lebih dari 21.000 lamaran untuk 1.600 tempat. Sejauh ini LSE telah menghasilkan 18 pemenang Hadiah Nobel.

 

 

Program sarjana di LSE

 

LSE menawarkan sekitar 40 program sarjana BA dan BSc selama tiga atau empat tahun dengan berbagai jurusan mulai dari Akuntansi hingga Ekonometrika dan dari Hubungan Internasional dan Sejarah hingga Manajemen dan Hukum.

 

 

Apa yang dicari LSE

 

LSE mempertimbangkan semua informasi yang disajikan dalam aplikasi UCAS (Layanan Penerimaan Universitas dan Kolese) dan merekrut siswa dengan prestasi akademik, potensi, dan motivasi terbaik, terlepas dari latar belakang mereka.

 

Para pelamar diharapka memiliki setidaknya dua A-level penuh atau IBDP (International Baccalaureate Diploma Program) Tingkat Tinggi dalam mata pelajaran, meskipun banyak pelamar mungkin menawarkan tiga atau empat.

 

Informasi aplikasi yang dipertimbangkan mencakup pencapaian akademik (dengan nilai yang diprediksi dan dicapai), kombinasi mata pelajaran, pernyataan pribadi, referensi guru, dan keadaan pendidikan (persyaratan mungkin berbeda untuk program dan dapat ditemukan di situs web LSE).

 

LSE melihat nilaimu dari dua tahun sebelum aplikasi diajukan. Kualifikasi apa pun, seperti A-level atau AP, yang belum kamu selesaikan tetapi diharapkan untuk diselesaikan di musim panas, dapat dicantumkan juga.

 

 

 

Jika bahasa Inggris bukan bahasa pertamamu, maka kamu perlu mendapatkan kualifikasi bahasa Inggris. Kamu harus memberikan bukti persyaratan bahasa Inggris pada saat masuk, meskipun ini tidak diperlukan selama proses aplikasi.

 

LSE akan mengambil informasi yang diberikan pada formulir aplikasi dan biasanya tidak melakukan wawancara. Apa yang benar-benar ingin dilihat dalam lamaran dan pernyataan pribadi kamu adalah motivasi akademis dan apakah kamu tertarik secara akademis tentang apa yang ingin kamu pelajari, apakah kamu memiliki minat yang dipertimbangkan pada gelar yang dipilih, dan apakah kamu memiliki bukti yang dapat dibuktikan tentang ini.

 

 

 

Pernyataan pribadi

 

LSE mewajibkam kamu untuk memastikan tata bahasa, tanda baca, dan ejaan yang baik dalam pernyataan pribadi, seperti esai tentang diri kamu  dan memberi kesempatan untuk menunjukkan daya saing, karena sekolah tidak melakukan wawancara.

 

Pernyataan tersebut juga harus mengikuti urutan logis dan harus ditulis setelah beberapa penelitian substansial ke dalam mata kuliah tujuanmu. Sebagian besar, itu harus berkaitan dengan minat akademis, dan hanya sekitar 20 persen tentang minat ekstrakurikuler diluar akademis.

 

Saat menulis pernyataan tujuan, kamu dapat bertanya pada diri sendiri mengapa kamu memilih mata pelajaran, apakah minat tersebut dipicu oleh mata pelajaran / kegiatan di luar pelajaran sekolah, apakah kamu telah memperoleh keterampilan dari mempelajari mata pelajaran lain, apakah kamu pernah mengikuti program di LSE atau universitas lain, apa yang telah kamu pelajari dari mereka.

 

 

Referensi guru

 

Salah satu syarat lainnya adalah mendapatkan referensi dari guru. Panduan bagi para guru tentang cara memberikan referensi kepada pelamar LSE adalah dengan meminta mereka untuk memberikan prediksi yang realistis tentang pencapaian akademik siswa mereka dan kapasitas mereka untuk melanjutkan studi di tingkat universitas, menjaga kinerja siswa dalam konteks pencapaian institusi secara keseluruhan, kapasitas mereka untuk kerja keras, sikap belajar, kesesuaian dengan program yang dipilih, kemampuan berpikir untuk diri sendiri, keadaan keluarga, dan kesenjangan dalam belajar, jika ada.

 

 

 

Cara mendaftar

 

Aplikasi harus dilakukan secara online, melalui UCAS (panduan untuk mengisi formulir aplikasi tersedia di situs web LSE). Aplikasi biasanya dibuka pada bulan September dan ditutup pada pertengahan Januari.

 

Meskipun pelamar internasional dapat mengirim aplikasi mereka dari September 2020 hingga Juni 2021, LSE menyarankan mereka untuk mengirimkannya sebelum batas waktu pada Januari 2021 (untuk entri September 2021; September 2021 untuk pelamar yang ditangguhkan). Aplikasi yang dikirim setelah Januari 2021 hanya dipertimbangkan jika masih ada tempat yang tersedia.

 

 

Biaya dan pendanaan

 

Biaya kuliah LSE untuk sarjana baru di luar negeri (non-Inggris dan non-UE) pada tahun 2020 adalah £ 21,570 ($ 27,712). Biaya tersebut mencakup biaya pendaftaran dan ujian, kuliah, kelas dan pengawasan individu, kuliah yang diberikan di perguruan tinggi lain di bawah pengaturan antar perguruan tinggi, dan keanggotaan Serikat Mahasiswa. Ini tidak mencakup biaya hidup atau perjalanan atau kerja lapangan.

 

Selain itu, siswa harus memiliki anggaran sebesar £ 1.100 - £ 1.300 per bulan untuk biaya hidup, termasuk akomodasi, perjalanan, makanan, binatu, biaya belajar, dan pengeluaran pribadi lainnya.

 

LSE memberikan dukungan finansial dalam bentuk beasiswa dan beasiswa kepada mahasiswa, termasuk yang berasal dari luar negeri.

 

Skema Dukungan Sarjana (USS) LSE memberikan bantuan keuangan kepada siswa luar negeri yang tidak memiliki dana yang diperlukan untuk memenuhi biaya studi mereka. Bantuan tersebut tergantung pada kebutuhan masing-masing siswa, tetapi biasanya antara £ 6,000 dan £ 15,000.

 

 

 

Tips diterima di LSE

  • Teliti berbagai program UG dan program pilihan studi
  • Tunjukkan bahwa kamu membaca dan menganalisis apa yang kamu baca
  • Ambil bagian dalam aktivitas yang meningkatkan minatmu pada subjek pilihanmu
  • Memenuhi atau melampaui persyaratan akademik LSE
  • Luangkan waktu untuk menyusun pernyataan pribadi
  • Pilih referensi guru yang mengetahui pencapaian akademik dan pribadimu

 

 

Program pascasarjana di LSE

 

160 LSE program magister, kursus diploma, dan program penelitian memungkinkan kamu untuk mempelajari subjek ke tingkat yang lebih dalam; mereka dapat bertindak sebagai kursus konversi dari mata kuliah gelar Anda, yang memungkinkan Anda memperoleh keterampilan yang berbeda; dan mereka dapat bertindak sebagai pelatihan penelitian untuk pekerjaan yang lebih maju. Melalui ceramah dan seminar, mereka memadukan pengalaman praktis dengan analisis akademis.

 

LSE juga menawarkan program master eksekutif untuk karir menengah dan eksekutif senior, termasuk MSc Finance, Master Eksekutif Administrasi Publik, program penelitian untuk PhD, program gelar ganda dua tahun bekerja sama dengan universitas di negara lain, dan program gelar bersama.

 

 

 

Persyaratan penerimaan

 

LSE mensyaratkan untuk program pascasarjana gelar dengan nilai setidaknya 70 persen dalam ujian akhir atau IPK 3,5 (dari 4) atau lebih tinggi dan kemahiran dalam bahasa Inggris. Untuk master, gelar kelas dua pertama atau atas dalam mata pelajaran yang sesuai dengan program yang diterapkan; untuk MPhil / PhD, gelar master yang diajarkan sesuai dengan subjek yang dipilih untuk penelitian; dan untuk program diploma, diperlukan gelar dan pengalaman.

 

 

Bagaimana cara mendaftar

 

Pelamar harus membuka akun online dan membayar biaya pemrosesan aplikasi sebesar £ 75 dengan kartu kredit atau debit. Dua referensi akademis dari tutor yang telah mengajar di universitas harus diberikan. 

 

Mereka yang lulus sebelum Januari 2018 dapat memberikan satu referensi non-akademik sebagai pengganti satu referensi akademik, biasanya dari pemberi kerja terbaru, dan mereka yang lulus sebelum Januari 2015 dua referensi profesional, jika mereka tidak dapat memberikan referensi akademik.

 

 

Biaya dan pendanaan

 

Biaya sekolah untuk siswa luar negeri dari program pascasarjana yang diajarkan sangat bervariasi tetapi dalam kisaran £ 22,608 - £ 36,984. Ini adalah antara £ 22.608 dan £ 29.760 untuk program gelar ganda mulai tahun 2020-2021, dan £ 22.608 dan £ 30.760 untuk program dua tahun mulai tahun 2020-2021. Biaya untuk program MPhil dan MRes untuk siswa luar negeri adalah £ 19,368.

 

LSE menawarkan lebih dari £ 13 juta dalam bentuk beasiswa kepada mahasiswa, termasuk mereka yang berasal dari luar Uni Eropa. Sekitar 19 persen dari pemegang penawaran master yang diajar mendapatkan akses ke beberapa bantuan keuangan. Bantuan tersebut dapat berupa antara 10 persen dari biaya sekolah dan biaya penuh serta pemeliharaan.

 

Selain itu, ada penghargaan berbasis kebutuhan untuk semua siswa, termasuk yang dari luar negeri, seperti Skema Dukungan Pascasarjana dan penghargaan master. Penghargaan berbasis negara termasuk beasiswa Yayasan Inlaks dan J. N. Tata Endowment.

 

 

 

 

Baca juga:

TIPS SUKSES BEASISWA DAN KULIAH ALA MAUDY AYUNDA 

5 UNIVERSITAS YANG MEMILIKI PEMANDANGAN INDAH 

Study in the UK

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

DOWNLOAD

Wajib dibaca

IELTS - Tes Kemahiran Berbahasa Inggris

Jika ingin belajar di negara berbahasa Inggris, Anda perlu membuktikan kemampuan dalam memahami dan berkomunikasi dengan bahasa Inggris sebelum memulai kuliah. Hotcourses sadar akan kepentingan tes IELTS dan TOEFL, dan kali ini memberitakan semua informasi yang perlu Anda ketahui... Ada banyak institusi yang mengisyaratkan Anda untuk membuktikan tingkat kompetensi tertentu dalam berbahasa Inggris, dan tes IELTS atau TOEFL adalah cara untuk menunjukkan

21.7K