Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

7 LANGKAH MENYUSUN RENCANA KULIAH KE LUAR NEGERI

120.1K
7 Langkah Menyusun Rencana Kuliah Ke Luar Negeri

Berdasarkan survei terbaru dari  OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development / Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi), setidaknya ada 5,6 juta mahasiswa yang tidak kuliah di negara asal, alias kuliah ke luar negeri. Lebih dari setengah dari jumlah tersebut adalah para mahasiswa asal Asia.

 

Nah, kalau kamu tertarik mengikuti jejak para mahasiswa internasional tersebut, tentunya kamu harus membuat rencana untuk kuliah di luar negeri. Coba ikuti 7 langkah berikut yang bisa membantumu menyusun rencana kuliah ke luar negeri.

 

1. Pahami Alasan Mengapa Harus Kuliah Ke Luar Negeri

Pahami Alasan Mengapa Harus Kuliah Ke Luar Negeri - Hotcourses Indonesia

Menurut Presiden & CEO AFS Intercultural Programs, Daniel Obst, semua mahasiswa yang ingin sukses dalam perekonomian global harus kuliah di luar negeri.  “Perusahaan-perusahaan mencari para lulusan yang dapat bekerja di tim-tim multinasional, menguasai berbagai bahasa, melintasi zona waktu berbeda-beda saat bekerja, dan memiliki keluwesan serta kemampuan adaptasi yang didapatkan dari tinggal di luar negeri.” ujarnya.

 

Prospek kerja bukan hanya satu-satunya alasan mengapa kuliah di luar negeri menjadi hal yang penting. Menurut penulis Annie Murphy Paul, pengalaman hidup di negara asing akan membuat seseorang menjadi lebih fleksibel serta kreatif. Selain itu, individu yang pernah tinggal di luar negeri akan menjadi pemikir kompleks, sehingga lebih mudah mengatasi berbagai tantangan hidup. Selain 2 alasan yang disebutkan di sini, ada juga 10 alasan lain mengenai perlunya kuliah di luar negeri,

 

2. Ketahui Hal-hal Mendasar Yang Perlu Dipersiapkan

Ketahui Hal-hal Mendasar Yang Perlu Dipersiapkan - Hotcourses Indonesia

Berikut ini adalah hal-hal mendasar yang perlu diketahui olehmu dan orangtuamu jika kamu mau kuliah di luar negeri.

 

Hal Dasar Yang Diperlukan

Kamu perlu belajar mandiri untuk bisa mengurus diri sendiri ketika berada di tempat yang asing dan menggunakan bahasa berbeda. Setidaknya mulailah belajar bahasa asing - paling tidak supaya kamu dapat berkomunikasi di sana.

 

Waktu Persiapan

Mulailah persiapan sesegera mungkin begitu kamu memutuskan akan kuliah ke luar negeri. Ini karena kamu akan butuh waktu untuk memenuhi syarat pendaftaran, melakukan pendaftaran, mengajukan visa pelajar dan mengerjakan persiapan lainnya, terutama jika kamu ingin mengambil jalur beasiswa atau bantuan keuangan lainnya.

 

3. Cari Informasi

Cari informasi mengenai kuliah di luar negeri - Hotcourses Indonesia

Mulailah mencari informasi tentang program kuliahsyarat kuliah di luar negeri, cara mendaftar kuliah di luar negeri, atau beasiswa seawal mungkin. Dengan begitu, kamu akan punya cukup waktu untuk mempersiapkan semuanya dengan baik. Sebaiknya kamu mulai memikirkan tentang jurusan yang ingin kamu ambil dan mencari informasi sejak kelas 2 SMA / Kelas XI. Jika kamu ingin melakukan persiapan kuliah S2 di luar negeri, coba buat rencana untuk berangkat dalam waktu 2 tahun dari sekarang.

 

Ada banyak macam program kuliah di luar negeri, dengan tingkat kesulitan dan durasi yang berbeda-beda. Selain itu, gelar kuliah luar negeri juga memiliki banyak variasi. Sebagian besar program yang tersedia untuk mahasiswa internasional menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Bahkan di Jerman sekalipun ada banyak program kuliah S1 dan S2 yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Ada juga program kuliah yang memungkinkanmu untuk mendapatkan beberapa gelar dari dua lembaga pendidikan sekaligus, misalnya program Undergraduate Recruitment Scheme (Natural Sciences) yang disediakan oleh University of Cambridge dan University of Hong Kong.

 

Durasi kuliah di luar negeri adalah informasi lain yang perlu kamu cari. Misalnya, saat ini kebanyakan negara asing hanya menawarkan program S2 berdurasi 2 tahun. Namun di Inggris kamu bisa menyelesaikan kuliah S2 dalam 1 tahun. Informasi ini juga kamu perlukan untuk perencanaan studi lebih lanjut, karena tiap negara punya standar berbeda untuk masing-masing jurusan kuliah. Contohnya, jika kamu telah menyelesaikan program S1 Farmasi di Australia yang berdurasi 4 tahun, maka kamu dianggap belum memenuhi syarat untuk mengambil S2 Farmasi di Inggris. Hal ini disebabkan standar pendidikan Inggris yang hanya mengakui program S1 Farmasi yang berdurasi 5 tahun.

 

Jika kamu belum memenuhi persyaratan masuk sebuah universitas, bukan berarti kamu tidak bisa kuliah di luar negeri, lho! Kamu bisa mengambil program persiapan / foundation terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke program S1 atau S2. Istilah untuk program persiapan ini bervariasi. Malaysia menyebutnya dengan istilah pre-university, dan negara-negara lain memberikan sebutan lain, seperti program pathway atau bridging programme.

 

Info penting lain yang perlu kamu kumpulkan tentunya adalah perbandingan biaya jurusan yang kamu incar di luar negeri. Contohnya, program MBA di London Business School membutuhkan biaya sekitar USD80.000, sedangkan biaya untuk meraih gelar MBA di National University of Singapore berada di kisaran USD51.000.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

4. Ketahui Konsep Transfer Kredit Kuliah

Ketahui Konsep Transfer Kredit Kuliah - Hotcourses Indonesia

Saat kuliah S1 di luar negeri, ada kemungkinan kamu tidak perlu menjalani kuliah selama 4 tahun di institusi yang sama. Jika kamu memilih kuliah di Amerika Serikat, kamu bisa mendaftar ke community college untuk mendapatkan Associate's Degree terlebih dahulu. Kredit kuliah yang kamu dapatkan kemudian bisa ditransfer untuk mengambil program S1 di universitas AS yang kamu tuju. Saat ini bahkan ada beberapa institusi di Indonesia yang memungkinkanmu untuk memulai kuliah di luar negeri dari kampus Indonesia dengan sistem transfer kredit ini. 

 

5. Menyiapkan Biaya

Menyiapkan Biaya Untuk Kuliah di Luar Negeri - Hotcourses Indonesia

Kuliah ke luar negeri tentunya memerlukan persiapan biaya. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kuliah di luar negeri tidak selalu menguras tabungan. Buktinya, kuliah S1 di Jerman lebih murah jika dibandingkan kuliah di universitas-universitas elit di Indonesia.

 

Selain biaya kuliah, kamu juga perlu menyiapkan anggaran untuk biaya hidup di luar negeri. Biaya hidup ini dapat diringankan oleh penghasilan dari pekerjaan paruh waktu, selama tidak mengganggu studimu. Kamu juga tidak perlu khawatir akan mendapat bayaran yang kecil, karena ada banyak negara yang menyediakan berbagai pekerjaan paruh waktu dengan bayaran yang layak. Contohnya adalah Australia yang menawarkan 5 jenis pekerjaan paruh waktu dengan bayaran besarUntuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, kamu bisa membaca kisaran biaya hidup di luar negeri di sini.

 

6. Pilih Asuransi Kesehatan

Pilih Asuransi Kesehatan Untuk Mahasiswa Internasional - Hotcourses Indonesia

Inggris, Amerika Serikat dan Australia merupakan beberapa negara yang mewajibkan para mahasiswa internasional untuk memiliki asuransi kesehatan. Biasanya kamu akan direkomendasikan untuk membeli polis di penyedia asuransi yang telah menjalin kemitraan dengan universitas yang kamu tuju. Namun ada sebagian universitas luar negeri yang membebaskan para mahasiswa internasional untuk memilih penyedia asuransi sendiri, asalkan polis asuransi kesehatan yang dibeli sesuai dengan syarat dan ketentuan dari pihak universitas. Agar kamu tidak bingung memilih, baca dulu panduan tips membeli asuransi kesehatan yang telah disusun oleh tim Hotcourses Indonesia. 

 

7. Cari Tahu Cara-cara Untuk Mengatasi Homesickness

Cari Tahu Cara-cara Untuk Mengatasi Homesickness - Hotcourses Indonesia

Bagi sebagian mahasiswa internasional dari Asia, kuliah di luar negeri adalah momen pertama di mana mereka harus berjauhan dengan keluarga dalam waktu yang lama. Karena itu, perasaan kangen pada kampung halaman tentu sering mereka alami.

 

Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa menelusuri berbagai macam teknologi untuk bisa tetap terhubung dengan keluarga di Indonesia - seperti video call atau aplikasi messagingPihak universitas di luar negeri juga biasanya menyediakan berbagai layanan untuk membantu mahasiswa internasional berbaur dengan komunitas kampus serta memberikan bimbingan untuk masalah-masalah akademis dan pribadi.

 

***

 

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mulai susun rencanamu untuk kuliah ke luar negeri sekarang juga! Supaya persiapanmu makin mantap, kamu bisa membaca berbagai panduan mengenai kuliah di Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Irlandia dan Inggris yang juga menyajikan kisah-kisah pengalaman mahasiswa Indonesia saat berkuliah di negara-negara tersebut. Jangan lupa untuk mencoba alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik untukmu di mancanegara berdasarkan kriteria pribadimu.

 

Jika kamu ingin mendapatkan berita pendidikan internasional terbaru dan informasi terkini dari berbagai universitas luar negeri, pastikan kamu follow semua kanal media sosial Hotcourses Indonesia.  

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP yang selalu siap membantu mewujudkan impianmu untuk berkuliah di luar negeri. 

 

Daftar sekarang untuk konsultasi gratis!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

BBC.com

 

 

Wajib dibaca

article Img

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

195.4K
article Img

14 PERTANYAAN PENTING YANG PERLU KAMU TANYAKAN KEPADA KONSULTAN PENDIDIKAN LUAR NEGERI

Mendaftar kuliah ke luar negeri perlu banyak informasi dan waktu. Oleh karena itu tidak sedikit pelajar yang menggunakan jasa konsultan pendidikan untuk membantu pendaftaran ke universitas di luar negeri.   Baca juga: 5 kelebihan dari jasa konsultasi kuliah ke luar negeri .   Jika kamu juga berencana untuk menggunakan jasa konsultan pendidikan, berikut adalah daftar pertanyaan-pertanyaan penting yang perlu kamu tanyakan, supaya

88.5K