Informasi penting
Amerika Serikat: Info Jurusan

MD VS DO: PERBANDINGAN 2 JENIS PROGRAM STUDI KEDOKTERAN DI AMERIKA SERIKAT

13 JUN 2021
105
MD VS DO: Perbandingan 2 Jenis Program Studi Kedokteran di Amerika Serikat

Jurusan kedokteran adalah program studi yang kompetitif dan banyak diincar oleh para mahasiswa internasional. Sebagian besar dari mereka memilih jurusan ini karena mereka memiliki aspirasi untuk menjadi tenaga kesehatan seperti dokter umum, spesialis bedah, atau konsultan. Selain itu, kuliah kedokteran di negara asing juga membuka kesempatan untuk berkarir di negara tersebut. Nah, kalau kamu punya cita-cita untuk bekerja sebagai dokter di Amerika Serikat, maka kamu bisa mempertimbangkan opsi untuk kuliah kedokteran di Negeri Paman Sam ini.

 

Untuk membuat perencanaan studi, kamu tentunya harus memahami sistem kuliah kedokteran di Amerika Serikat. Kali ini, tim Hotcourses akan membahas 2 jenis program studi kedokteran yang tersedia di Amerika Serikat: program kedokteran allopathic (program gelar MD) & program kedokteran ostheopathic (program gelar DO).

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Program Studi Kedokteran Allopathic & Ostheopathic?

 

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing program studi.

 

Allopathic: Mahasiswa di program studi ini akan dilatih dalam bidang allopathic medicine, yaitu jenis ilmu kedokteran yang berfokus pada diagnosis dan pengobatan suatu penyakit. Setelah menyelesaikan studi, para mahasiswa akan mendapatkan gelar MD (Doctor of Medicine). Saat ini, lebih dari 90% dokter di AS merupakan lulusan kedokteran allopathic.


Ostheopathic: Program ini memberikan pendidikan ostheopathic medicine - ilmu kedokteran yang menggunakan pendekatan holistik. Pendekatan ini memberi fokus tambahan pada kemampuan tubuh manusia untuk penyembuhan mandiri (self healing) dan pencegahan penyakit. Mahasiswa juga dilatih untuk melihat pasien secara keseluruhan, seperti memperhatikan lingkungan hidup, kualitas nutrisi, dan sistem tubuh pasien. Setelah menyelesaikan studi, para mahasiswa di fakultas jenis ini akan mendapatkan gelar DO (Doctor of Osteopathic Medicine).

 

Para dokter dengan gelar MD dan DO mendapatkan pendidikan yang serupa, namun dengan fokus yang berbeda

Para dokter dengan gelar MD dan DO mendapatkan pendidikan yang serupa, namun dengan fokus yang berbeda

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Amerika Utara

 

Apakah Kedua Program Ini Memiliki Syarat Masuk Yang Sama?

 

Walaupun memiliki fokus pendidikan yang berbeda, kedua program studi ini memiliki persyaratan masuk yang serupa. Contohnya, calon mahasiswa kedua program ini sama-sama harus terlebih dulu memiliki gelar S1 dan pengalaman esktrakurikuler yang relevan, serta mendapatkan nilai MCAT yang baik. Salah satu perbedaan utama untuk pendaftaran adalah fakultas kedokteran yang mengajarkan allopathic medicine mengunakan AMCAS (American Medical College Application Service) & fakultas kedokteran yang mengajarkan ostheopathic medicine menggunakan AACOMAS (American Association of Colleges of Osteopathic Medicine Application Service) .

 

Apakah Ada Perbedaan Kurikulum Antar 2 Program Ini?

 

Jenis-jenis mata kuliah yang perlu diambil oleh para mahasiswa yang mengejar gelar MD dan DO cukup serupa. Mereka semua tetap harus mengambil berbagai mata kuliah yang esensial selama 4 tahun seperti anatomi, biokimia dan fisiologi. Namun mahasiswa di fakultas kedokteran ostheopathic akan mendapatkan tambahan pendidikan berupa pelatihan OMT (osteopathic manipulative treatment / perawatan pasien dengan cara memanipulasi jaringan tubuh secara fisik) selama 200 jam.

 

Perbedaan lain antara kedua jenis program ini adalah tipe ujian yang perlu diikuti untuk mendapatkan izin praktik. Mahasiswa yang mengejar gelar MD harus mengambil USMLE (United States Medical Licensing Exam), sementara mahasiswa yang mengejar gelar DO harus mengambil COMLEX (Comprehensive Medical Licensing Examination).

 

Dokter bergelar DO memiliki kedudukan legal yang sama dengan dokter bergelar MD. Karena itu, kedua jenis dokter ini bisa memberikan resep obat yang sama - Hotcourses indonesia

Dokter bergelar DO memiliki kedudukan legal yang sama dengan dokter bergelar MD. Karena itu, kedua jenis dokter ini bisa memberikan resep obat yang sama

 

Apakah Pemegang Gelar MD & DO Memiliki Prospek Karir Yang Sama?

 

Dari sisi legal, pemegang gelar MD & DO memiliki kedudukan serupa di AS. Dokter dengan gelar DO bahkan bisa memberikan resep yang sama dengan dokter bergelar MD. Karena itu, pemegang kedua gelar ini sebenarnya memiliki prospek karir yang serupa dan bebas mengambil pendidikan lanjutan untuk menjadi spesialis.

 

Walaupun begitu, mayoritas dokter bergelar DO di AS biasanya berfokus pada karir di bidang layanan kesehatan primer (misalnya sebagai dokter keluarga, dokter anak & dokter spesialis penyakit dalam) dan bekerja di daerah rural. Di lain pihak, mayoritas dokter bergelar MD biasanya mengambil spesialisasi di luar layanan kesehatan primer dan bekerja di daerah urban.

 

Pada saat ini, pemegang gelar MD dari institusi pendidikan AS bisa bekerja di semua negara bagian AS dan di seluruh dunia. Sementara itu, pemegang gelar DO hanya bisa bekerja di semua negara bagian AS dan 50 negara.

 

Rekomendasi Tempat Kuliah

 

Jika kamu tertarik untuk mendaftar ke jurusan kedokteran allopathic di Amerika Serikat, kamu bisa mempertimbangkan fakultas kedokteran Harvard University atau beberapa institusi berikut:

 

Untuk kamu yang tertarik mengambil program studi kedokteran osteopathic, kami merekomendasikan beberapa institusi AS ini:

 

Ingin kuliah kedokteran di Amerika Serikat namun terbentur masalah biaya? Ayo telusuri panduan beasiswa yang telah kami susun untuk menemukan beasiswa yang sesuai untukmu.


Jangan lupa bahwa kami menyediakan panduan kuliah di AS untuk membantumu menyongsong berbagai berbagai peluang di sana baik saat kuliah maupun di masa pasca-studi. Coba juga alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kedokteran terbaik untukmu di luar negeri berdasarkan kriteria pribadimu.

 

Butuh informasi atau bantuan untuk kuliah kedokteran di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu untuk mendaftar dan kuliah di berbagai universitas internasional terbaik.

 

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

medicalnewstoday.com
shemmassianconsulting.com
ama-assn.org

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.