Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

6 Jalur Karir Alternatif Untuk Lulusan Jurusan Psikologi

share image
651

Jurusan kuliah psikologi terbukan untuk beragam kesempatan karir, baik dalam bidang yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan psikologi. Ini karena jurusan psikologi membekali mahasiswa dengan beragam transferable skills, contohnya keahlian penelitian dan komunikasi, yang keduanya dapat diterapkan dalam banyak pekerjaan.

 

Walaupun psikolog adalah pekerjaan yang umum yang dijalani oleh para mahasiswa lulusan jurusan psikologi, berikut ini adalah 6 pilihan karir yang tidak berhubungan langsung dengan psikologi yang dapat kamu pertimbangkan:

 

 

1. Guru

 

Jika kamu suka membagikan pengetahuan kepada orang lain, kamu dapat mempertimbangkan untuk menjadi guru sekolah dasar atau sekolah menengah.

 

Banyak pelajaran yang akan kamu terima sewaktu studi program sarjana kamu, seperti Motivasi Manusia, Kepribadian Manusia, dan Pengembangan Psikologi, yang dapat diterapkan dalam profesi ini untuk membantu perkembangan murid.

 


2. Sumber Daya Manusia (SDM)

 

Sebagaimana psikologi terlibat dalam studi tentang pemikiran dan tingkah laku manusia, karir dalam bidang sumber daya manusia terbukti menjadi karir yang menjanjikan bagi lulusan psikologi

 

Terdapat banyak spesialisasi dalam bidang SDM, termasuk pelatihan, penerimaan tenaga kerja, kompensasi dan manfaat, bergantung pada bidang minat kamu.

 

Banyak dari peran ini membutuhkan keahlian manusia yang baik serta pemahaman tingkah laku manusia, yang dimiliki oleh para lulusan psikologi.

 

 

3. Penasihat Karir

 

Penasihat karir atau konselor membantu mahasiswa dan pencari kerja menemukan karir yang cocok bagi mereka.

 

Hal ini mencakup dalam memberikan informasi tentang pilihan pendidikan dan karir, melakukan penilaian dan tes untuk mencari tahu minat dan nilai yang dapat mempengaruhi pilihan pendidikan dan karir mereka, serta memberikan perencanaan dalam bagaimana mereka dapat meraih cita-cita mereka.

 

Gelar psikologi kamu dapat menjadi landasan yang baik dalam karir ini tapi harus diingat tergantung di mana kamu bekerja, kamu mungkin harus membutuhkan gelar master dalam bidang konseling serta sertifikasi tambahan dalam bidang terkait.

 

 

4. Peneliti Pasar

 

Tergantung pada persyaratan program kuliah yang dipilih, jurusan psikologi biasanya akan mendapatkan paparan tentang ilmu kuantitatif dan kualitatif yang dapat berguna dalam karir penelitian pasar.

 

Keahlian penelitian dan statistik yang dipelajari lulusan psikologi juga akan berguna karena peneliti pasar akan bekerja dengan data.

 

Tipe pekerjaan yang akan kamu lakukan bergantung juga pada faktor seperti di mana kamu bekerja (di tempat klien atau agen) dan tipe penelitian yang kamu lakukan, kamu juga biasanya akan bekerja dengan menggunakan peranti lunak statistik untuk menganalisa data serta melakukan survei kualitatif atau kuantitatif.

 

 

5. Jurnalisme dan Komunikasi

 

Jurnalisme adalah karir yang menarik banyak orang dari semua bidang ilmu. Bidang ini dapat berguna bagi lulusan psikologi yang bisa menerapkan keahlian yang mereka dapatkan dari studi mereka, seperti komunikasi dan penelitian ke dalam profesi ini.

 

Tergantung pada peran kamu, kamu juga mungkin harus melakukan penelitian dan menulis artikel, melakukan wawancara dan mencari relasi dengan surat kabar potensial.

 

Terlepas dari media, peran komunikasi lain yang dapat dipertimbangkan oleh lulusan psikologi mencakup relasi publik dan periklanan. Keduanya membutuhkan pemetaan klien atau brand tertentu, yang dapat sukses dilakukan dengan pemahaman tentang psikologi.

 

Sebagai contoh, dalam periklanan, menggunakan warna tertentu dapat membangkitkan emosi tertentu pada seseorang. Dengan pengetahuan ini, pengiklan dapat mendesain iklan mereka untuk membuat konsumen tertarik pada produk mereka, atau menghindari warna merah untuk brand yang ingin memberikan rasa percaya, sebagaimana warna ini biasanya diasosiasikan dengan rasa marah.

 

 

6. Akademisi

 

Jika kamu memiliki gairah dalam penelitian, karir sebagai akademisi juga cocok bagi kamu.

 

Akan tetapi, bergantung di mana kamu bekerja, peran kamu mungkin dapat melibatkan baik penelitian dan pengajaran, hanya penelitian atau hanya pengajaran.

 

Untuk menjadi akademisi, kamu juga harus meningkatkan lagi studi kamu dan meraih gelar master atau doktorat dalam bidang yang kamu minati.

 

Tertarik dengan jurusan kuliah Psikologi? Klik di sini untuk menemukan program kuliah yang cocok untukmu!

 

 

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

74074