Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

7 NEGARA YANG TIDAK MEMBUTUHKAN TOEFL & IELTS

33213

Banyak yang beranggapan, jika ingin kuliah ke luar negeri harus jago berbahasa Inggris. Itu benar jika kamu ingin kuliah ke negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Tetapi jika tidak, masih banyak negara lain yang bisa kamu pertimbangkan, beberapa di antaranya adalah:

 

1. MALAYSIA

 

 

Mutu pendidikan tinggi di salah satu negara tetangga kita ini semakin hari semakin mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. Persyaratan setiap universitas dan jurusan di Malaysia memang berbeda-beda. Tetapi setidaknya, untuk jurusan culinary dan perhotelan & pariwisata di Sunway University, Taylor’s University, dan Limkokwing University, kamu bisa mendaftar tanpa sertifikat TOEFL ataupun IELTS. Persyaratannya adalah nilai bahasa Inggris berkisar antara 7 hingga 8. Atau, kamu bisa lulus tes penempatan bahasa Inggris di universitas yang bersangkutan.

 

 

2. KOREA SELATAN

 

 

Kuliah ke negara K-Pop ini tidak butuh sertifikat TOEFL & IELTS. Sebagai gantinya, kamu perlu memiliki sertifikat TOPIK. Berapa nilai TOPIK yang perlu kamu raih? Cari tahu di sini. Jika kamu ingin mendaftar untuk beasiswa, pastikan kamu tidak melebihi usia 25 tahun untuk beasiswa S1, dan 40 tahun untuk S2/S3. Nilai IPK minimal yang diminta adalah 3.0.

 

Baca juga:

 

 

3. CINA

 

 

Tidak perlu TOEFL dan IELTS untuk mendaftar kuliah ke Cina. Sebagai gantinya kamu perlu menyertakan sertifikat HSK. Jika tidak memiliki sertifikat HSK pun kamu tetap bisa kuliah di Cina dengan mengikuti kelas persiapan bahasa selama 1 tahun atau kurang.

 

Kuliah jurusan apa di Cina? Sangat banyak, baik itu dari jurusan teknis hingga kreatif. Sebagai masukan, kamu bisa mempertimbangkan 3 jurusan ini.

 

Jika kamu tertarik untuk kuliah di Asia dengan menggunakan beasiswa, jangan lewatkan info ini:

 

 

 

4. PERANCIS

 

 

Untuk bisa berkuliah ke Perancis, kamu perlu memiliki sertifikat DELF. Belajar bahasa Perancis adalah suatu investasi yang bagus karena bahasa Perancis masuk dalam 5 besar bahasa paling berpengaruh di dunia. Jika kamu ingin mulai belajar bahasa Perancis, selain kursus online yang sudah banyak tersedia saat ini, kamu juga bisa mencari informasi di Pusat Kebudayaan Perancis (IFI) di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Yogyakarta.

 

Sebaiknya kuliah jurusan apa di Perancis? Kamu bisa mempertimbangkan 3 jurusan populer ini. Ingin mencoba jalur beasiswa? Lihat 3 beasiswa yang bisa mengantarkan kamu ke Perancis.

 

Baca juga:

 

 

5. JERMAN

 

 

Di Jerman, perkuliahan disampaikan dalam bahasa Jerman, kecuali jika kamu mendaftar untuk program kuliah berbahasa Inggris. Jika kamu ingin berkuliah di Jerman, kamu tidak perlu mengkhawatirkan tentang ujian TOEFL ataupun IELTS. Jalur pasti yang bisa kamu tempuh supaya persiapan kamu mantap dan lancar -> Studienkolleg.

 

Baca juga:

 

 

6. RUSIA

 

 

Untuk kuliah ke Rusia, kamu tidak perlu mahir berbahasa Inggris dan juga Rusia. Hal ini dikarenakan sebelum memulai perkuliahan, mahasiswa akan mengikuti kelas bahasa terlebih dahulu. Rusia juga memberikan sejumlah beasiswa bagi mahasiswa internasional yang IPKnya tidak di bawah 3.2. Baca info lebih lanjut tentang kuliah di Rusia.

 

 

7. TURKI

 

 

Untuk dapat mendaftar kuliah ke Turki, pertama-tama harus lulus tes YOS. Materinya adalah Matematika dan tes IQ. Jika sudah lulus, kamu tinggal melengkapi dokumen-dokumen yang diminta oleh universitas. Dokumen tersebut harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah, kemudian dilegalisir oleh pihak pengeluar dokumen.

 

 

Sumber:

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS