Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

KULIAH JURUSAN PERTANIAN DI LUAR NEGERI DAN KAMPUS TERBAIKNYA

KULIAH JURUSAN PERTANIAN DI LUAR NEGERI DAN KAMPUS TERBAIKNYA

Mengapa Belajar Pertanian di Luar Negeri

 

Mempelajari produksi pangan di luar negeri memberimu kesempatan untuk fokus pada teknik pertanian baru dan kuno, dengan perspektif yang yang lebih luas tentang pertanian. Siswa dapat belajar dari keluarga petani dan praktisi yang teruji dan sejati yang mengetahui tanah dengan baik dan memiliki banyak hal untuk diberikan melalui pengetahuan dan pengalaman mereka. Memahami bagaimana petani berinteraksi dengan tanah yang jauhnya ribuan km dapat memperluas cara siswa mendekati subjek pertanian di negara sendiri.

 

Sebagian besar program studi pertanian di luar negeri menekankan pengalaman langsung, dengan pelatihan penelitian lapangan dan peluang untuk bekerja dengan penduduk setempat yang dapat memperkenalkan kamu pada praktik pertanian tradisional, upaya konservasi, serta tujuan dan taktik produksi lahan. 

 

 

 

Beberapa program studi pertanian di luar negeri menawarkan kesempatan untuk bekerja di fasilitas penelitian yang canggih, di mana perusahaan dan ilmuwan bekerja untuk menciptakan dan menerapkan sistem dan teknologi baru. Mempelajari pertanian di luar negeri akan memberimu perspektif baru tentang produksi pangan, termasuk penjabaran terhadap tantangan yang dihadapi para petani di negara lain.

 

Program Studi Pertanian Luar Negeri

 

Banyak program studi pertanian di luar negeri menawarkan kursus yang berkaitan dengan pemanasan global dan praktik konservasi, atau pada topik yang lebih spesifik, seperti ilmu hewan, bisnis pertanian, produksi dan manajemen tanaman, pendidikan pertanian, pengelolaan air, dan pertanian berkelanjutan.

 

Beberapa tema umum muncul di seluruh program dan lokasi studi pertanian di luar negeri.

 

Pertama, sebagian besar bersifat langsung dan mencakup kunjungan situs, pengumpulan data, dan analisis. Sebagian besar program studi pertanian di luar negeri berfokus pada hubungan antara manusia dan satwa liar yang spesifik dengan lingkungan lokal, sesuatu yang hanya dapat ditawarkan oleh pendidikan internasional. 

 

Tema lainnya adalah bagaimana manusia dapat menemukan solusi berkelanjutan untuk masalah global, seperti air, limbah, dan kesehatan masyarakat. Semua masalah ini penting bagi setiap mahasiswa pertanian, karena bidangnya cenderung difokuskan untuk menciptakan hubungan yang langgeng antara manusia dan lahan di sekitar mereka.

 

Sebagian besar program studi pertanian di luar negeri ditawarkan sepanjang tahun akademik, baik selama semester musim gugur atau musim semi, dengan beberapa program ditawarkan untuk waktu yang lebih singkat di musim panas atau Maymester.

 

 

 

Prospek karir jurusan pertanian

 

Apakah kamu masih menganggap pekerjaan  yang berhubungan dengan pertanian adalah pekerjaan rendahan? Jika tidak, maka tepat sekali pemikiranmu. Industri pertanian dengan segala perkembangan dan inovasi yang ada, pekerjaan di bidang pertanian sudah tidak sangat luas cakupannya dan tidak hanya berkutat di lapangan.

 

Lulusan ilmu pertanian, selain memiliki pilihan kerja yang berhubungan langsung dengan pertanian, saat ini sudah banyak juga pekerjaan yang tidak berhubungan langsung.

 

Hal ini dikarenakan banyaknya ruang lingkup yang dipelajari saat berkuliah ilmu pertanian, seperti struktur tanaman, mikrobiologi, serta nutrisi yang bisa berguna di jurusan lain.  

 

Dibawah ini adalah beberapa pekerjaan yang berhubungan langsung dengan pertanian:

 

  • Manager Perkebunan

  • Konsultan Pertanian

  • Inspektur Pedesaan

  • Ilmuwan Tanah

  • Ilmuwan Spesialis Genetik Tumbuhan


 


 

Beberapa pilihan karir lain yang berkaitan, namun tidak berhubungan langsung dengan pertanian:

 

  • Nutrisionis Hewan

  • Penguji Coba Lahan

  • Jurnalis Pertanian/Perkebunan

  • Petugas surveyor lahan

 

Kampus pilihan terbaik jurusan pertanian

 

Wageningen University & Research, Belanda

 

Wageningen terletak strategis di sebuah kawasan yang dikenal sebagai Food Valley yaitu kawasan padat pabrik makanan di Belanda. 

 

Pengalaman yang lama, riset yang rutin dan inovatif, Wageningen selalu masuk dalam jajaran kampus favorit untuk studi pertanian dan kehutanan. Kampusnya saja penuhHal ini juga terlihat dari ciri kampus yang memiliki banyak ruang hijau dan kebun vertikal keren di dalam gedungnya. 

 

Swedish University of Agricultural Sciences, Swedia

 

Berlokasi di Uppsala, Swedia, kampus khusus jurusan pertanian ini memiliki empat fakultas yang bisa kamu pilih yaitu Faculty of Landscape Planning, Horticulture and Agricultural Sciences; Faculty of Natural Resources And Agriculture Sciences; Faculty of Veterinary Medicine and Animal Science; dan terakhir Faculty of Forest Sciences. 


 

University of California Davis, Amerika Serikat

 

Kampus yang sering dikenal dengan nama singkat UC Davis ini pun jadi tujuan para pelajar dari berbagai negara untuk belajar pertanian, peternakan dan kehutanan. UC Davis bahkan punya hutan kampus yang sering dipakai untuk rekreasi dan riset. 

 

UC Davis terletak di Sacramento, Amerika Serikat dan salah satu fakultas favoritnya adalah College of Agricultural and Environmental Sciences. Pilihan jurusannya beragam, mulai dari pertanian umum sampai yang khusus. Jurusan pertanian dan perikanannya digabung dengan cabang biologi lainnya seperti studi lingkungan dan hewan.

 

 

 

Baca juga:

SERUNYA PENGALAMAN OSPEK KAMPUS DI LUAR NEGERI

PELUANG KARIR LULUSAN MBA DALAM PEMASARAN DIGITAL

8 ALASAN MENGAPA KAMU HARUS KULIAH ADMINISTRASI PUBLIK 

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

81K