Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

9 Karir Berprospek Cerah di Bidang Sains

share image
12433

Bayangkan sebuah dunia tanpa ilmuwan. Penyakit-penyakit akan merajalela, tidak akan ada kemajuan teknologi seperti yang kita nikmati saat ini, dan lingkungan akan menjadi kacau. Mereka yang bekerja di bidang sains sangatlah penting peranannya untuk komunitas dan dunia tempat kita tinggal sekarang, karena mereka lah yang berkontribusi terhadap kenyamanan yang kita nikmati saat ini.

 

Kamu merasa terpanggil untuk berkarir di bidang sains? Sebelumnya ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan berkuliah di jurusan ilmu kehidupan atau fisika yang mempelajari tentang organisme-organisme hidup serta bidang-bidang studi seperti biologi, biokimia, mikrobiologi, zoologi dan ekologi.

 

Fisika, kimia, astronomi, dan geologi semuanya termasuk dalam Ilmu Fisika yang mempelajari tentang lingkungan fisik dan bukan organism hidup.

 

Jurusan-jurusan sains menawarkan prospek kerja yang bagus setelah kelulusan. Terutama untuk 9 pekerjaan yang akan dijelaskan di bawah ini. Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika memprediksikan bahwa lowongan kerja di 9 bidang ini akan mengalami peningkatan hingga tahun 2026. Hal yang sama juga berlaku untuk karir-karir di bidang STEM, kesehatan dan teknologi kesehatan.  

 

 

1. Ahli Biokimia atau Biofisik

 

Biokimia dan biofisik mempelajari proses kimia, biologi dan fisika dari organisme hidup. Untuk dapat bekerja di bidang ini, kamu perlu memiliki gelar bachelor/sarjana di bidang biokimia, biologi, kimia, atau fisika. Jika kamu ingin bekerja di bidang penelitian dan pengembangan, kamu perlu memiliki gelar doktoral/S3.

 

Gaji rata-rata per tahun dari seorang ahli biokimia dan biofisik adalah $82,180 sesuai dengan data dari data Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika 2016, yang menambahkan bahwa setidaknya akan ada penambahan 3,600 lowongan pekerjaan baru di bidang ini di antara tahun 2016-2026.

 

 

 

2. Ahli Kimia

 

Kimia mempelajari bahan kimia dan bagaimana mereka dapat dimanfaatkan untuk hidup. Kamu akan memerlukan gelar master atau Ph.D. Kimia untuk kebanyakan pekerjaan. Sebenarnya juga tersedia lowongan kerja yang hanya membutuhkan gelar sarjana, tetapi  pilihannya sangat terbatas.

 

 

Gaji rata-rata per tahun dari seorang ahli kimia adalah $73,740 di tahun 2016. Jumlah lowongan pekerjaaan diprediksikan akan meningkat sekitar 6% dari 2016 – 2026. Semakin tinggi gelar yang kamu miliki, semakin bagus prospek kerjamu.  

 

 

 

3. Konservasionis

 

Konservasionis membantu tuan tanah dan pemerintah melindungi sumber daya alam seperti tanah dan air. Untuk bisa bekerja did bidang ini, kamu perlu memiliki gelar sarjana dari jurusan seperti ekologi, manajemen sumber daya alam, agrikultur, biologi atau ilmu lingkungan.

 

Menurut data tahun 2016, Gaji rata-rata per tahun dari seorang konservasionis adalah $61,810. Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika memprediksikan bahwa lowongan kerja di bidang ini akan terus bertambah banyak hingga tahun 2026 seperti karir bidang sains pada umumnya.

 

 

 

4. Ilmuwan Lingkungan

 

Ilmuwan Lingkungan mengidentifikasi, mengurangi dan membasmi polutan-polutan dan bahaya lainnya yang mengancam lingkungan dan kesehatan populasi. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan tingkat pemula dengan gelar S1 jurusan ilmu lingkungan, biologi, teknik, kimia atau fisika. Jika kamu ingin posisi kerja yang lebih tinggi, kamu memerlukan gelar master.

 

Gaji rata-rata per tahun dari seorang ilmuwan lingkungan adalah $68,910 menurut data 2016. Perkembangan karir di lowongan ini diprediksikan lebih cepat daripada lowongan sains lainnya hingga tahun 2026.

 

 

 

5. Ilmu Lingkungan dan Teknisi Perlindungan

 

Ilmu Lingkungan dan Teknisi Perlindungan kadang disebut sebagai teknisi lingkungan. Mereka memonitor lingkungan dan menginvestigasi sumber-sumber polusi dan bekerja di bawah supervise ilmuwan lingkungan. Jika tertarik untuk berkarir di bidang ini, kamu perlu memiliki gelar associate degree (setara diploma) atau sertifikat ilmu terapan atau teknologi yang berhubungan dengan sains. Tetapi kebanyakan pekerjaan mensyaratkan gelar sarjana dari jurusan kimia atau biologi.

 

Menurut data tahun 2016, gaji rata-rata per tahun dari seorang teknisi lingkungan adalah $44,190. Perkembangan karir di lowongan ini diprediksikan lebih cepat daripada lowongan sains lainnya hingga tahun 2026. Hal yang sama juga berlaku untuk ilmuwan lingkungan.

 

 

 

6. Ilmuwan Forensik

 

Ilmuwan Forensik  yang juga dikenal sebagai teknisi ilmu forensik atau investigator tempat kejadian perkara menginvestigasi criminal dengan mengumpulkan dan menganalisa bukti fisik. Banyak pekerjaan di bidang ini mensyaratkan kandidat telah memiliki setidaknya dua tahun pengalaman pelatihan, atau telah memiliki gelar associate degree dari jurusan ilmu terapan atau teknologi yang berhubungan dengan sains. Ada juga instansi yang hanya memperkerjakan mereka yang telah memiliki gelar sarjana dari jurusan kimia, biologi atau ilmu forensic.

 

Gaji rata-rata per tahun dari seorang ilmuwan forensic adalah sekitar $56,750 di tahun 2016. Perkembangan karir di lowongan ini diprediksikan lebih cepat daripada lowongan sains lainnya hingga tahun 2026.

 

 

 

7. Geosains

 

Ahli geosains mencari sumber daya untuk membantu ilmuwan lingkungan membersihkan lingkungan. Untuk mendapatkan pekerjaan penelitian pemula, kamu memerlukan setidaknya gelar sarjana jurusan geosains atau ilmu bumi. Kebanyakan pekerjaan penelitian mensyaratkan gelar S3.

 

Gaji rata-rata per tahun dari seorang ahli geosains adalah $89,780 menurut data tahun 2016. Penambahan lowongan kerja diperkirakan lebih cepat dari karir-karir di bidang sains lainnya hingga tahun 2024, dan pemegang gelar S2 juga akan mendapatkan lebih banyak pilihan pekerjaan.

 

 

 

8. Ahli Hidrologi

 

Ahli hidrologi mempelajari segala sesuatu tentang air, mulai dari air di permukaan maupun bawah tanah. Mereka meneliti sirkulasi, distribusi dan kandungan air. Untuk dapat bekerja di bidang ini, kamu memerlukan gelar S2 bidang Geosains, ilmu lingkungan atau teknik dengan jurusan utama di bidang hidrologi atau ilmu air.

 

Gaji rata-rata per tahun dari seorang ahli hidrologi adalah $80,480 menurut data tahun 2016. Dan peningkatan di karir bidang ini juga diperkirakan akan bertumbuh pesat setidaknya hingga tahun 2026.

 

 

 

9. Ilmuwan Medis

 

Ilmuwan medis meneliti apa yang menyebabkan suatu penyakit. Mereka juga mencari cara untuk mengobati dan mencegah suatu penyakit. Untuk dapat bekerja sebagai ilmuwan medis, kamu perlu memiliki gelar S3 dari bidang ilmu biologi atau gelar medis/MD, atau keduanya.

 

Gaji rata-rata per tahun dari seorang ilmuwan medis adalah $80,530 di tahun 2016, dengan prediksi peningkatan kerja yang pesat hingga tahun 2026.

 

 

 

Membandingkan pilihan karir di bidang sains

 

Gelar pendidikan

Gaji rata-rata/tahun (2016)

Prediksi peningkatan lowongan kerja 2016-2026

Ahli Biokimia atau Biofisik

S3 Ilmu Terapan

$82,180

11%

Ahli Kimia

S2 atau S3 Kimia

$73,740

7%

Konservasionis

S1 Biologi, Ekologi, Manajemen Sumber Daya Alam, Agrikultur atau Ilmu Lingkungan

$61,810

6%

Ilmuwan Lingkungan

S2 Ilmu Lingkungan, Biologi, Teknik, Kimia atau Fisika

$68,910

11%

Teknisi Lingkungan

Associate Degree atau Certificate Ilmu Terapan atau Teknologi yang berhubungan dengan Sains

$44,190

12%

Ilmuwan Forensik

Associate Degree atau 2 tahun pengalaman pelatihan dalam bidang Ilmu Terapan atau Teknologi yang berhubungan dengan Sains

$56,750

17%

Ahli Geosains

S2 atau S3 jurusan Geologi atau Ilmu Bumi  

$89,780

14%

Ahli Hidrologi

S2 Teknik, Geosains atau Ilmu Lingkungan jurusan Hidrologi atau Ilmu Air

$80,480

10%

Ilmuwan Medis

S3 Ilmu Biologi dan/atau M.D. (Medical Degree)

$80,530

13%

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

4 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris

Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris . Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri. Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Inggris Anda.

74174