Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

CARA BERPAKAIAN SAAT WAWANCARA MASUK UNIVERSITAS LUAR NEGERI

Cara Berpakaian Saat Wawancara Masuk Universitas Luar Negeri

Saat mendaftar kuliah di luar negeri, ada kemungkinan kamu akan diundang mengikuti sesi wawancara. Untuk menghadapi hal ini, kamu tentunya perlu melakukan persiapan agar bisa menjawab berbagai pertanyaan yang akan kamu terima. Namun kamu juga tidak boleh lupa mempersiapkan busana yang layak untuk wawancara. Dengan memakai pakaian yang tepat, kamu akan memberikan kesan yang baik pada tim panelis wawancara dan menunjukkan bahwa kamu menghargai waktu mereka.

 

Nah, kalau kamu masih bingung tentang pakaian seperti apa yang cocok untuk wawancara, tim Hotcourses Indonesia telah menyusun panduan yang bisa kamu ikuti.

 

Kiat Memilih Busana Wawancara Untuk Pria

 

Kebanyakan orang masih berpikir bahwa setelan jas adalah pakaian wajib untuk pria saat mengikuti wawancara masuk universitas. Padahal sebenarnya tim panelis wawancara tidak akan memberikan nilai minus jika kamu tidak menggunakan jas. Mereka sangat memahami bahwa tidak semua peserta wawancara memiliki kemampuan finansial untuk membeli atau menyewa jas.

 

Kalau kamu tetap ingin menggunakan setelan jas, kamu harus menilik kembali jurusan yang kamu pilih. Bila kamu mengikuti wawancara untuk masuk jurusan yang bersifat konservatif - seperti jurusan bisnis, hukum atau kedokteran - maka jas warna abu-abu tua atau biru tua dengan kemeja putih adalah pilihan yang paling aman. Kamu kemudian bisa melengkapi tampilanmu dengan dasi warna merah tua atau biru navy dan sepatu formal berbahan kulit dengan warna coklat tua.

 

Jas warna abu-abu tua atau biru tua dengan kemeja putih adalah pilihan yang paling aman untuk wawancara masuk universitas luar negeri. Lengkapi dengan dasi warna merah tua atau biru navy dan sepatu formal warna coklat tua. - Hotcourses Indonesia

 

Saat mengikuti wawancara untuk masuk jurusan yang tidak terlalu konservatif, pilihan setelan jasmu bisa sedikit lebih bebas. Misalnya, kamu boleh-boleh saja menggunakan kemeja dengan model kancing yang unik atau warna yang tidak terlalu formal di balik jasmu. Jangan lupa memastikan bahwa bahan jas yang kamu gunakan sesuai dengan cuaca di lokasi wawancara. Kalau kamu menggunakan jas yang terlalu tebal di musim panas atau terlalu tipis di musim dingin, bisa jadi kamu akan merasa terganggu dan sulit berkonsentrasi dengan baik.

 

Jika kamu memilih untuk tidak menggunakan jas, kamu sebaiknya tetap memilih pakaian yang cenderung formal. Kamu bisa menggunakan kemeja lengan panjang, dasi, celana panjang dan sepatu formal. Hindari penggunaan celana berbahan denim karena bahan tersebut bisa memberikan kesan kurang profesional.

 

Jika tidak mengenakan jas, kamu sebaiknya memilih pakaian yang cenderung formal untuk mengikuti wawancara. - Hotcourses Indonesia

 

Opsi lain yang bisa kamu gunakan adalah paduan kemeja, celana panjang, serta sepatu formal dan jaket / blazer.

 

Opsi lain yang bisa kamu gunakan untuk wawancara masuk universitas adalah paduan kemeja, celana panjang, serta sepatu formal dan jaket/blazer. - Hotcourses Indonesia

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

Kiat Memilih Pakaian Wawancara Untuk Perempuan

 

Para perempuan biasanya memiliki lebih banyak pilihan untuk busana wawancara dibanding kaum pria. Kamu bisa memilih kemeja atau atasan formal dan memadukannya dengan celana, rok serta blazer. Kamu bahkan juga bisa menggunakan gaun untuk menjalani sesi wawancara.

 

Untuk kamu yang memilih masuk jurusan kuliah yang konservatif, sebaiknya kamu menggunakan pakaian wawancara yang memberikan kesan profesional. Kamu bisa memilih blazer berwana netral untuk dipadukan dengan kemeja tanpa motif dan rok / celana formal. Lengkapi tampilanmu dengan sepatu hak tinggi yang nyaman dan nampak profesional. Warna atasan dan bawahanmu tidak perlu sama, namun harus tetap enak dilihat. Pastikan juga bahan atasanmu tidak terlalu tipis.

 

Pilihlah blazer berwana netral untuk dipadukan dengan kemeja tanpa motif dan rok / celana formal. - Hotcourses Indonesia


Khusus sesi wawancara untuk jurusan dan universitas yang tidak terlalu konservatif, kamu bisa memilih kemeja yang dipadukan dengan celana atau rok selutut bernuansa formal dan sepatu flat. Kamu juga bisa menggunakan blus yang dikombinasikan dengan cardigan / jaket formal dan pencil skirt.

 

Untuk jurusan non-konservatif, coba padukan kemeja / blus dengan rok atau celana formal. - Hotcourses Indonesia

 

Bila kamu ingin menggunakan dress formal, kami menyarankan kamu memilih gaun polos atau gaun dengan motif yang tidak terlalu ramai. Pastikan gaun ini memiliki lengan dan neckline-nya tidak terlalu rendah. Kamu juga bisa menambahkan cardigan untuk membuat tampilanmu semakin chic.

 

Bila ingin menggunakan dress, pilihlah gaun polos atau yang motifnya tidak terlalu ramai. Lengkapi dengan cardigan untuk tampilan yang chic. - Hotcourses Indonesia

 

Tatanan Rambut & Wajah

 

Kamu tidak perlu berlebihan menata rambut untuk menghadapi wawancara. Ada baiknya kamu memilih tatanan rambut yang sederhana dan tidak perlu sering dirapikan. Hal ini akan membuatmu lebih mudah berkonsentrasi saat menjalani wawancara. Tim kami juga tidak menyarankan kamu memotong rambut dengan model baru saat jadwal wawancara sudah dekat. Berikan jeda waktu yang cukup agar kamu bisa memahami cara menata model rambut barumu dengan baik.

 

Saat wawancara masuk universitas, gunakan riasan wajah yang ringan namun tetap terlihat profesional. - Hotcourses Indonesia

 

Untuk masalah wajah, kaum perempuan sebaiknya menggunakan riasan wajah yang ringan namun tetap terlihat profesional. Sementara itu, kaum pria wajib mencukur bersih wajahnya sebelum mengikuti wawancara. Namun jika budaya atau agamamu tidak memperbolehkanmu untuk bercukur, kamu sebaiknya menyampaikan fakta ini kepada pihak universitas sebelum wawancara berlangsung untuk mencari tahu kebijakan mereka mengenai hal ini.

 

kaum pria wajib mencukur bersih wajahnya sebelum mengikuti wawancara masuk universitas luar negeri. - Hotcourses Indonesia

 

Aksesori

 

Kaum pria dapat melengkapi busana wawancaranya dengan jam tangan dan ikat pinggang yang bernuansa formal.

 

Kaum pria dapat melengkapi i busana wawancara dengan jam tangan dan ikat pinggang yang bernuansa formal - Hotcourses Indonesia


Para perempuan sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak perhiasan. Pilihlah anting-anting, kalung atau gelang dengan model sederhana namun tetap classy.

 

Anting-anting, kalung atau gelang dengan model sederhana namun tetap classy adalah pilihan tepat untuk dipakai saat mengikuti wawancara masuk universitas luar negeri - Hotcourses Indonesia

 

Kalau kamu memiliki piercing atau tindikan di tempat yang tidak konvensional, maka kamu harus memahami jurusan dan universitas yang kamu tuju. Jika program dan tempat kuliah tersebut memiliki nuansa yang konservatif, ada baiknya kamu mencopot tindikanmu sebelum mengikuti wawancara.


Jangan lupa untuk mencoba pakaian yang telah kamu persiapkan sebelum wawancara. Dengan begitu, kamu akan tahu apakah kombinasi semua elemen busana tersebut nyaman untuk dipakai dan tidak akan mengganggu konsentrasimu.

 

Kami juga menyarankan agar kamu tetap menggunakan busana wawancara yang lengkap saat mengikuti wawancara masuk universitas via video call.  Kamera untuk video call memang biasanya hanya akan menangkap atasan yang kamu pakai, namun banyak hal tak terduga bisa terjadi saat wawancara dan ada kemungkinan panelis wawancara bisa melihat bawahan yang kamu kenakan.

 

Semoga proses persiapan wawancaramu semakin lancar setelah membaca panduan di atas! Jangan lupa kalau kamu bisa membaca berbagai panduan persiapan kuliah di luar negeri yang telah kami susun untuk membantumu merencanakan studi. Selain itu, kamu bisa menggunakan alat Pencari Jurusan kami untuk menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik di luar negeri yang sesuai dengan kriteria dan kualifikasi yang kamu miliki.

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantu mewujudkan impianmu berkuliah di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

Sumber:

interviewfocus.com
czechuniversities.com

Wajib dibaca

article Img

PERBEDAAN ANTARA TES TOEFL DAN IELTS

Saat mendaftar untuk kuliah di luar negeri, kamu akan diminta untuk memberi nilai tes kemampuan bahasa inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Hal ini adalah untuk memastikan bahwa kemampuan kamu dalam membaca, berbicara dan menulis dalam bahasa inggris semua cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Namun, karena kedua tes ini menguji hal yang sama, banyak mahasiswa yang

370.2K
article Img

PERSYARATAN MASUK UMUM UNTUK KULIAH S1 DI LUAR NEGERI

Sudah menemukan jurusan dan universitas pilihan? Selamat! Selanjutnya kamu tinggal mencari informasi mengenai persyaratan masuk dari universitas tersebut. Secara umum, persyaratan masuk terbagi menjadi: persyaratan akademis dan persyaratan kemampuan berbahasa Inggris. Persyaratan masuk bisa saja berbeda-beda antar setiap jurusan, walaupun mereka berada di universitas yang sama. Persyaratan tersebut ditentukan oleh institusi yang bersangkutan untuk memastikan kamu

193.7K