Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

BIDANG SPESIALISASI KEDOKTERAN YANG DIBUTUHKAN PASCA PANDEMI

Bidang Spesialisasi Kedokteran Yang Dibutuhkan Pasca Pandemi

Tiap tahunnya, firma rekrutmen Merrit Hawkins secara rutin menerbitkan laporan mengenai profesi tenaga kesehatan yang sedang banyak dibutuhkan. Namun pada tahun ini, Merrit Hawkins menambahkan catatan khusus mengenai bidang-bidang spesialisasi kedokteran yang akan banyak dicari pada masa pasca pandemi COVID-19.

 

Jika kamu seorang dokter yang sedang berpikir untuk mengambil program pendidikan dokter spesialis di luar negeri, bidang-bidang yang tercantum dalam laporan ini perlu kamu pertimbangkan. Bidang-bidang spesialisasi ini dianggap bisa membantu menangani permasalahan kesehatan jangka panjang yang disebabkan COVID-19 dan juga meningkatkan kesiagaan untuk menghadapi pandemi-pandemi lain di masa mendatang.

 

Penasaran dengan dokter spesialis yang akan banyak dibutuhkan di masa pasca pandemi? Langsung saja baca infonya di bawah ini.

 

1. Dokter Spesialis Psikiatri

Dokter Spesialis Psikiatri akan banyak dibutuhkan di masa pasca pandemi - Hotcourses Indonesia

 

Dengan adanya rasa cemas atau stres seputar penularan virus serta dampak psikologis dari PPKM dan isolasi mandiri, dunia kita kini bisa dikatakan tengah mengalami krisis kesehatan mental. Karena itu, WHO mengeluarkan pernyataan bahwa isu kesehatan mental bisa menjadi dampak berkepanjangan dari pandemi COVID-19. 

 

Melihat fakta di atas, sudah jelas bahwa Dokter Spesialis Psikiatri memiliki peran yang penting di masa pandemi dan sesudahnya. Selain membantu para pasien menjaga kesehatan mental mereka, para psikiater juga bisa turut berpartisipasi dalam menekan lajunya penularan virus di kalangan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa).

 

Coba telusuri direktori jurusan Hotcourses Indonesia untuk menemukan berbagai jurusan psikiatri di luar negeri.

 

2. Dokter Spesialis Penyakit Infeksi

Dokter Spesialis Penyakit Infeksi akan banyak dibutuhkan di masa pasca pandemi - Hotcourses Indonesia

 

Dokter Spesialis Penyakit Infeksi sebenarnya masih terbilang langka. Namun ternyata bidang spesialisasi ini sangatlah penting untuk menanggapi penyebaran virus corona baru dan varian-variannya.

 

Selain COVID-19, dokter yang mendalami spesialisasi ini dibutuhkan untuk menangani hal-hal seperti HIV, ebola, Hepatitis C dan TBC. Para pasien yang mengalami masalah imunitas juga membutuhkan jasa dokter spesialis ini karena mereka lebih rentan terhadap penyakit infeksi.

 

Tertarik dengan bidang ini? Langsung saja baca daftar universitas yang menawarkan jurusan penyakit infeksi di luar negeri.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

3. Dokter Spesialis Pulmonologi

Dokter Spesialis Pulmonologi akan banyak dibutuhkan di masa pasca pandemi - Hotcourses Indonesia
 

Virus corona baru yang tengah kita hadapi adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Maka itu, Dokter Spesialis Pulmonologi (ahli paru) dibutuhkan di masa pasca pandemi untuk merawat para pasien yang mengalami masalah jangka panjang di sistem pernapasan mereka karena COVID-19.

 

Sudut pandang spesialis pulmonologi juga diperlukan dalam penyusunan rencana penanganan pandemi di masa depan, khususnya pandemi yang berhubungan dengan sistem pernapasan.

 

4. Dokter Spesialis Terapi Intensif

Dokter Spesialis Terapi Intensif akan banyak dibutuhkan di masa pasca pandemi - Hotcourses Indonesia

 

Pandemi COVID-19 yang tengah kita hadapi telah mengakibatkan peningkatan kasus pasien komorbid yang harus dirawat di ICU. Jadi tak bisa disangkal bahwa kehadiran Dokter Spesialis Terapi Intensif sangat krusial dalam penanganan pandemi ini.

 

Namun peran dokter yang mendalami spesialisasi ini tentunya tak berakhir di masa pandemi ini saja. Dengan meningkatnya laporan mengenai long covid, diperkirakan akan ada banyak pasien yang membutuhkan perawatan dari Dokter Spesialis Terapi Intensif secara jangka panjang - bahkan ketika pandemi resmi dinyatakan berakhir.

 

Kamu bisa menemukan berbagai program studi di bidang terapi intensif di direktori jurusan kuliah Hotcourses Indonesia.

 

5. Dokter Spesialis Kedokteran Emergensi

Dokter Spesialis Kedokteran Emergensi akan banyak dibutuhkan di masa pasca pandemi - Hotcourses Indonesia

 

Spesialis kedokteran emergensi biasanya merupakan salah satu spesialisasi yang banyak dicari. Namun ternyata jumlah lowongan kerja untuk dokter yang mengambil spesialisasi ini tengah berkurang. Hal ini disebabkan lonjakan biaya pengoperasian IGD di masa pandemi COVID-19, sehingga banyak rumah sakit terpaksa mengurangi tenaga kerja spesialis kedokteran emergensi untuk berhemat.

 

Saat pandemi usai, lowongan untuk Dokter Spesialis Kedokteran Emergensi diprediksi akan kembali bertambah. Selain RS, banyak badan lain juga akan membutuhkan sudut pandang para Dokter Spesialis Kedokteran Emergensi dalam perumusan kebijakan penanganan pandemi yang lebih baik di masa depan - khususnya kebijakan yang berhubungan dengan para nakes front liner.

 

Jika bidang ini menarik untukmu, langsung saja kulik berbagai program studi dalam bidang kedokteran emergensi di direktori jurusan Hotcourses Indonesia.

 

Telehealth

 

Selain melaporkan jenis-jenis spesialisasi kedokteran yang dibutuhkan pasca pandemi, Merrit Hawkins juga menyorot pergeseran pasien ke ranah online.

 

Sejak kemunculan pandemi COVID-19, banyak pasien (terutama yang berumur muda) menghindari datang ke klinik atau RS dan lebih memilih untuk menggunakan layanan telehealth serta telemedicine.

 

Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut di masa mendatang, jadi para dokter dan tenaga kesehatan lainnya harus melengkapi diri mereka dengan keterampilan di ranah tersebut.

 

Keahlian dalam telehealth dibutuhkan oleh para nakes di masa pasca pandemi - Hotcourses Indonesia

 

Jangan lupa bahwa kamu bisa membaca berbagai artikel mengenai kuliah kedokteran di luar negeri untuk membantu perencanaan studimu. Kamu juga bisa menggunakan alat Pencari Jurusan kami untuk menemukan universitas di luar negeri yang menawarkan jurusan kedokteran terbaik serta sesuai dengan kriteria pribadimu

 

 

Mau tanya-tanya soal kuliah kedokteran di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP yang siap membantumu mendaftar dan kuliah di berbagai universitas mancanegara unggulan!

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

mdlinx.com
alodokter.com
kompas.com

Mencari jurusan

Pilih negara
Pascasarjana

Wajib dibaca

article Img

QS GLOBAL MBA RANKINGS: 10 INSTITUSI DENGAN PROGRAM MBA TERBAIK DI DUNIA

Sedang mencari jurusan S2 yang bisa membawa perubahan karir yang positif untukmu? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan kuliah MBA di luar negeri. Program MBA dikenal sebagai salah satu program pascasarjana terpopuler di dunia karena memberikan mahasiswanya kesempatan untuk melakukan 3 hal: naik jabatan, meningkatkan gaji, dan berganti industri. Jurusan MBA juga menyediakan akses ke jejaring alumni yang bisa meningkatkan prospek kerja dan kesempatan kolaborasi.

85.1K