Informasi penting
Amerika Serikat: Keuangan

INFO BEASISWA PASCARJANA KNIGHT-HENNESSY DARI STANFORD UNIVERSITY, ALMAMATER MAUDY AYUNDA

2 AGU 2021
163
Info Beasiswa Pascasarjana Knight-Hennessy Dari Stanford university, Almamater Maudy Ayunda

Tahun 2021 adalah tahun yang menandai kelulusan Maudy Ayunda dari program MBA & S2 bidang pendidikan di Stanford University. Prestasi Maudy ini tentunya tak bisa dipandang sebelah mata, karena Stanford adalah salah satu institusi yang telah lama rutin menduduki posisi 10 besar universitas terbaik di dunia.

 

Jika kamu ingin kuliah pascasarjana di Stanford seperti Maudy, tim Hotcourses Indonesia punya info mengenai beasiswa Knight-Hennessy yang bisa kamu gunakan untuk kuliah di sana. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Maudy Ayunda (@maudyayunda)

 

Apa Latar Belakang Beasiswa Ini?


Phil Knight, salah satu pendiri Nike dan alumni Stanford, beserta John Hennessy memulai program beasiswa ini pada tahun 2016 dengan dukungan dana sebesar USD400juta. Beasiswa ini bertujuan mengundang para mahasiswa internasional berprestasi dari berbagai bidang studi untuk menjalani kuliah pascasarjana di Stanford.

 

Selain berkesempatan untuk memperdalam ilmu di Stanford, para awardee beasiswa ini juga akan mengikuti King Global Leadership Program (KGLP). Program ini memiliki misi untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan para awardee agar mereka bisa membawa perubahan yang bermakna.

 

Para penerima beasiswa juga akan berkolaborasi untuk mencari solusi dari berbagai isu kontemporer, seperti perubahan iklim dan masalah sistem pelayanan kesehatan yang kurang merata.

 

 

Beasiswa Ini Menanggung Biaya Apa Saja?

 

Para awardee beasiswa Knight-Hennessy akan menerima pendanaan untuk hal-hal berikut:

  • Biaya kuliah dan biaya-biaya terkait lainnya;

  • Uang saku untuk biaya hidup dan keperluan kuliah (buku, materi kuliah, dsb);

  • Biaya tiket untuk 1 kali perjalanan dari dan ke Stanford tiap tahunnya;

  • Bila tertarik mengikuti kegiatan-kegiatan yang membantu kemajuan akademis (seperti konferensi atau penelitian), maka para awardee bisa mengajukan permintaan untuk dana tambahan.

 

Apakah Beasiswa Ini Punya Kuota Atau Prioritas tertentu?

 

Beasiswa Knight-Hennessy tidak memiliki kuota dan bisa digunakan untuk sebagian besar program pascasarjana di Stanford, seperti program DMA, JD, MA, MBA, MD, MFA, MPP, MS, dan PhD di berbagai bidang studi. Namun prioritas akan diberikan untuk pendaftar yang berencana kuliah minimal 2 tahun di Stanford.

 

Mahasiswa Seperti Apa Yang Dicari Oleh Program Beasiswa Ini?

 

Berikut adalah beberapa karakteristik yang dicari oleh program beasiswa Stanford ini:


1. Pemikir Independen

  • Memiliki ketajaman mental dan kemampuan intelektual yang baik

  • Haus akan pengetahuan dan pengalaman baru

  • Penuh ide-ide orisinal

  • Bisa memahami ambiguitas

  • Bisa mempertahankan opini kontra atau sudut pandang yang berbeda


2. Pemimpin Dengan Target Yang Bermakna

  • Penuh ambisi untuk menciptakan dunia yang lebih baik

  • Termotivasi untuk memajukan diri sendiri dan orang lain

  • Inklusif dan bisa membantu orang-orang lain meraih kesuksesan

  • Memiliki kesadaran diri dan kemampuan beradaptasi

  • Persisten dan ulet

 

3. Peduli Terhadap Komunitas

  • Rendah hati dan baik

  • Suportif dan bertanggung jawab

  • Terbuka menerima perbedaan

  • Peduli dan suka membantu sesama

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Amerika Utara

 

Apa Persyaratan Untuk Mendaftar Beasiswa Ini?

 

Beasiswa ini memiliki 2 persyaratan utama:

Pertama, pendaftar harus memiliki gelar yang setara dengan gelar Bachelor's Degree di Amerika Serikat. Khusus untuk Indonesia, gelar yang dianggap setara adalah gelar dari universitas yang reputasinya diakui secara internasional dan berasal dari program studi S1 berdurasi 4 tahun.  Gelar ini maksimal didapatkan 7 tahun sebelum tahun penerimaan.

 

Contohnya, untuk tahun 2022, program ini hanya menerima para mahasiswa yang mendapatkan gelar S1 pada Januari 2015 atau setelahnya. Sementara untuk tahun 2023, program ini menerima para mahasiswa yang yang mendapatkan gelar S1 pada Januari 2016 atau setelahnya.

 

Syarat kedua adalah pendaftar beasiswa harus telah mendaftar dan diterima sebagai mahasiswa purnawaktu di salah satu program pascasarjana di Stanford.

 

Dokumen Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Mendaftar?

 

Berkas-berkas berikut diperlukan saat mendaftar beasiswa Stanford ini:

  1. Transkrip nilai hasil studi S1 (dan S2, jika ada)
  2. Sertifikat nilai tes standar (contoh: GRE, GMAT dan TOEFL iBT). Kamu hanya perlu menyerahkan sertifikat nilai yang menjadi syarat masuk program pilihanmu. Jika program pilihanmu tidak mencantumkan syarat nilai tes standar apapun, maka kamu tidak perlu menyerahkan sertifikat nilai tes
  3. Resume 1 halaman dalam urutan kronologis
  4. Dua surat rekomendasi

 

Sebagai bagian dari pendaftaran, kamu juga akan diminta menjawab 3 pertanyaan berikut:

  • After graduating from Stanford, what are your immediate and long-term intentions?  How will your Knight-Hennessy Scholars experience prepare you to realize your intentions? (jawaban maksimal 250 kata)

  • Please tell us when you: a) made someone proud of you, b) were most challenged, and c) did not meet expectations. (jawaban maksimal 150 kata)

  • Please tell us eight improbable facts (things that are unlikely but true) about you. (jawaban maksimal 150 kata)

 
Selain itu, kamu harus menyertakan esai dengan topik sebagai berikut:

Connect the dots. How have the influences in your life shaped you? (maksimal 600 kata)

 

Bagaimana Cara Mendaftarnya?

 

Pendaftaran beasiswa ini harus dilakukan bersamaan dengan pendaftaran program pascasarjana di Stanford. Walaupun begitu, pendaftarannya tetap dilakukan secara terpisah.

 

Pendaftaran dapat dilakukan di situs resmi beasiswa Knight-Hennessy. Kamu hanya perlu mengisi semua data yang diminta dan menyertakan semua berkas yang diperlukan. Pastikan semua data dan dokumen sudah benar sebelum kamu klik tombol 'Submit'. Kamu tidak bisa membuat perbaikan atau revisi ketika tombol tersebut sudah di-klik.

 

Saksikan video berikut untuk mendapatkan tips mendaftar dari para awardee beasiswa ini.

 

 

Kapan Tanggal Pendaftarannya?

 

Tiap program pascasarjana di Stanford membuka pendaftaran di waktu yang berbeda-beda, jadi kamu sebaiknya memeriksa situs web program pilihanmu untuk tahu tanggal pastinya. Dengan begitu, kamu bisa melakukan pendaftaran beasiswa dan program pascsarjana di waktu yang sama. Pada umumnya, pendaftaran dibuka pada bulan Agustus tiap tahunnya.

 

Apa Proses Selanjutnya Setelah Melakukan Pendaftaran?


Setelah melakukan seleksi, pihak Stanford akan meminta 500 pendaftar untuk mengirimkan Video Statement dengan durasi maksimal 2 menit. Topik video tersebut adalah "Teach something to your cohort of fellow Knight-Hennessy Scholars". Pihak Stanford kemudian akan melakukan seleksi lanjutan untuk memilih 150 calon penerima beasiswa.

 

Pada tahap selanjutnya, 150 kandidat tersebut akan diundang untuk mengikuti Immersion Weekend di di Stanford. Kandidat yang tidak mengikuti acara ini tanpa alasan yang kuat akan dianggap gugur. Biaya perjalanan, akmodasi dan konsumsi saat acara ini akan ditanggung sepenuhnya oleh organisasi pemberi beasiswa.

 

Selama Immersion Weekend, para kandidat akan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas individu dan kelompok. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menilai apakah seorang kandidat bisa menjalani kuliah pascasarjana di Stanford dengan baik. Pengumuman finalis akan diumumkan setelah Immersion Weekend selesai.

 

Kalau kamu ingin informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini, kamu bisa mengakses situs resmi beasiswa Knight-Hennessy.

 

Jangan lupa bahwa kami menyediakan panduan kuliah di Amerika Serikat untuk membantumu menyongsong peluang studi di sana dan mencari tahu berbagai beasiswa yang tersedia. Coba juga alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik di AS berdasarkan kriteria pribadimu.

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di Amerika Serikat? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu merencanakan studi di Negeri Paman Sam ini.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

knight-hennessy.stanford.edu

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.

Mencari jurusan

Amerika Serikat
Pascasarjana