Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Prospek Kerja dan Persyaratan Jurusan Ekonomi

26471

APA ITU JURUSAN EKONOMI ?

 

Secara umum, ilmu ekonomi mempelajari bagaimana masyarakat mengambil, mengelola dan mengalokasikan sumber daya yang terbatas.  Asal kata ekonomi diambil dari istilah Yunani "oikonomia" yang memiliki arti cara mengelola pekerjaan-pekerjaan rumah tangga dan tugas administrasi.

 

Ilmu Ekonomi dibagi menjadi dua bagian besar; Mikro Ekonomi dan Makro Ekonomi. Mikro Ekonomi terpusat pada pasar individu beserta struktur dan para pemain kuncinya, sedangkan Makro Ekonomi membahas mengenai Ilmu Ekonomi baik dalam skala nasional maupun internasional.

 

 

5 TRANSFERABLE SKILL/KEAHLIAN YANG AKAN DIPELAJARI DI JURUSAN EKONOMI

 

Hampir semua lapangan pekerjaan membutuhkan lulusan ilmu ekonomi, baik di sektor swasta maupun pemerintah. Hal ini karena jurusan ekonomi mengajarkan skill-skill utama yang dibutuhkan di pasar kerja. Beberapa di antaranya adalah:

 

 

1. Daya Analisa dan Evaluasi

Sewaktu kuliah ekonomi, kemampuan analisa kamu akan terus diasah. Kamu akan belajar untuk mengubah angka-angka statistik dan grafik menjadi informasi yang bisa dipakai untuk menyelesaikan masalah, membuat keputusan, atau memprediksi keadaan pasar di masa depan. Daya analisa dan evaluasi ini sangat berharga di pasar kerja. Memiliki skill yang satu ini, kamu bisa diterima bekerja dimana saja.

 

 

2. Keahlian Berhitung

Di jurusan ekonomi, kamu tidak bisa menghindar dari angka. Grafik, laporan, dan data statistik akan menjadi makanan sehari-hari. Kamu perlu menghitung, mengingat angka dengan cepat, dan mengerti apa yang angka-angka tersebut sampaikan mengenai apa yang sedang terjadi, apa yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah, atau mencegah kerugian yang mungkin bisa terjadi di masa depan.

 

 

3. Kesadaran Budaya

Di jaman sekarang, perusahaan kecil sekalipun bisa memiliki kerjasama bisnis dengan luar negeri. Jadi kemampuan untuk menyesuaikan diri dan membawa diri di budaya yang berbeda sangatlah penting. Dengan belajar ekonomi, kamu akan mempelajari ilmu dan mengerti bagaimana perbedaan budaya mempengaruhi sektor social, politik dan ekonomi.

 

 

4. Keahlian Komunikasi

Angka dan grafik hanyalah sekedar nominal yang tidak berarti jika tidak bisa diterjemahkan menjadi informasi yang bisa dimengerti. Sewaktu berpresentasi, tantangan yang harus dihadapi oleh para lulusan ekonomi adalah, menyampaikan laporan, presentasi atau proposal yang bisa dimengerti oleh semua pihak, bahkan oleh klien mereka yang tidak mengerti istilah ekonomi.

 

 

5. Menyelesaikan Masalah

Mahasiswa jurusan ekonomi akan dilatih untuk berpikir kritis. Mereka akan belajar dari banyak studi kasus, menilai masalah yang ada, dan mencari solusi yang tepat.

 

 

 

 

PROSPEK KERJA LULUSAN JURUSAN EKONOMI

 

Ilmu Ekonomi selalu menjadi ilmu yang menarik. Perekonomian dunia yang selalu diwarnai dengan berbagai tantangan membuat perusahaan-perusahaan untuk merekrut lulusan dengan pengetahuan ekonomi yang lebih mendalam.

 

 

Secara umum, lulusan dari jurusan ekonomi dapat berkarir di bidang perbankan, akuntansi, konsultasi bisnis dan keuangan, sektor public, actuarial dan analisis data, dan masih banyak lagi.

 

Seperti apa pekerjaan lulusan ekonomi? Berikut ini adalah beberapa contohnya:

 

Analis Riset Pasar

Analis Riset Pasar menganalisa nilai dari suatu produk atau jasa sebelum dipasarkan. Dalam pekerjaan mengumpulkan dan menganalisa data, analis riset pasar biasanya menggunakan perangkat lunak (software). Dipadukan dengan keahlian menulis laporan dan statistik, mereka kemudian akan membuat laporan dan grafik untuk dijelaskan kepada klien.

 

Konsultan Ekonomi

Konsultan Ekonomi menggunakan keahlian riset dan analitik untuk menganalisa keadaan ekonomi, berbagai hal dan tren industri yang akan mempengaruhi produksi, perluasan usaha dan investasi dari klien mereka. Untuk memberikan laporan yang akurat, konsultan ekonomi harus menguasai banyak wawasan, baik itu hukum, peraturan pemerintah, kejadian terkini yang mungkin mempengaruhi investasi atau usaha klien.

 

Manajer Kompensasi dan Tunjangan

Manajer kompensasi dan tunjangan mengatur sistem pembayaran dan tunjangan untuk karyawan suatu perusahaan. Mereka biasanya bekerja sama dengan departemen sumber daya manusia. Manajer kompensasi dan tunjangan akan mempelajari tren permintaan dan ketersediaan tenaga kerja terkini, untuk menentukan seberapa besar gaji yang dibayarkan untuk setiap posisi kerja.

 

Actuaris

Actuaris menggunakan keahlian matematika dan statistic untuk menentukan nilai dari aset-aset yang dapat diasuransikan, baik itu akibat kebakaran, sakit, tutup usia atau kebangkrutan. Mereka perlu berdepan dengan angka-angka dan rumusan, untuk menghitung nilai aset-aset tersebut. Dalam pekerjaannya, mereka dibantu oleh software komputer, sehingga dapat membuat grafik dan mempresentasikan hasilnya bagi tim manajemen. 

 

Analis Kredit

Analis kredit menilai resiko dari suatu pinjaman, baik itu pinjaman untuk individual atau perusahaan. Mereka akan menilai berdasarkan tren ekonomi terkini dan berbagai faktor lainnya seperti keadaan industri, competitor dan lain sebagainya, kemudian menentukan jumlah dan bunga pinjaman yang dapat diberikan kepada klien.

 

Analis Keuangan

Analis keuangan meriset perusahaan, industri, saham, aset dan investasi. Mereka kemudian akan membuat laporan untuk departemen keuangan dari perusahaan, bank, agen kredit, dan investor swasta. Keputusan mereka sangat menentukan jalur investasi, penawaran nilia saham, dan harga merger/akuisisi suatu perusahaan.

 

Konsultan Manajemen

Konsultan Manajemen menganalisa masalah-masalah bisnis dan solusinya. Lulusan baru biasanya memulai karir mereka di posisi analis riset, asisten riset, atau konsultan junior dimana mereka membantu pekerjaan staf yang lebih senior.

 

 

 

 

PERSYARATAN KULIAH JURUSAN EKONOMI DI LUAR NEGERI

 

Dalam ilmu ekonomi, kemampuan abstrak logis sangatlah diperlukan dalam melakukan analisis makro. Keterampilan kuantitatif, kemampuan matematika, statistik, ekonometri, teori desain sampling dan survei serta ilmu komputer juga diperlukan.

 

Jika kamu memiliki kualifikasi A-Level atau GCSE, maka kamu akan lebih mudah diterima di jurusan ekonomi di luar negeri. Untuk dapat mengikuti perkuliahan dengan baik, pada umumnya calon mahasiswa diminta untuk memiliki nilai TOEFL (minimal 550) atau IELTS (minimal band 6). Setiap universitas memberlakukan persyaratan masuk yang berbeda-beda. Jadi disarankan untuk mencari informasi ke universitas yang kamu minati.

 

Walau demikian, secara umum, universitas ingin melihat antusiasme dari calon mahasiswa mereka. Calon mahasiswa perlu menunjukkan minat yang tinggi terhadap ekonomi, dan mampu untuk berpikir logis dan kritis. Kemampuan berhitung juga sangat penting. Biasanya universitas menetapkan nilai minimal untuk mata pelajaran matematika. 

 

 

KULIAH EKONOMI DI LUAR NEGERI

 

 

 

 

KULIAH EKONOMI DI MANA?

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS