Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

MEMILIH JURUSAN KULIAH SESUAI DENGAN KEPRIBADIANMU

904

Memilih jurusan kuliah adalah problem yang perlu kamu lewati sebelum menjadi mahasiswa. Memilih jurusan yang tepat sangatlah penting untuk prestasi kamu di masa depan, untuk membuatmu terus termotivasi untuk mencapai yang terbaik dan menikmati apa yang kamu lakukan.

 

Bagaimana cara memilih jurusan yang tepat? Para psikolog menyarankan sebaiknya mengenali diri sendiri terlebih dahulu sebelum memilih jurusan. Kamu bisa memulai dengan memikirkan kembali apa yang kamu suka, apa kelebihanmu, keahlian yang kamu miliki, dan karir seperti apa yang ingin kamu tekuni di masa depan.

 

Di bawah ini adalah gambaran umum tentang karakter dan jurusan yang cocok untuk dipilih. Semoga bermanfaat…

 

 

Pendidikan

 

 

Apakah selama ini kamu suka membantu orang, termasuk membantu menjelaskan pelajaran kepada teman yang belum paham, kamu selalu tau cara untuk membuat teori yang rumit terdengar gampang? Selain itu, kamu dikenal sebagai orang yang ceria dan ramah? Kebanyakan mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan juga memiliki karakter tersebut. Mungkin kamu adalah salah satu bagian dari mereka?

 

Cek juga prospek kerja dan cara mendaftar untuk jurusan pendidikan

 

 

Teknik

Jika kamu selalu penasaran dengan semua hal teknis, seperti apa yang membuat jarum jam berputar, kemudian berpikir bagaimana cara membuatnya sesuatu yang serupa atau lebih baik, kamu boleh mempertimbangkan jurusan teknik. Selain seorang pemikir dan pengamat, kamu juga kreatif dan analis, otakmu tidak pernah berhenti berputar dan bertanya mengapa begini, mengapa begitu.

 

Teknik adalah jurusan yang sangat luas dan terbagi menjadi banyak jurusan khusus. Supaya lebih yakin, cek dulu yuk prospek kerja dari macam ragam jurusan teknik.

 

 

Bisnis

 

 

Kamu adalah seseorang yang aktif dan pintar bergaul? Kamu dengan mudah berbaur dengan semua orang, tanpa peduli itu adalah teman sebaya, om-om dan tante, hingga nenek tetangga? Kelebihan ini sangat dibutuhkan di dunia bisnis, dimana koneksi dan informasi itu sangat penting. Jadi, mengapa tidak mempertimbangkan jurusan bisnis?

 

Baca juga: prospek kerja dan gaji manajemen bisnis

 

 

Ilmu Politik

 

 

Kamu sudah seperti surat kabar berjalan, updated banget dengan semua isu politik, dari dalam negeri hingga luar negeri. Selain itu juga bisa memberikan pendapat dengan kritis. Terkadang bahkan mencoba memikirkan solusi untuk masalah yang sedang terjadi. Kamu juga menikmati terlibat dalam debat dan diskusi. Jika merasa ilustrasi di atas itu kamu banget, coba deh pertimbangkan kuliah jurusan politik.

 

Baca juga: prospek kerja jurusan administrasi negara dan hubungan internasional.

 

 

Bahasa Inggris

Kamu suka bahasa Inggris, suka baca novel, dan setelah itu menganalisa novel per bab. Selain itu, kamu juga suka menonton film dan drama dalam Bahasa Inggris dan gemar membahasnya dengan teman-temanmu, bukan hanya tentang cerita, tetapi juga makna dan moral behind the story, dan kadang temanmu menganggapmu berpikir terlalu jauh. Jika demikian, kamu mungkin akan menikmati jurusan bahasa Inggris, baik itu untuk sastra atau dengan tujuan mengajar.

 

 

Fisika

Kamu adalah seseorang yang ilmiah, tidak masalah dengan menghafal teori, suka riset, suka membaca majalah ilmiah, atau meng-google sesuatu yang berbau ilmiah, misalnya bagaimana black-hole itu terbentuk, apakah benar bahwa Einstein meninggalkan rumus tentang mesin waktu dan sebagainya. Jika demikian, jurusan fisika bisa menjadi kelas yang menarik untukmu.

 

 

Seni dan Teater

Yang pasti kamu PD aja tampil di depan umum. Kamu merasa seni itu bukan sekedar seni, dan terkadang susah menjelaskan dengan kata-kata, tetapi lebih gampang menjelaskan dengan gambar, gerakan atau contoh.

 

Seperti apa prospek kerja seni dan pertunjukan? Cek disini.

 

 

Fashion dan Desain Interior

Kamu itu modis, sangat memperhatikan hal-hal mendetil, dan peka dengan estetika. Kamu enjoy banget memadukan sesuatu sesuai dengan aliran, baik itu kontemporer, klasik, atau genre tertentu. Game favorit kamu adalah The SIMS atau sejenisnya, dan PR kerajinan tangan selalu kamu kerjakan sendiri.  Jika demikian, kamu akan menikmati karir di bidang desain. Apakah itu desain baju atau ruang, tentu saja perlu kamu sesuaikan dengan minat kamu.

 

Cek dulu yuk prospek kerja fashion design dan interior.

 

 

Matematika

 

 

Kamu suka menyelesaikan puzzle, menghitung, teka-teki, dan bermain dengan rumus. Kamu menyukai sesuatu yang pasti dan terencana.

 

Setelah lulus kerja apa? Cek 14 pekerjaan dengan gaji besar bagi penyuka matematika.

 

 

Sejarah

 

 

Kamu selalu penasaran proses terjadinya suatu hal, punya imajinasi tinggi, suka dengan cerita-cerita non-fiksi dan tertarik dengan budaya asing. Kamu juga bisa melihat dunia dari sudut pandang tokoh-tokoh dari masa lalu.

 

 

Kedokteran

Kamu orang yang terorganisir, memiliki rencana ke depan, suka menerapkan ilmu pasti dalam kehidupan nyata. Jadi, walau kamu suka sesuatu yang berbau ilimiah, tidak berarti kamu adalah seorang nerd. Kamu juga cerdas dalam bersosialisasi.

 

Bahasa Asing

 

 

Kamu percaya dunia ini sangat luas, dan kamu ingin menjelajahinya, berpetualang, mengenal orang-orang baru, cerita baru, budaya baru dan semua itu menarik untukmu.

 

 

Psikologi

Bagimu, pikiran manusia adalah sesuatu yang sangat mengagumkan. Kamu suka menganalisa orang dan menebak pikiran dan perasaannya. Kamu orang yang sensitive dan peka dengan perasaan. Kamu tidak melihat sesuatu hal dari permukaan saja dan percaya semua itu pasti ada penyebabnya.

 

 
Sumber:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS