Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

12 JURUSAN KULIAH YANG COCOK UNTUK ANAK BAHASA

9790

Secara umum, bahasa itu juga masuk ilmu sosial. Jadi jika kamu mengambil jurusan bahasa sewaktu SMA, bersyukurlah karena jurusan kuliah yang bisa kamu ambil cukup banyak, tidak hanya terbatas ke sastra dan bahasa. Toh di kelas kamu juga belajar ilmu sosial lain seperti sosiologi dan psikologi kan? Jadi sebenarnya kamu juga bisa melirik jurusan-jurusan kuliah bersifat ilmu sosial seperti berikut:

 

 

1. Bahasa Asing

 

 

Sebuah perusahaan akan mencari orang yang mampu berbahasa Inggris untuk diangkat sebagai pegawai. Tapi, bagaimana jika kamu memiliki keahlian bahasa lain? Tentu hal tersebut akan menjadi nilai tambahan tersendiri. Mungkin nantinya kamu akan berhadapan dengan rekan kerja dari Tiongkok atau Jepang, kamu tidak akan merasa kewalahan. Apalagi jika kamu menguasai salah satu atau beberapa dari 10 bahasa yang paling dicari di pasar kerja. Apalagi, di era globalisasi ini, biasanya informasi terbaru itu bukan dalam bahasa Indonesia, jadi buat kamu yang menguasai bahasa asing, tentunya kamu bisa lebih duluan memperoleh info terbaru, dan lebih banyak peluang untuk bergaul dengan orang asing.

 

Bahasa adalah jurusan yang sangat umum dan luas. Salah satu spesialisasinya adalah penerjemah atau interpreter. Bayaran untuk penerjemah tersumpah di Indonesia lumayan menggiurkan. Hanya berbekal ilmu dan menggerakkan jari, kamu akan dibayar setidaknya Rp. 150,000 per lembar. Tentu saja bayaran bisa lebih tinggi lagi tergantung pengalaman dan bidang terjemahan. Kamu bahkan bisa mulai berpenghasilan sejak di bangku kuliah. Kamu bisa menjadi penerjemah freelance, baik itu untuk naskah, dokumen, komik, atau film. Atau kamu juga bisa menjadi interpreter yang dibayar per jam.

 

Tertarik? Cari program kuliah bahasa di luar negeri. Kamu bisa menyaring hasil pencarian berdasarkan bahasa yang lebih spesifik, jenjang kuliah yang diinginkan dan negara tujuan kuliah.

 

 

 

2. Sastra

 

 

Lulusan sastra biasanya sangat mengerti arti tersembunyi di suatu percakapan, cerita ataupun omongan. Karena sastra mempelajari banyak ilmu, dan mengerti pikiran manusia, maka mempelajari banyak transferable skill, sehingga pilihan kerja setelah lulus tidak terbatas dalam bidang sastra seperti penulis, penerjemah, atau pengajar. Sastra juga adalah salah satu hiburan bagi manusia, baik itu berupa bacaan seperti novel, lagu, atau film-film yang diangkat dari suatu jaman sejarah, atau latar belakang. Semua itu tidak akan ada tanpa sastra.

 

Siapa saja yang cocok untuk kuliah sastra dan bagaimana prospek kerjanya? Baca di sini.

 

 

 

3. Jurnalisme

 

 

Jurnalis dapat bekerja dimana saja, seperti kantor surat kabar, majalah, publikasi stasiun tv, radio dan masih banyak lagi. Sewaktu bertugas, untuk mendapatkan data dan bahan yang akurat dan menarik, mereka perlu menghadiri berbagai acara dan pertemuan, mengadakan wawancara, berkonsultasi dengan ahli ataupun konsultan. Setelah informasi yang dibutuhkan telah rampung dikumpulkan, mereka akan mulai menulis, dan hasil tulisan tersebut akan dipublikasikan, baik secara cetak atau digital.

 

Untuk dapat menjalankan tugas dengan baik, mereka juga perlu menguasai sisi-sisi teknis seperti menyusun tampilan naskah, memilih atau mengambil foto yang tepat untuk menjadikan bahan tulisan lebih menarik dan lain sebagainya.

 

Lihat apakah jurusan jurnalistik adalah jurusan yang cocok untukmu dan bagaimana prospek kerjanya

 

 

 

4. Psikologi

 

 

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pikiran, kebiasaan dan interaksi, termasuk segala aspek pengalaman manusia. Digambarkan sebagai “ilmu cabang”, Psikologi berkaitan ke riset dan perspektif dari ilmu sosial, ilmu alam, kesehatan dan humaniora, seperti filosofi. Lulusan psikologi pada umumnya dibutuhkan di bagian manajemen sumber daya manusia. Tetapi tidak hanya terbatas di situ, prospek kerja lulusan psikologi sangatlah luas.

 

Lihat apakah jurusan psikologi cocok untukmu dan prospek kerja yang tersedia


Tertarik untuk kuliah jurusan psikologi? Lihat daftar universitas top dengan jurusan psikologi terbaik di dunia

 

 

 

5. Sosiologi

 

 

Sosiologi adalah ilmu murni yang menganalisa masyarakat. Selain mempelajari teori, jurusan ini juga banyak praktikum menganalisa perilaku masyarakat sesuai dengan topik yang diberikan. Sosiolog dibutuhkan dalam banyak bidang, misalnya di instansi pemerintah, dimana sosiolog akan mengadakan riset dan hasil riset tersebut akan memberikan masukan bagi pemerintah mengenai kebijakan yang akan diterapkan di masa depan. Tidak hanya terbatas di bidang pemerintahan saja, sosiologi juga dibutuhkan untuk semua bidang yang berkenaan dengan masalah-masalah sosial.

 

Masih bingung? Baca prospek kerja dan persyaratan mendaftar kuliah ke jurusan sosiologi

 

 

 

6. Antropologi

 

 

Jika kamu merasa takjub dengan kemajemukan hidup masyarakat di masing-masing negara dan kebiasaan mereka yang beraneka ragam menarik untukmu, maka jurusan ini adalah pilihan yang tepat untuk memuaskan rasa ingin tahu kamu.

 

Jaman sekarang, antropolog tidak lagi hanya bekerja di lokasi-lokasi terpencil. Mereka juga dibutuhkan di perusahaan, pemerintahan, institusi pendidikan hingga organisasi nirlaba. Menurut statistik dari Biro Tenaga Kerja Amerika, lowongan kerja untuk antropolog dan arkeolog akan meningkat 4% dari tahun 2014 hingga 2024. Hal ini dikarenakan sedikitnya jumlah tenaga kerja yang tersedia, sedangkan permintaan cukup tinggi. Pada tahun 2015, gaji rata-rata seorang antropolog adalah $61,220 per tahun.

 

Baca juga karir seperti apa yang akan menantimu setelah lulus dari jurusan antropologi.

 

 

 

7. Perhotelan dan Pariwisata

 

 

Salah satu alasan mengapa mahasiswa memilih bidang ini karena mereka ingin berpergian ke banyak tempat, apalagi di bayar untuk melakukannya. Bukankah terdengar sangat menyenangkan?

 

Jika kamu tidak menyukai bekerja di kantor, berhadapan dengan orang-orang yang sama setiap hari, bidang ini membawa klien berbeda-beda yang memerlukan jasa hiburan dan pariwisata. Bergaul dengan banyak orang dari berbagai kalangan tentu sangat menarik dan membuka wawasan.

 

Perhotelan dan Pariwisata sendiri terbagi menjadi beberapa jurusan yang lebih spesifik. Pariwisata adalah bidang yang berkenaan dengan praktek. Belajar teori tidaklah cukup. Oleh karena itu pilihlah program kuliah yang termasuk program magang, dan sering mengadakan kunjungan lapangan secara reguler, supaya mahasiswa lebih mengenal dan merasakan seperti apa sektor pariwisata dan perhotelan yang sesungguhnya.

 

Baca juga 14 mitos tentang jurusan parisiwata.

 

 

 

8. Komunikasi


 

 

Komunikasi selain mempelajari cara menyampaikan pesan secara efisien dan efektif juga mempelajari pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman. Misalnya perkembangan internet, pengaruh media sosial, tren hiburan yang sedang populer dan faktor-faktor lainnya. Dan karena tren dan teknologi selalu berkembang tiada hentinya, kurikulum dan penyampaian perkuliahan komunikasi juga berubah-ubah, sehingga ilmu ini tiada ujungnya.

 

Baca juga jurusan komunikasi dan prospek kerjanya

 

 

 

9. Hubungan masyarakat/ Hubungan Internasional

 

 

Hubungan internasional adalah salah satu dari ilmu sosial. Di universitas luar negeri, istilahnya bisa berbeda-beda, mulai dariInternational Studies, Internasional Relations hingga Global Affairs. Secara umum bidang ini mempelajari cara berkomunikasi dan berdiplomasi dengan orang asing. Oleh karena itu harus mengerti budaya, etika dan kebiasaan dari berbagai belahan di dunia. Lulusan jurusan ini sangat luas bidang karirnya, termasuk: negosiator, peneliti, diplomat, penerjemah, konsultan, dosen, guru dan hingga pengusaha.

 

Pengalaman eks-kul sewaktu SMA, seperti bergabung dengan OSIS, Pramuka dan kegiatan kelompok lainnya akan memperbesar peluang kamu untuk diterima di universitas ternama di luar negeri.

 

Lihat program kuliah jurusan hubungan internasional yang tersedia di luar negeri

 

 

 

10. Televisi dan film

 

 

Jurusan Perfileman mengajarkan teori, praktek dan segala aspek dari pembuatan film. Mahasiswa akan mempelajari semuanya mulai dari sejarah film, screenwriting, menulis evaluasi/kritik, menyutradarai, film-film Hollywood blockbusters hingga hasil karya rumah produksi.

 

Jika bekerja di bidang perfilman, tv dan video, lulusan jurusan perfileman dapat bekerja sebagai editor, kameraman, fotografer, pengarah seni, asisten sutradara, manajer lokasi, atau bekerja di bagian riset. Penghasilan rata-rata dari seorang sutradara adalah $68,440 per tahun, sedangkan seorang sinematografer rata-rata menghasilkan $49,080 per tahun. Produser menikmati penghasilan lebih tinggi, yaitu rata-rata $105,550 per tahun.

Tertarik? Lihat universitas mana yang menyediakan program kuliah perfileman dan televisi.

 

 

 

11. Seni

 

 

Jika kamu suka bahasa dan juga berjiwa kreatif, kamu bisa memilih berbagai jurusan seni yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Walau tidak diajarkan dengan spesifik di kelas bahasa, kamu bisa mengambil kursus di luar kelas, baik itu kursus gambar, menari, musik, dan seni lainnya yang kamu sukai. Jangan lupa mengumpulkan portfolio dan sertifikat kelas atau lomba yang pernah kamu ikuti ya.

 

Sebagai bahan masukan, kamu bisa membaca terlebih dahulu prospek kerja dan persyaratan mendaftar untuk jurusan seni musik, dance/seni tari, fashion design, desain grafis, desain interior, dan masih banyak lagi.

 

 

 

12. Pendidikan

 

 

Saat ini Indonesia sedang berusaha meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu tenaga ahli dalam bidang pendidikan semakin banyak dibutuhkan. Dan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tunjangan untuk tenaga kerja di bidang pendidikan juga semakin membaik. Berencana untuk berkarir di luar negeri? Di Amerika, lowongan ini dibayar $86,000 per tahun.

 

Selain itu, guru bahasa asing juga semakin banyak dibutuhkan karena sudah mulai banyak peminatnya.

 

Seperti apa pekerjaan lulusan jurusan pendidikan? Baca prospek kerja dan persyaratan mendaftar kuliah Jurusan Manajemen Pendidikan.

 

 

Baca juga:

12 jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA

12 jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS