Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

12 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA

57176

Masih bingung menentukan jurusan kuliah? Jika kamu adalah anak IPA, beberapa pilihan di bawah ini bisa kamu jadikan pertimbangan.

 

 

1. KEDOKTERAN

 

 

Salah satu jurusan paling populer dan bergengsi adalah jurusan kedokteran. Jika kamu berencana mengambil jurusan ini, pastikan kamu memulai mencari informasi sejak awal, karena kuota pendaftaran selalu penuh dengan cepat, terutama di universitas ternama. Dan kamu mungkin akan diminta untuk mengikuti tes masuk atau tes lainnya.

 

Emangnya sebagus apa sih prospek kerjanya? Apakah saya memenuhi syarat untuk mendaftar? Coba deh cek disini.

 

Tahukah kamu, jurusan pengobatan Cina juga mulai banyak diminati? Baca penjelasan lengkapnya.

 

Kamu lebih tertarik dengan jurusan kedokteran hewan? We’ve got you covered. Baca info lengkapnya disini.

 

 

 

2. DESAIN GRAFIS

 

 

Seorang desainer grafis menggunakan software desain (seperti: Adobe Photoshop) dan dengan element seperti foto, font, warna, bentuk, ilustrasi, tekstur dan lainnya untuk menyampaikan pesan atau arti di beragam media, seperti iklan cetak, brosur, kemasan produk, poster, majalah dan koran, desain buku dan banyak lagi. Mereka adalah komunikator yang baik, artis kreatif yang akan mengekpresikan melalui teknologi. 

 

Asiknya kuliah di jurusan kreatif adalah, kamu bahkan sudah bisa mulai bekerja (misalnya freelance) dan menghasilkan uang walaupun kuliahmu belum selesai. Seperti apa lowongan kerja desain grafis? Cek disini.

 

 

 

3. DESAIN INTERIOR & ARSITEKUR

 

 

Mahasiswa yang mengambil jurusan desain interior mempelajari cara mengubah ruangan menjadi nyaman dan estetis. Jika kamu memiliki kreativitas tinggi dan menyenangi bidang desain, jurusan ini mungkin pilihan yang pas. Umumnya kamu juga akan mempelajari ilmu bisnis dan komunikasi jika mengambil program desain interior.

 

Universitas mana yang bagus jika ingin mengambil jurusan ini? Cek disini ya...

 

 

 

4. SET DESAIN

 

 

Seorang set designer bertanggung jawab mendesain dan menciptakan latar di sebuah film dan drama panggung. Latar untuk tiap-tiap pertunjukkan tersebut seringkali cukup mirip satu sama lain, namun tidak ada yang persis sama. Aspek penting lainnya dalam pekerjaan seorang set designer adalah bekerja sama dengan anggota kru lainnnya. Ia biasanya akan mendiskusikan latar yang ada dengan sutradara film atau drama mengenai latar yang akan ia ciptakan, agar latar tersebut dapat mendukung suasana serta keseluruhan keutuhan produksi film atau drama yang bersangkutan. Ia juga perlu bekerja sama dengan teknisi pencahayaan, staff properti, tukang kayu, dan masih banyak anggota lain yang juga terlibat dalam produksi yang sama.

 

Kedengaran seru ya? Cek prospek kerja set design di sini yuk. Tahukah kamu, di luar negeri seorang set designer bisa dibayar hingga 600-an juta Rupiah per tahun.

 

 

 

5. TEKNIK SIPIL

 

 

Ini jurusan yang seru jika kamu suka membangun. Tidak hanya membangun, kamu juga harus memperhitungkan semua faktor yang berkaitan, misalnya bahan bangunan yang digunakan, efeknya terhadap lingkungan, memperhatikan keselamatan proses kerja dan lain sebagainya.

 

Seorang insinyur sipil memiliki cakupan bidang kerja yang cukup luas, terutama di bidang konstruksi dalam pembangunan berbagai macam gedung, infrastruktur transportasi dan juga komunikasi. Termasuk diantaranya pembangunan jembatan, jalan-jalan, kanal, dan megastruktur lainnya. Insinyur sipil juga biasanya dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan atau kontraktor yang terlibat dalam produksi, penyimpanan dan juga pendistribusian listrik, gas dan air.

 

Jurusan ini melibatkan banyak hitung-hitunganan dan program-program komputer. Jurusan ini sangat detail pelajarannya, jadi disarankan kamu benar-benar jelas dan memiliki minat yang kuat, supaya bisa menyelesaikan perkuliahan dengan baik.

 

Apa saja yang dipelajari di jurusan Teknik Sipil dan sebagus apa sih prospek kerjanya? Cek di sini.

 

 

 

6. TEKNIK MEKANIK

 

 

Para insinyur mekanik biasanya menjalankan tugas-tugas sehubungan dengan merencanakan dan mendesain peralatan, mesin-mesin, dan peralatan lainnya. Mereka mengawasi penginstalasian, pengoperasian, perawatan, dan perbaikan dari peralatan yang ada, misalnya sistem pemanas, gas, perairan, dan juga penguapan. Info jurusan Teknik Mesin ada di sini.

 

 

 

7. TEKNIK KIMIA & MATERIAL

 

 

Teknik kimia dan material mempelajari cara memproses bahan baku dan bahan kimia menjadi barang yang lebih berguna. Prinsip-prinsip kimia, biologi, fisika dan matematika diterapkan di sini untuk menyelesaikan berbagai masalah dan tantangam yang dihadapi dalam proses produksi kimia, bahan bakar, obat-obatan, makanan dan produk lainnya.

 

Ilmu teknik kimia dan material ini digunakan di hampir semua industri, mulai dari merancang dan menguji bahan yang digunakan untuk membuat suatu produk, baik itu produk kecil seperti chip komputer, hingga yang berukuran raksasa seperti sayap pesawat terbang.

 

Apa saja yang dipelajari dan siapa saja yang cocok mengambil jurusan ini? Baca penjelasan mendetil disini.

 

 

 

8. TEKNIK PERMINYAKAN

 

 

Jika kamu tertarik dengan ilmu bumi, dan suka travelling, kamu boleh mempertimbangkan untuk masuk jurusan teknik perminyakan. Banyak yang tergiur untuk memilih jurusan ini karena prospeknya yang cerah. Bagaimana tidak? Jurusan ini adalah salah satu jurusan dengan penghasilan tertinggi. Di Amerika, lulusan dengan gelar S1 Teknik Perminyakan bisa menghasilkan $120,000 per tahun. Apalagi yang memegang gelar yang lebih tinggi plus mengambil spesialisasi.

 

Apa saja yang dipelajari di jurusan ini? Bisakah saya mendaftar? Coba cek di sini.

 

 

 

9. TEKNIK PENERBANGAN

 

 

Perkembangan transportasi udara sangat pesat. Industri ini membutuhkan tenaga ahli yang mampu menciptakan dan mengembangkan pesawat menjadi lebih canggih. Di sinilah profesi lulusan teknik penerbangan dibutuhkan.

Prospek kerja jurusan ini sangat bagus, setidaknya masuk dalam 10 besar pekerjaan dengan bayaran tertinggi di dunia. Tertarik? Lihat yuk apa saja sih yang dipelajari dan nanti setelah lulus bisa jadi apa?

 

 

 

10. TEKNIK LINGKUNGAN

 

 

Secara singkat, Teknik Lingkungan adalah jurusan yang mempelajari lingkungan dan permasalahannya, serta mencari solusi untuk masalah yang ada, atau memikirkan pencegahan untuk masalah yang bakal dihadapi di masa depan.

 

Di sektor swasta ada banyak perusahaan dan industri besar yang membutuhkan tenaga lulusan jurusan teknik lingkungan, terutama yang bergerak dibidang petrokimia, pertambangan, minyak dan lain sebagainya. Beberapa contoh perusahaan misalnya PT Pertamina, Krakatau Steel, PT Unilever, Total, Kimia Farma, Chevron, Biofarma, Aneka Tambang.  Seperti apa pekerjaan mereka? Cocok gak ya saya dengan jurusan ini? Cek di sini deh...

 

 

 

11. TEKNOLOGI PANGAN

 

 

Secara umum, ilmu teknologi pangan mempelajari segala proses pengolahan bahan pangan menjadi makanan yang bisa dikonsumsi. Proses yang disebut meliputi sortasi, pengawetan, pengemasan, distribusi, dengan menjaga dan memastikan hasil akhir aman untuk dikonsumsi dan tetap bergizi. Fokus utama dari ilmu teknologi pangan ialah pada panganan dalam kemasan. Meski demikian, kamu juga akan mendapat pengetahuan soal proses panganan lainnya.

 

Setelah lulus bisa kerja jadi apa? Begini masa depan Lulusan Teknik Pangan

 

 

 

12. ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMATIKA

 

 

Saat ini dunia telah memasuki era digital, dimana banyak hal tergantung dengan komputer. Dunia komputer dan TI terus dipelajari, supaya manusia bisa lebih maju peradabannya. Bandingkan jaman sekarang dengan 10 tahun yang lalu, berkat teknologi, banyak hal dipermudah. Efek-efek visual di film dan game semakin hidup, mereka yang berbakat menyanyi atau menari mendadak terkenal karena upload video di youtube, remaja yang jadi miliyarder karena bisnis online dan lain-lain. Semua itu tidak dapat terlepas dari peran komputer dan TI. Menguasai komputer dan TI berarti satu langkah lebih maju dari yang lain.

 

Sekarang susah menemukan perusahaan yang tidak menggunakan dukungan teknologi. Dri hari ke hari, teknologi telah menjadi bagian dari bisnis, sehingga memperluas lingkup kerja lulusan dari bidang komputer dan TI.

 

Keahlian komputer dasar, seperti coding dan programming juga banyak diminta untuk posisi digital marketing. 

 

Merasa ini adalah jurusan yang kamu banget? Coba lihat universitas mana saja yang memiliki program computer science dan ti terbaik di dunia.

 

 

Baca Juga

12 Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Anak Ips

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS